PEMBUATAN DAN PELATIHAN APLIKASI BRACKET PERTANDINGAN MUAYTHAI DI PENGURUS PROVINSI MUAYTHAI KALIMANTAN SELATAN

Hegen Dadang Prayoga, As`ary Ramadhan, Andi Kasandrawali, Kholik Setiawan

Abstract


Pengurus Provinsi MuayThai Indonesia Kalimantan Selatan yang menjadi mitra kami mengalami kesulitan dalam membuat rancangan skema pertandingan atau disebut juga bracket pertandingan secara efektif dan efisien yang dapat digunakan dalam pertandingan olahraga muaythai berbasis aplikasi. Rancangan yang tidak efektif dan efisien berpengaruh secara signifikan terhadap keuangan penyelenggara pertandingan, individu dan tim yang berpatisipasi dan juga masalah yang menyangkut kepentingan pribadi bagi para penggemar pertandingan. Oleh karena itu di dalam kegiatan PKM ini yang menjadi perioritas solusi dari permasalahan mitra adalah membangun sebuah aplikasi yang dapat digunakan dalam membuat bracket pertandingan muaythai disertai dengan pelatihan penggunaan aplikasi tersebut. Cara yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi adalah dengan menggunakan model prototipe dengan metode Software Development Life Cycle (SDLC) dan pengukuran untuk menguji aplikasi menggunakan instrument kuesioner System Usability Scale (SUS). Hasil pengabdian berdasarkan pengujian usability dengan nilai score avrg 82.5 termasuk dalam Grade A yang menandakan penerimaan responden terhadap efektifitas, efisiensi dan kepuasan yang dirasakan dalam menggunakan aplikasi sudah dapat diterima dengan baik (Acceptable)


Keywords


Aplikasi; Muaythai; Bracket; Pertandingan

Full Text:

PDF

References


Brooke, J. (2013). SUS : A Retrospective. Journal Of Usability Studies, 8(2), 28–40. https://www.researchgate.net/publication/285811057_SUS_a_retrospective

Fahrudin, T., Asror, I., Suwawi, D.D.J. & Wibowo, Y.F.A. (2023). PELATIHAN PENGGUNAAN APLIKASI DISEMINASI INFORMASI DI KPT TELKOM MAKASSAR. Reswara. J. Pengabdi. Kpd. Masy. 4(1): 69-76. http://dx.doi.org/10.46576/rjpkm.v4i1.2264

H.N, I. A., Nugroho, P. I., & Ferdiana, R. (2015). Pengujian Usability Website Menggunakan System Usability Scale. JURNAL IPTEKKOM : Jurnal Ilmu Pengetahuan & Teknologi Informasi, 17(1), 31. https://doi.org/10.33164/iptekkom.17.1.2015.31-38

Handayani, F. S., & Adelin, A. (2019). Interpretasi Pengujian Usabilitas Wibatara Menggunakan System Usability Scale. Techno.Com, 18(4), 340–347. https://doi.org/10.33633/tc.v18i4.2882

Kesuma, D. P. (2021). Penggunaan Metode System Usability Scale Untuk Mengukur Aspek Usability Pada Media Pembelajaran Daring di Universitas XYZ. JATISI (Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi), 8(3), 1615–1626. https://doi.org/10.35957/jatisi.v8i3.1356

Kurniawan, E., Nofriadi, N., & Nata, A. (2022). Penerapan System Usability Scale (Sus) Dalam Pengukuran Kebergunaan Website Program Studi Di Stmik Royal. Journal of Science and Social Research, 5(1), 43. https://doi.org/10.54314/jssr.v5i1.817

Mohamad, N. I., Chinnasee, C., Hemapandha, W., Vongjaturapat, N., Makaje, N., Ratanarojanakool, P., & Pimjan, L. (2017). Sports science-based research on the sport of muay thai: A review of the literature. Walailak Journal of Science and Technology, 14(8), 615–625.

Olymphic, E. C. (2020). New Study on the Economic impact of Sport released by the European Commission. https://euoffice.eurolympic.org/blog/new-study-economicimpact-sport-released-european-commission

Otten, N. (2019). Optimal Design Of Random Knockout Tournaments: Vol. [HEC Liège]. https://matheo.uliege.be/bitstream/2268.2/10693/1/master thesis - OTTEN NADIA.pdf

Paksi, A. B., Hafidhoh, N., & Bimonugroho, S. K. (2023). Perbandingan Model Pengembangan Perangkat Lunak Untuk Proyek Tugas Akhir Program Vokasi. Jurnal Masyarakat Informatika, 14(1), 53–62. https://doi.org/10.14710/jmasif.14.1.52752

Prayoga, H. D., Fitrianto, A. T., & Ramadhan, A. (2023). Pengembangan Website Untuk Meningkatkan Borneo Sports. RESWARA : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 4, No 1. https://doi.org/https://doi.org/10.46576/rjpkm.v4i1.2307

Sauro, J. (2011). Measuring Usability with the System Usability Scale (SUS). MeasuringU. https://measuringu.com/sus/

Schulenkorf, N., Sherry, E., & Rowe, K. (2016). Sport for development: An integrated literature review. Journal of Sport Management, 30(1), 22–39. https://doi.org/10.1123/jsm.2014-0263

Setemen, K., Erawati Dewi, L. J., & Purnamawan, I. K. (2019). PAON usability testing using system usability scale. Journal of Physics: Conference Series, 1165(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1165/1/012009

Suryanto, T. L. M., Simarmata, W. N., & Faroqi, A. (2022). System Usability Scale (Sus) Sebagai Metode Pengujian Kegunaan Pada Situs Program Studi. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Dan Sistem Informasi (SITASI), September, 285–294. http://sitasi.upnjatim.ac.id/




DOI: https://doi.org/10.46576/rjpkm.v5i1.3515

Article Metrics

Abstract view : 141 times
PDF – 101 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Hegen Dadang Prayoga, As`ary Ramadhan, Andi Kasanrawali, Kholik Setiawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat telah terindex pada

  

JournalStories Main logo 

MEMBER OF

RJI Main logo 

  Crossref Sponsoring Member Badge 

JOURNAL CITATION

  


RESWARA : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT published by :

LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jpm_reswara@dharmawangsa.ac.id

 

Creative Commons License
Reswara : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/reswara/index.

slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor