Pelatihan Tari Butta Kalassukang Pada Siswa Binaan Komunitas Anak Sungai Rammang-Rammang, Maros

Firdha Razak, Muh. Rahmat, Khaerun Nisaa Tayibu, Sopi Paris, Nurfadila M

Abstract


Komunitas Anak Sungai Rammang-Rammang melalui Rumah Belajar Anak Sungai telah menjadi sarana belajar yang mendukung pengembangan seni budaya, khususnya tari. Salah satu kegiatan yang dilaksanakan adalah pelatihan tari bagi anak-anak di komunitas tersebut, yang difasilitasi oleh mahasiswa STKIP Andi Matappa. Analisis situasi yang dilakukan di lapangan menunjukkan bahwa siswa menghadapi kesulitan dalam menguasai gerakan tari dan menyesuaikan gerakan dengan musik, disertai dengan kurangnya tenaga pendidik atau pelatih tari. Salah satu tari yang diajarkan adalah tari Butta Kalassukang, tarian tradisional Sulawesi Selatan yang menggambarkan keindahan budaya Makassar. Pelatihan bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan dalam tari kepada anak-anak binaan. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini mencakup observasi, konfirmasi, persiapan, pelaksanaan, evaluasi, dan keberlanjutan program. Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan siswa, dengan pengetahuan baru tentang tari, kemampuan membentuk gerakan, kelenturan tubuh dalam mengikuti irama musik, dan ketekunan dalam berlatih. Sebelum pelatihan, tingkat pemahaman siswa hanya mencapai 40%, namun setelah pelatihan, angka ini meningkat menjadi 80%, yang terlihat dari perbaikan dalam teknik, ekspresi, kesesuaian kostum, serta irama musik yang mendukung penampilan. Hasil ini menunjukkan bahwa evaluasi berkelanjutan sangat penting untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas penampilan, serta memberikan dorongan untuk mencapai performa yang lebih baik di masa depan


Keywords


Komunitas Anak Sungai Rammang-Rammang; Rumah Belajar Anak Sungai; Tari Butta Kalassukang

Full Text:

PDF

References


Adawiyah, Aenur Roiatul, and Rizki Umi Nurbaeti. 2023. “Pelatihan Tari Kreasi Sebagai Bentuk Apresiasi Seni Tari.” JAMU : Jurnal Abdi Masyarakat UMUS 3(02):150–56. doi: 10.46772/jamu.v3i02.1051.

Anggraini, dkk. 2018. “Perkembangan Seni Tari: Pendidikan Dan Masyarakat.” Jurnal PGSD 9(3):287–93. doi: 10.33369/pgsd.9.3.287-293.

Budiman, dkk 2020. “Model Pelatihan Tari: Penguatan Kompetensi Pedagogik & Profesionalisme Guru.” Panggung 30(4):532–48. doi: 10.26742/panggung.v30i4.1370.

Hariani, dkk. 2019. “Pengembangan Kreativitas Siswa Melalui Pendekatan Ekspresi Bebas Dalam Pembelajaran Seni Tari Di Sekolah Dasar.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar 6(1):246–56.

Iriani, Z. (2014). Peningkatan mutu pembelajaran seni tari di sekolah dasar. Komposisi : Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, Dan Seni, 9(2).

Kusumastuti, Eny. 2014. “Pendidikan Seni Tari Melalui Pendekatan Ekspresi Bebas, Disiplin Ilmu, Dan Multikultural Sebagai Upaya Peningkatan Kreativitas Siswa.” Harmonia: Journal of Arts Research and Education 10(2):1–15.

Kusumastuti, Eny. 2014. “Penerapan Model Pembelajaran Seni Tari Terpadu Pada Siswa Sekolah Dasar.” Mimbar Sekolah Dasar 1(1):7–16. doi: 10.17509/mimbar-sd.v1i1.858.

Nurbaeti, R. U. (2023). Pelatihan tari kreasi sebagai bentuk apresisasi seni tari. JAMU : Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 3(02), 150-156.

Nurjaman, dkk. 2017. “Implementasi Pelatihan Tari Daerah Dalam Melestarikan Tarian Banten Di Sanggar Raksa Budaya Kota Serang.” Journal of Nonformal Education and Community Empowerment 1(2):152–60. doi: 10.15294/pls.v1i2.19414.

Sandi, Noviea Varahdilah. 2018. “Pembelajaran Seni Tari Tradisional Di Sekolah Dasar.” Jurnal Dialektika Jurusan PGSD 8(2):147–61.

Sundari, R.S. (2016). Pengembangan Kepribadian dalam Pembelajaran Seni Tari di Sekolah. Jurnal Imajinasi. 10(1): 61-66. https://doi.org/10.15294/imajinasi.v10i1.8817

Supriyanti, dkk. 2023. “Pengembangan Bakat Dan Kreativitas Anak.” 9(1):45–50.

Susanti, L. 2019. “Pengembangan Kreativitas Siswa Melalui Potensi Budaya Lokal Dalam Pembelajaran Seni Tari.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang 12 Januari 2019 417–29.

Wigaringtyas, dkk. 2023. “Kemampuan Motorik Kasar Melalui Kegiatan Tari Dongklak.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 7(1):312–22. doi: 10.31004/obsesi.v7i1.3706.




DOI: https://doi.org/10.46576/rjpkm.v6i1.5298

Article Metrics

Abstract view : 55 times
PDF – 23 times

Refbacks



Copyright (c) 2025 by Author, Published by Dharmawangsa University Community Service Institution

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat telah terindex pada

  

JournalStories Main logo 

MEMBER OF

RJI Main logo 

  Crossref Sponsoring Member Badge 

JOURNAL CITATION

  


RESWARA : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT published by :

LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jpm_reswara@dharmawangsa.ac.id

 

Creative Commons License
Reswara : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/reswara/index.