Bisnis Net

Panduan Penulis

PANDUAN PENULIS

 

Jurnal Bisnis Net memuat karya tulis ilmiah hasil penelitian atau tinjauan kepustakaan dalam bidang ekonomi, manajemen dan akuntansi. Jurnal Bisnis Net terbit dua kali dalam setahun yaitu bulan Juni dan Desember.

Naskah yang akan diterbitkan dalam Jurnal Bisnis Net, harus memenuhi ketentuan berikut :

  1. Naskah berupa karya asli yang belum pernah dipublikasikan di jurnal lain dan tidak sedang diajukan ke jurnal lain.
  2. Naskah ditulis dalam Bahasa Indonesia  sesuai dengan kaidah  bahasa yang digunakan.
  3. Komponen utama naskah setidak-tidaknya memuat hal-hal sebagai berikut:
  • Judul, ditulis dengan jelas menggambarkan isi tulisan.
  • Identitas Penulis, dimuat di bawah judul tulisan, memuat nama, nama instansi, dan email.
  • Abstrak ditulis dalam  Bahasa Inggris beserta kata kuncinya. Abstrak ditulis dalam 1 alinea mencakup tujuan, metode, hasil kajian/penelitian. Abstrak ditulis menjadi satu paragraf, tanpa kutipan, sumber referensi, dan bodynote. Jumlah karakter kata dalam abstrak tidak lebih dari 200 kata.
  • Pendahuluan, berisi apa, siapa, mengapa, bagaimana, kapan, dan dimana kajian/penelitian dilakukan, serta tujuan penelitian. Pendahuluan tidak menggunakan subjudul, berisi penjelasan padat dan ringkas tentang latar belakang penelitian, studi pustaka yang mendukung dan relevan. Manuskrip ditulis dengan kerapatan baris 1,15 spasi, huruf Times New Roman 12.
  • Kajian Teori yang dibahas pada bagian ini adalah teori-teori tentang ilmu-ilmu yang diteliti. Selain itu bagian ini juga dibahas temuan-temuan penelitian sebelumnya yang terkait langsung dengan penelitian. Teori yang ditulis orang lain atau temuan penelitian orang lain yang dikutip harus disebut sumbernya untuk menghindari tuduhan sebagai pencuri karya orang lain tanpa menyebut sumbernya. Ditulis dengan kerapatan baris 1,15 spasi, huruf Times New Roman 12.
  • Metode Penelitian informasikan secara ringkas mengenai materi dan metode yang digunakan dalam penelitian, meliputi subjek/bahan yang diteliti, alat yang digunakan, rancangan percobaan atau desain yang digunakan, teknik pengambilan sampel, variabel yang akan diukur, teknik pengambilan data, analisis dan model statistik yang digunakan. Hindari penulisan rumus-rumus statistik secara berlebihan. Jika menggunakan metode yang sudah banyak dikenal, sebutkan nama metodenya saja. Jika diperlukan, sebutkan sumber rujukan yang digunakan sebagai acuan. Untuk penelitian kualitatif, metode penelitian dapat menyesuaikan. Manuskrip ditulis dengan kerapatan baris 1,15 spasi, huruf Times New Roman 12.
  • Hasil dan Pembahasan. Hasil adalah temuan penelitian yang disajikan apa adanya tanpa pendapat penulis, Hasil bukan data mentah, tetapi data yang sudah diolah dan diinterpretasikan dalam bentuk data statistik, baik berupa tabel, grafik, bagan, sketsa, maupun foto yang dipadukan dengan teori yang relevan. Sedangkan pembahasan adalah argumentasi penulis tentang temuan penelitian serta relevansinya dengan penelitian terdahulu. pembahasan merupakan hasil analisis data berdasarkan teori yang relevan. Isi hasil dan pembahasan harus menjawab permasalahan penelitian dan menemukan analisis yang tepat untuk solusi/memberikan dampak positif bagi pengembangan iptek di masyarakat.  Disajikan tanpa subjudul, format hasil penelitian dan pembahasan tidak dipisahkan, mengingat jumlah halaman yang tersedia bagi penulis terbatas. Manuskrip ditulis dengan kerapatan baris 1,15 spasi, huruf Times New Roman 12.
  • Simpulan hendaknya merupakan jawaban atas pertanyaan penelitian, dan diungkapkan bukan dalam kalimat statistik. Ditulis sepanjang satu paragraph dalam bentuk esai, tidak dalam bentuk numerical. Manuskrip ditulis dengan kerapatan baris 1,15 spasi, huruf Times New Roman 12
  • Pada bagian Daftar Pustaka, penulisan diurut sesuai dengan abjad dan disarankan menggunakan aplikasi referensi seperti Mendeley, Zotero, End Note, dsb.
  • Tingkat similarity naskah maksimal 30 persen.