PENYULUHAN ONLINE MARKETING DALAM UPAYA KETAHANAN EKONOMI MELALUI PENJUALAN UDENG DI KELURAHAN BLOOTO KOTA MOJOKERTO
Abstract
Perkembangan dunia digital saat ini menjadi hal penting dalam dunia bisnis, karena aktivitas komunikasi dengan menggunakan jaringan internet menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat, sehingga suatu usaha dituntut untuk menjual produknya secara online, salah satunya adalah UMKM Udeng. Namun permasalahan yang terjadi adalah pelaku usaha yang masih belum memahami tentang penjualan online, padahal kemajuan teknologi saat ini menuntut pelaku usaha untuk dapat menjual produknya dengan menggunakan media online marketing, sehingga tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah melakukan penyuluhan online marketing untuk meningkatkan penjualan produk Udeng. Metode yang digunakan yaitu terdiri dari tiga fase antara lain fase persiapan, fase pelaksanaan, dan fase evaluasi. Adapun hasil pengabdian masyarakat ini yaitu pada fase persiapan dilakukan observasi dan wawancara untuk menggali informasi tentang permasalahan yang dihadapi oleh pelaku UMKM Udeng. Pada fase pelaksanaan dilakukan penyuluhan dan diskusi untuk memberikan pemahaman mengenai pentingnya online marketing dan cara mempromosikan produk melalui online marketing. Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini diharapkan dapat memberikan wawasan dan peluang yang berpotensi dalam meningkatkan penjualan Udeng
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anisah, N., Sartika, M., & Kurniawan, H. (2021). Penggunaan Media Sosial Instagram Dalam Meningkatkan Literasi Kesehatan Pada Mahasiswa. Jurnal Peurawi : Media Kajian Komunikasi Islam, 4(2), 94–107.
DataIndonesia.id. (2022). Pengguna Internet di Indonesia Capai 205 Juta pada 2022. https://dataindonesia.id/digital/detail/pengguna-internet-di-indonesia-capai-205-juta-pada-2022
Deniar, S. M., Pratika, Y., & Effendi, T. D. (2021). Pendampingan dan Pengembangan Produk Udeng Sangga Braja dalam Rangka Melestarikan Ciri Khas Kota Batu. Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, 6(2), 166–175. https://doi.org/10.26905/abdimas.v6i2.5171
Fitriyani, Z. A. (2021). Buying Decision: Ditinjau dari Store Atmosphere, Price, dan Word of Mouth Pada Toserba Duta Mojokerto. Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan Dan Bisnis, 6(1), 103–112. https://doi.org/10.24967/ekombis.v6i1.1147
Fitriyani, Z. A., Santy, Y. J. N., Wikandari, Y. D., & Sholeh, R. (2023). Kampanye Pengelolaan Sampah Dalam Program Lomba Bank Sampah. JPDL : Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 6(1), 25–33. https://doi.org/10.32493/j.pdl.v6i1.26057
Gunawan, J., Salsabila, A. T., Nisa, K., & Azizah, N. (2022). Sosialisasi Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Pelaku Umkm Di Kelurahan Tegalsari. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 5(2), 146–150. https://doi.org/10.29303/jppm.v5i2.3543
Islamiyah, A., Ramadhana, A., Safitri, D., Cattleya, M., & Arum, D. P. (2022). Sosialisasi Digital Marketing dan Pengaplikasian Shopee untuk Pelaku UMKM di Kelurahan Bendo. INCOME: Indonesian Journal of Community Service and Engagement, 01(02), 81–87. https://doi.org/https://doi.org/10.56855/income.v1i2.73
Jumiati, Ashriana, A. N., Fitriyani, Z. A., & Pratiwi, E. C. (2023). Pengaruh Media Sosial, Harga, dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen di Caption Home Mojokerto. Jurnal Ekobistek, 12(1), 495–499. https://doi.org/10.35134/ekobistek.v12i1.448
Maulida Sari, C. D., & Setiyana, R. (2020). Sosialisasi Digital Marketing pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Jurnal Pengabdian Masyarakat: Darma Bakti Teuku Umar, 2(1), 63–73. https://doi.org/10.35308/baktiku.v2i1.2050
Nugroho, T. A., & Azzahra, F. C. (2022). Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Promosi Social Commerce Usaha Bro.Do. Jurnal Pustaka Komunikasi, 5(1), 136–149. https://doi.org/10.32509/pustakom.v5i1.1883
Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1–17. https://doi.org/10.21009/jpmm.001.1.01
Rahmah, S. A., Antares, J., Satria, W., Amri, & Mutasar. (2022). Sosialisasi Strategi Dan Penerapan Digital Marketing Berbasis Teknologi Informasi Di Universitas Islam Kebangsaan Indonesia ( Pengabdian kepada Masyarakat Kerjasama Antar Kampus ). Prioritas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Maaret 2022, 04(01), 32–37. https://jurnal.harapan.ac.id/index.php/Prioritas/article/view/482/365
Sari, D., Azriya, N., Anum, A., & Devi, H. (2021). Penyuluhan Digital Marketing untuk Usaha Rumahan di Kelurahan Tanjung Baru Kec. Kedamaian. Jurnal Abdi Masyarakat Saburai (JAMS), 2(02), 88–93. https://doi.org/10.24967/jams.v2i2.1353
Sholeh, R., Fitriyani, Z. A., Waluyo, S. E. Y., Effendi, M. J., Joenarni, E., & Abdillah, A. (2022). Determinan Yang Mempengaruhi Pembelian Online Di Kalangan Mahasiswa. JEAM, April 2022, 21(1), 75–87.
Supriyanto, Yuli Eprianti, & Rabeta, Y. (2022). Sosialisasi Pengembangan UMKM Melalui Strategi Pemasaran Dalam Market Place di Desa Semangus Baru Kecamatan Muara Lakitan Kabupaten Musi Rawas. Jurnal Cemerlang : Pengabdian Pada Masyarakat, 5(1), 42–47. https://doi.org/https://doi.org/10.31540/jpm.v5i1.1777
Untari, R. S., Destiana, E., & Liansari, V. (2021). Branding Awarness Udeng Demang Sari Sebagai Icon Kota Delta Sidoarjo. Abdimas, Juni 2021, 25(1), 67–73. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/abdimas/article/view/25631/12373
Waluyo, S. E. Y., Fitriyani, Z. A., & Huda, K. (2022). Konsep Green Economy Terhadap Penjualan Sektor UMKM Melalui Pertumbuhan Ekonomi Kota Mojokerto. PROSIDING SEMINAR NASIONAL UNIVERSITAS PGRI PALANGKA RAYA, 310–326. https://doi.org/10.54683/puppr.v1i0.32
Wibowo, F., Wicaksono, A. P., Muktiadi, R., Badharudin, A. Y., Aji, P., Hamka, M., Fitriani, M. A., Marhendi, T., Satriya, E., & Fauzan, A. (2022). Pemberdayaan ekonomi berbasis digital di kampung sri rahayu binaan lembaga pusat studi dakwah komunitas (PSDK) universitas muhammadiyah purwokerto. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bumi Reflesia, 5(2), 929–935. http://jurnal.umb.ac.id/index.php/pengabdianbumir/article/view/3498
Yunita, D., Widad, A., Diah, Y. M., & Farla, W. (2021). Pembuatan Content Marketing sebagai Strategi Menumbuhkan Brand Awareness bagi Pelaku Usaha di Era Pandemi Covid-19. Sricommerce: Journal of Sriwijaya Community Services, 2(2), 89–96. https://doi.org/10.29259/jscs.v2i2.38
Yusuf, M., Fitriyani, Z. A., Abdillah, A., Ardianto, R., & Suhendar, A. (2022). The Impact Of Using Tokopedia On Profitability And Consumer Service. Jurnal Darma Agung, Agustus 2022, 30(2), 559–573. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v30i2.2273
DOI: https://doi.org/10.46576/rjpkm.v5i1.3692
Article Metrics
Abstract view : 189 timesPDF – 110 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Zenita Afifah Fitriyani, Dwi Dewianawati, Oktaviani Permatasari, Fajar Budiyanto, Megawati Citra Alam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat telah terindex pada
RESWARA : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT published by :
LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 MedanKontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jpm_reswara@dharmawangsa.ac.id
Reswara : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/reswara/index.