Sosialisasi Memaksimalkan Potensi Diri Melalui Komunikasi yang Efektif di SMA Negeri 1 Sentolo

Yulianton Ashzar Ibrahim, Nur Sya'ban Ratri Dwi Mulyani, Endah Rahmawati

Abstract


Komunikasi merupakan bagian penting dalam proses sosial individu, bahkan dalam lingkup pembelajaran. Berhasil tidaknya informasi yang disampaikan kepada orang lain sangat ditentukan oleh keefektifan komunikasi. Selanjutnya, Potensi diri individu diawali dengan beberapa kondisi dimana individu tersebut memiliki hal yang ingin dicapai berupa mimpi bersifat jangka panjang dan jangka pendek. Tujuan sosialisasi ini yaitu memaksimalkan potensi diri siswa melalui komunikasi yang efektif dengan pelaksanaan kegiatan antara lain: 1) Focus Group Discussion (FGD), 2) metode diskusi, ceramah, dan tanya jawab, 3) pemaparan materi dan video contoh komunikasi yang efektif. Kegiatan sosialisasi dihadiri oleh total 62 peserta yang terbagi dari 45 siswa-siswi SMA Negeri 1 Sentolo dan 17 mahasiswa FIP Bimbingan dan Konseling IKIP PGRI Wates, kegiatan ini telah dilaksanakan dengan baik tanpa ada kendala yang serius. Hal tersebut ditunjukkan dari hasil evaluasi kegiatan dengan nilai post-test yang mengalami peningkatan sebesar 23% dibandingkan nilai pre-test. Berdasarkan hal itu, dapat disimpulkan bahwa peserta memahami materi yang diberikan mengenai memaksimalkan potensi diri sebagai hal yang penting dilakukan oleh setiap individu sedini mungkin, serta pemahaman tentang teknik dan penerapan komunikasi yang efektif


Keywords


Komunikasi yang Efektif; Potensi Diri; Penerapan Komunikasi Efektif

Full Text:

PDF

References


Adpriyadi, A., & Sudarto, S. (2020). POLA ASUH DEMOKRATIS ORANG TUA DALAM PENGEMBANGAN POTENSI DIRI DAN KARAKTER ANAK USIA DINI. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 11(1), 26–38. https://doi.org/10.31932/ve.v11i1.572

Alfazani, M. R. (2021). Faktor pengembangan potensi diri: Minat/kegemaran, lingkungan dan self-disclosure (Suatu kajian studi literatur manajemen pendidikan dan ilmu sosial). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 586-597.

Amaliyah, A., & Attadib, A. R. (t.t.). PENGEMBANGAN POTENSI DIRI PESERTA DIDIK MELALUI PROSES PENDIDIKAN. Dalam Journal of Elementary Education (Vol. 5, Nomor 1). https://www.jurnalfai-uikabogor.org/attadib

Asri, Y. N., Gunardi, S., Jauhari, D. R., & Milasari, L. A. (2024). SOSIALISASI UNTUK MENGENALI DIRI SENDIRI DAN MENGGALI POTENSI DIRI DALAM PEMBERDAYAAN MAHASISWA. Dalam Communnity Development Journal (Vol. 5, Nomor 5).

Hati, F. S. (2023). Evaluasi Skor Pre-Test dan Post-Test Peserta Pelatihan Pelayanan Kontrasepsi bagi Dokter dan Bidan di Fasilitas Pelayanan Kesehatan di BKKBN Provinsi Jawa Tengah. Jurnal Edutrained : Jurnal Pendidikan dan Pelatihan, 7(1), 67–78. https://doi.org/10.37730/edutrained.v7i1.220

Husniati, A. M. (2024). Pelatihan Membangun Potensi Diri untuk Menjadi Public Relations yang Mampu Beradaptasi pada Era Digital. Dalam Jurnal Solusi Masyarakat Dikara (Vol. 4, Nomor 2).

Kartianti, S., & Asgar, S. (2021). PELATIHAN MENGENAL POTENSI DIRI DAN KUALITAS PRIBADI BAGI SISWA SMK (Vol. 1, Nomor 1). http://ejurnal.lppmunhena.ac.id/index.php/hirono

Listyanawati, I. (2015). Peningkatkan Kompetensi Dalam Penyusunan Instrumen Penilaian Berbasis Kurikulum 2013 Melalui Focus Group Discussion (Fgd). Jurnal Universitas Sebelas Maret, 24(2), 103– 112.

Loeng, S. (2020). Self-directed learning: A core concept in adult education. Dalam Education Research International (Vol. 2020). Hindawi Limited. https://doi.org/10.1155/2020/3816132

Mouchrek, N., & Benson, M. (2023). The theory of integrated empowerment in the transition to adulthood: concepts and measures. Frontiers in Sociology, 8. https://doi.org/10.3389/fsoc.2023.893898

Mustofa, I. (t.t.). PENGEMBANGAN SOFT SKILLS MAHASISWA MELALUI SERVICE LEARNING (EVALUASI PROGAM KULIAH PENGABDIAN MASYARAKAT STAI DARUSSALAM NGANJUK). Jurnal Pikir: Jurnal Studi Pendidikan Dan Hukum Islam, 6(2), 14–41.

Suwartini, S. (t.t.). PENDIDIKAN KARAKTER DAN PEMBANGUNAN SUMBER DAYA MANUSIA KEBERLANJUTAN. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 4(1), 220–234.

Wisman, Y. (2017). Komunikasi Efektif dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Nomosleca, 3 (2), 646-654




DOI: https://doi.org/10.46576/rjpkm.v6i1.5326

Article Metrics

Abstract view : 11 times
PDF – 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Copyright © 2025 by Author, Published by Dharmawangsa University Community Service Institution

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat telah terindex pada

  

JournalStories Main logo 

MEMBER OF

RJI Main logo 

  Crossref Sponsoring Member Badge 

JOURNAL CITATION

  


RESWARA : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT published by :

LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jpm_reswara@dharmawangsa.ac.id

 

Creative Commons License
Reswara : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/reswara/index.