MENYONGSONG MASA DEPAN UNGGUL DENGAN EDUKASI PROFESI SEJAK DINI BAGI SISWA-SISWI SEKOLAH DASAR
Abstract
Mayoritas siswa dan mahasiswa Indonesia masih belum mampu mengenali minat dan bakat mereka. Kondisi ini pun masih dirasakan oleh siswa-siswi SD di provinsi Banten. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan pihak SD Kuluk Legeut di Banten, ditemukan bahwa siswa-siswi masih memerlukan edukasi profesi guna membantu memberikan gambaran yang jelas tentang cita-cita mereka. Mengacu pada kondisi tersebut maka program pengabdian kepada masyarakat (PkM) ini bertujuan untuk menumbuhkan motivasi dan memberikan pemahaman kepada siswa-siswi terkait ragam profesi yang ada, serta kompetensi apa saja yang harus dimiliki untuk meraih profesi tersebut. Peserta dari program yaitu siswa-siswi kelas 6 berjumlah 35 siswa. SD Negeri Kuluk Legeut merupakan salah satu sekolah yang relatif berada di pelosok perkotaan, sehingga relevan untuk diselenggarakan program pengabdian kepada masyarakat ini. Metode yang digunakan dalam implementasi program pengabdian kepada masyarakat (PkM) ini yaitu ceramah, diskusi interaktif, dan evaluasi yang dilakukan secara kualitatif dengan melakukan pretest dan posttest kepada peserta. Dalam program ini, siswa-siswi diberikan pelatihan dan pembekalan pengetahuan tentang berbagai jenis profesi dan keterampilan yang diperlukan untuk setiap profesi. Selain itu, mereka juga diberikan pengalaman praktik langsung untuk memahami secara lebih mendalam tentang profesi tersebut. Hasil dari kegiatan ini adalah pengetahuan siswa-siswi meningkat sebesar 60% terkait ragam profesi dan pemahaman kompetensi yang harus disipakan untuk meraih profesi tersebut
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afzal Humayon, A., Raza, S., Aamir Khan, R., & ul ain Ansari, N. (2018). Effect of Family Influence, Personal Interest and Economic Considerations on Career Choice amongst Undergraduate Students in Higher Educational Institutions of Vehari, Pakistan. International Journal of Organizational Leadership, 7(2), 129–142. https://doi.org/10.33844/ijol.2018.60333
Amalia, B., Irma, A., & Dikananda, A. R. (2023). Pengembangan Game Edukasi Untuk Mengenalkan Jenis Profesi Pada Anak Tk Dengan Menggunakan Metode Addie Di Paud Kayuwalang Yayasan Al-Mutaqin, 7(1), 615–618. Retrieved from. https://ejournal.itn.ac.id/index.php/jati/article/download/6363/3731/
Andrasmoro, D., & Nurlaila, S. (2018). Pengelolaan Pembelajaran Berbasis Diskusi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI di MAN 2 Pontianak. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 5(2), 270. https://doi.org/10.31571/sosial.v5i2.982
Asra, S., & Husna, A. (2022). Penguatan Cita-Cita Siswa Sekolah Dasar Melalui Kelas Inspirasi. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian, 5(4). Retrieved from https://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JPPM/article/view/4090
Astutiningsih, C., Tjahjani, N. P., & Listyani, L. (2021). Pengenalan Profesi Apoteker dan Mengenali Obat Sejak Usia Dini. Jurnal Abdidas, 2(3), 713–719. https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i3.344
Dian, D., Nasution, H., & Sukamto, A. S. (2018). Aplikasi Pengenalan Mamapro (Macam-macam profesi) pada Anak Usia Dini. Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi (JUSTIN), 6(4), 169. https://doi.org/10.26418/justin.v6i4.27280
Fadlillah, A. M., & Ruhjatini, D. (2019). Edukasi Perencanaan Karir Bagi Siswa-Siswi Sma Di Kecamatan Limo, Depok. Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 327–340. https://doi.org/10.12928/jp.v3i3.1193
Handayani, V. T. (2019). Dongeng Sebagai Stimulan Awal Peningkatan Minat Baca Bagi Siswa Paud Bunda Hajar Jatinangor. Jurdimas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Royal, 2(1), 13–18. https://doi.org/10.33330/jurdimas.v2i1.280
Isnaini, A. (2021). Metode Ceramah Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Membaca Al-Qur’an Di Kelas, Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, Vol. 1 No. 1. Retrieved from https://e-proceedings.iain-palangkaraya.ac.id/index.php/PPGAI/article/view/261
Kuswiyanti, T. S., Ramdhan, S., & Indriyani, F. (2020). Aplikasi Pengenalan Profesi pada Anak Usia Dini Berbasis Android, 2(2), 2–6. Retrieved from https://www.neliti.com/id/publications/332974/aplikasi-pengenalan-profesi-pada-anak-usia-dini-berbasis-android
Lubis, L. S., Warna, A. K. S., Wulan, A., Karimah, U., & Ayuhan. (2022). Sosialisasi dan edukasi : pentingnya cita-cita pada anak sekolah dasar. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 8. Retrieved from https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat/article/view/14736/7739
Miftha Huljannah. (2021). Pentingnya Proses Evaluasi Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Educator (Directory of Elementary Education Journal), 2(2), 164–180. https://doi.org/10.58176/edu.v2i2.157
Moriyasu, R., & Kobayashi, T. (2022). Impact of career education on high school students’ occupational choice: Evidence from a cluster-randomized controlled trial. Japan and the World Economy, 63(July), 101146. https://doi.org/10.1016/j.japwor.2022.101146
OECD. (2019). Pendidikan di Indonesia belajar dari hasil PISA 2018. Pusat Penilaian Pendidikan Balitbang KEMENDIKBUD, (021), 1–206. Retrieved from http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/16742
Peng, H., & Lin, W.-C. (2019). Evaluation a Career Planning Course with Case-based Teaching Modelon College Students’ Career Decisions and Learning Satisfaction. International Journal of Psychological Studies, 11(4), 102. https://doi.org/10.5539/ijps.v11n4p102
Purnomowulan, N. R., & Indira, D. (2022). Upaya Menanamkan Kehidupan Berkualitas Pada Remaja Fase Awal, 02(02), 1159–1170. Retrieved from https://stp-mataram.e-journal.id/Amal/article/view/1547/1188
Syaiffina, R. (2019). Peningkatan Perencanaan Karier Siswa Melalui Bimbingan. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 5(7), 437-447. Retrieved from. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/fipbk/article/view/15986
Vestalia, D., Maulidina, Z. T., Wau, I. P. M., Febrianingrum, D. W., Cintariani, N. N., & Wibowo, D. H. (2021). Meningkatkan Perencanaan Karir Siswa Kelas IX Melalui Bimbingan Klasikal, 01(3), 428–437. Retrieved from https://ejournal.uksw.edu/jms/article/download/4818/1845/
Wandi, Z. N., & Nurhafizah, N. (2019). Etika Profesi Guru Pendidikan Anak Usia Dini Di Kecamatan Padang Timur Kota Padang. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 3(4), 33–41. https://doi.org/10.33578/pjr.v3i4.7453
DOI: https://doi.org/10.46576/rjpkm.v4i2.3281
Article Metrics
Abstract view : 198 timesPDF – 208 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Enjang Pera Irawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat telah terindex pada
RESWARA : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT published by :
LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 MedanKontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jpm_reswara@dharmawangsa.ac.id
Reswara : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/reswara/index.