PELATIHAN PEMROGRAMAN DASAR MENGGUNAKAN BAHASA PYTHON PADA SMK METHODIST TANJUNG MORAWA

Sunario Megawan, Wulan Sri Lestari, Tanti Tanti

Abstract


SMK Swasta Methodist Tanjung Morawa merupakan salah satu sekolah swasta di bawah naungan Yayasan Methodist Kasih Imanuel Indonesia yang berdiri sejak tahun 2008. Salah satu jurusan yang ada di SMK Swasta Methodist Tanjung Morawa adalah Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ). Sesuai dengan kurikulum yang digunakan di jurusan TKJ, pemrograman merupakan salah satu pelajaran yang harus diberikan kepada para siswa untuk mencapai dasar bidang keahlian dan dasar program keahlian. Namun, saat ini bahasa pemrograman yang sudah diberikan masih terbatas pada HTML dan Javascript saja dimana keduanya merupakan mata pelajaran pemrograman web yang hanya mencapai dasar program keahlian saja. Sedangkan untuk mencapai dasar bidang keahlian dibutuhkan pemahaman tentang pemrograman dasar lainnya, sehingga para siswa memiliki kompetensi yang lebih baik. Oleh karena itu, Fakultas Informatika Universitas Mikroskil menawarkan solusi berupa pelatihan pemrograman dasar menggunakan bahasa Python yang bertujuan untuk membantu para siswa meningkatkan kemampuan pemrograman mereka. Kegiatan pelatihan ini berlangsung selama 2 hari dan dilaksanakan di Laboratorium komputer Universitas Mikroskil dengan metode workshop/praktek langsung. Berdasarkan hasil evaluasi kegiatan pelatihan, diperoleh 86,3% siswa merasa Python mudah dipahami dan 95,5% merasa materi pelatihan yang diberikan ini bermanfaat. Selain itu, berdasarkan hasil pre-test dan post-test diketahui bahwa pengetahuan para siswa secara umum meningkat setelah mengikuti pelatihan

Keywords


Pemrograman; Python; Pelatihan

Full Text:

PDF

References


Angriani, L. & Dayat, A. R. (2019). PKM Peningkatan Kompetensi Guru dan Siswa Melalui Pelatihan Pemrograman dan Jaringan Komputer pada Sekolah Menengah Kejuruan di Kota Jayapura. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat ABDIMAS, 23 (2), 92-98.

Dapodikbud. (2022, November 10). “(69892825) SMK SWASTA METHODIST” [Online]. Tersedia: https://sekolah.data.kemdikbud.go.id/index.php/Chome/profil/FA174479-5634-462E-9AB0-9EAFA53916B9.

Hardyanto, R. H. (2017). Konsep Internet Of Things Pada Pembelajaran Berbasis Web. Jurnal Dinamika Informatika, 6 (1), 87-97.

Naufal, M., F. (2018). Analisa Teknik Pembelajaran dan Pengajaran Pemrograman pada Universitas dan Industri. Jurnal Informatika dan Multimedia, 10 (2), 76-83.

Nur, S. A., & Kurniawan. (2018). Input dan Output Pada Bahasa Pemrograman Python. Program studi teknik Informatika STMIK Sumedang.

Peraturan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor: 07/D.D5/Kk/2018 Kemdikbud. (2018). Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan (Smk)/Madrasah Aliyah Kejuruan (Mak).

Prasetyo, H., & Sutopo, W. (2017). Perkembangan keilmuan teknik industri menuju era industri 4.0. Seminar Dan Konferensi Nasional IDEC 2017. 488-497.

Puspaningtyas, N. D., & Dewi, P. S. (2020). Persepsi Peserta Didik terhadap Pembelajaran Berbasis Daring. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 3(6), 703–712.

Raharjo, B. (2017). Belajar Singkat Pemrograman Pyton 3. Modula.

Rajesh, M. V., & Venkateswara Rao, B. (2019). Conference hall automation system using pythonkivy application. International Journal of Innovative Technology and Exploring Engineering, 8(6 Special Issue 4), 446–449. https://doi.org/10.35940/ijitee.F1092.0486S419.

Retnoningsih, E., & Pramudita, R. (2020). Mengenal Machine Learning Dengan Teknik Supervised Dan Unsupervised Learning Menggunakan Python. Bina Insani Ict Journal, 7(2), 156. https://doi.org/10.51211/biict.v7i2.1422.

Romzi, M., & Kurniawan, B. (2020). Pembelajaran Pemrograman Python Dengan Pendekatan Logika Algoritma. JTIM: Jurnal Teknik Informatika Mahakarya, 03(2), 37–44.

Saharuddin & Prihatmono, M. W. (2022). Pengenalan Dan Pelatihan Dasar Bahasa Pemrograman Python Pada Siswa/I Sma Negeri 3 Makassar Selaparang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan. 6(4), 2233-2237.

Sthevanie, F., Wulandari, G. S., & Sulistiyo, M. D. (2021). Pelatihan Bahasa Pemrograman Python untuk Meningkatkan Kemampuan Pemrograman bagi Siswa Kelas X SMK Telkom Bandung. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 48-51.

Sukindar. (2016). Kelebihan Bahasa Pemrograman Python. Teknojurnal.com, https://teknojurnal.com.kelebihan-bahasa-pemrograman-Python/, diakses Juli 2023. Teknojurnal.Com.

Wiryawan, R. A., & Rosyid, N. R. (2019). Pengembangan Aplikasi Otomatisasi Administrasi Jaringan Berbasis Website Menggunakan Bahasa Pemrograman Python. Simetris, 10(2), 1–12.




DOI: https://doi.org/10.46576/rjpkm.v5i1.3648

Article Metrics

Abstract view : 303 times
PDF – 128 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Sunario Megawan, Wulan Sri Lestari, Tanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat telah terindex pada

  

JournalStories Main logo 

MEMBER OF

RJI Main logo 

  Crossref Sponsoring Member Badge 

JOURNAL CITATION

  


RESWARA : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT published by :

LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jpm_reswara@dharmawangsa.ac.id

 

Creative Commons License
Reswara : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/reswara/index.