Implementasi Program SMK Pusat Keunggulan di SMKN 1 Gandapura Aceh: Meningkatkan Kualitas Pendidikan Vokasi
Abstract
SMKN 1 Gandapura-Aceh telah ditetapkan sebagai bagian dari Program Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan (SMK PK) pada Maret 2024, dengan fokus pada bidang Agribisnis Ternak. Permasalahan yang dihadapi sekolah ini terutama kualitas guru yang bervariasi, fasilitas Teaching Factory (TEFA) yang belum memadai, kemitraan yang masih terbatas dengan Dunia Usaha, Dunia Industri dan Dunia Kerja (DUDIKA), serta terbatasnya pengembangan soft skill siswa. Program ini bertujuan untuk meningkatkan relevansi pendidikan vokasi terhadap kebutuhan DUDIKA melalui berbagai kegiatan strategis. Dengan demikian kegiatan ini dilakukan di SMK N 1 Gandapura, khususnya di program keahlian Agribisnis Ternak. Pelaksanaan pendampingan dari Agustus sampai Oktober 2024. Data yang digunakan terdiri dari data primer dan sekunder. Data primer dikumpulkan dengan metode wawancara langsung dan online menggunakan kuesioner, diskusi terfocus dan pengamatan. Responden terdiri dari 20 siswa, 4 guru, Kepala Sekolah dan 1 orang perusahaan mitra. Pengolahan data menggunakan Skala Likert dan selanjutnya dilakukan analisis deskriptif dan analisis before and after. Kegiatan pengabdian ini terdiri dari pendampingan dan menjadi narasumber. Implementasi kegiatan menunjukkan hasil positif sebagai berikut: dilakukan penyelarasan kurikulum berbasis industri, penguatan kompetensi guru melalui magang industri (2 orang), peningkatan kompetensi siswa melalui program persiapan magang internasional ke Jepang (sebanyak 15 siswa), dan penerapan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan tema “Employment”. Selain itu, sekolah berpartisipasi dalam Teaching Factory One Day Expo yang memamerkan produk unggulan susu kambing dan telur puyuh dalam kemasan. Sekolah ini juga menyelenggarakan Job Fair yang melibatkan 14 mitra industri guna menjembatani siswa dengan dunia kerja. Selanjutnya analisis before and after menunjukkan peningkatan kondisi TEFA (20%), jumlah ternak (33,3%), jumlah guru magang (200%), kompetensi siswa (mengikuti Training Bahasa Jepang sebanyak 15 orang), peningkatan sinergi sekolah dan industri (200%). Demikian juga dengan persepsi siswa meningkat antara 28,57% - 53,92%. Untuk lebih optimalnya program ini, maka arah tindak lanjut ke depan antara lain programnya perlu terus dilanjutkan terutama dalam penguatan pada pengadaan berbagai peralatan Teaching Factory
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aditya, D. Y., & Kencanawaty, G. (2024). Analisis Kebijakan Program Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan (SMK PK) di Indonesia dengan CIPP. Jurnal Bintang Manajemen (JUBIMA), 2(1), 85–100. https://doi.org/10.55606/jubima.v2i1.2618
Alwiputri, A. R., & Noor, T. R. (2024). Penguatan Kompetensi Siswa Melalui Program Magang Pada Dunia Usaha dan Dunia Industri. Jurnal Studi, Sosial Dan Ekonomi, 5(2), 173–184. https://doi.org/10.63230/almuttaqin.v5i2.197
Fahmi, S., Admawi, F., Pahrudin, I., & Nurpalah, M. R. (2022). Kompetensi guru pendidikan vokasional dalam menghadapi tantangan di abad 21. Vocational Education National Seminar (VENS), 01(01), 5–9. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/VENS/article/view/15469%0Ahttps://jurnal.untirta.ac.id/index.php/VENS/article/download/15469/9005
Indrawati, S. M., & Kuncoro, A. (2021). Improving Competitiveness Through Vocational and Higher Education: Indonesia’s Vision For Human Capital Development In 2019–2024. Bulletin of Indonesian Economic Studies, 57(1), 29–59. https://doi.org/10.1080/00074918.2021.1909692
Ixtiarto, B., & Sutrisno, B. (2016). Kemitraan Sekolah Menengah Kejuruan Dengan Dunia Usaha Dan Dunia Industri (Kajian aspek Penhgelolaan Pada SMK Muhammadiyah 2 Wuryantoro Kabupaten Wonogiri). Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 26(1), 57–69.
Judijanto, L., Mayasari, N., Endro Baruno, Y. H., Tasrip, T., & Rusdi, M. (2024). Analisis Pengaruh Kemitraan Sekolah-Industri dan Program Magang terhadap Keterampilan Kerja dan Kesiapan Karier Siswa SMK di Jawa Tengah. Jurnal Multidisiplin West Science, 3(03), 378–388. https://doi.org/10.58812/jmws.v3i03.1074
Khusni, M. F., Munadi, M., & Matin, A. (2022). Impelementasi Kurikulum Merdeka Belajar di MIN 1 Wonosobo. Jurnal Kependidikan Islam, 12(1), 60–71. https://doi.org/10.15642/jkpi.2022.12.1.60-71
Larosa, E., Ashari, A., & Ad Suwandi, I. (2023). Teaching Factory Learning Model at Vocational High Schools in Gorontalo to Answer the Challenges of the Industrial World. 5th Vocational Education International Conference, 5, 198–201. https://proceeding.unnes.ac.id/veic/article/download/2832/2293
Purba, A., Purba, S., & Purba, S. (2024). Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan Analisis Pelaksanaan Model Pembelajaran Teaching Factory Kompetensi Keahlian Multimedia di SMK Negeri 1 Merdeka. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 12 (1), 207–216. https://doi.org/10.20961/jkc.v12i1.81673
Rafidiyah, D., & Kailani, A. (2020). Identifikasi Potensi Smk Muhammadiyah Sebagai Lembaga Pendidikan Vokasi Yang Berkemajuan: Studi Fenomenologi Terhadap Penerapan Program Revitalisasi SMK Di Indonesia. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 15(1), 49–66. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v15i1.1284
Rahman, A., Zebua, W. D. A., Satispi, E., & Kusuma, A. A. (2021). Policy Formulation in Integrating Vocational Education Graduates with the Labor Market in Indonesia. Jurnal Studi Pemerintahan, 12(3). https://doi.org/10.18196/jgp.123141
Siregar, I., Anwar, K., & Munte, R. S. (2024). ISU-ISU GLOBAL PEMAGANGAN LIFE SKILL WORLD CLASS. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(4), 12887–12895. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34247
Sudalyo, A. R. T., & Prasetyaningrum, N. E. (2024). OPTIMALISASI SINKRONISASI DAN PENGEMBANGAN KURIKULUM SMK BHINA KARYA KARANGANYAR : UPAYA MENINGKATKAN KESESUAIAN LULUSAN DENGAN KEBUTUHAN. Jurnal Abdimas Bina Bangsa, 5(2), 1500–1509. https://doi.org/10.46306/jabb.v5i2.1330
Sudiyono, S. S. (2020). Teaching Factory Sebagai Upaya Peningkatan Mutu Lulusan Di Smk. Jurnal Penelitian Kebijakan Pendidikan, 12(2), 159–181. https://doi.org/10.24832/jpkp.v12i2.271
Syarif, S. F., & Janata, A. D. P. (2024). Vocational Education National Seminar ( VENS ) Transformasi Pendidikan Vokasional : Strategi Peningkatan Kompetensi Guru SMK melalui Teknologi di Era Revolusi Industri 4 . 0. Vocational Education National Seminar (VENS), 03(01), 1–4. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/VENS/article/download/30100/13768
DOI: https://doi.org/10.46576/rjpkm.v6i2.6184
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF – 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 by Author, Published by Dharmawangsa University Community Service Institution

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat telah terindex pada
RESWARA : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT published by :
LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 MedanKontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jpm_reswara@dharmawangsa.ac.id
Reswara : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/reswara/index.