MERANCANG KARYA ILMIAH UNTUK PUBLIKASI BAGI PARA GURU SEKOLAH DASAR
Abstract
Menulis karya ilmiah ataupun yang sejenisnya menjadi tuntutan profesi untuk pengembangan karir guru. Namun belum semua guru terampil dalam membuat artikel ilmiah. Tujuan kegiatan pelatihan ini, yaitu: (1) meningkatkan pengetahuan guru Sekolah Dasar tentang bentuk artikel ilmiah, (2) meningkatkan pengetahuan mitra tentang jurnal nasional bereputasi, dan (3) mengetahui keberhasilan pelaksanaan kegiatan pelatihan. Metode presentasi dan ceramah, tanya-jawab, dan diskusi digunakan dalam pelatihan ini. Kegiatan pelatihan dipusatkan di SD Inpres Desa Latu Kabupaten Seram Bagian Barat-Maluku dengan melibatkan 17 guru (1 laki-laki; 16 perempuan), dilaksanakan selama sehari (23 Desember 2022). Keberhasilan kegiatan diukur pada tingkat keikutsertaan, arestasi, dan kesinambungan. Hasil pelaksanaan kegiatan menunjukkan bahwa ada peningkatan pemahaman peserta dengan kegiatan yang dilaksanakan, 70% peserta mulai paham bentuk artikel ilmiah, jurnal nasional bereputasi, dan semua peserta (100%) memberikan respon positif terkait pelaksanaan kegiatan yang dilaksanakan. Penggunaan waktu dan penyebaran informasi yang terlalu singkat merupakan sumber keterbatasan pelatihan yang perlu untuk diperbaiki. Peserta pelatihan mengharapkan adanya tambahan waktu dan kegiatan sejenis yang dapat membantu mereka melakukan publikasi pada jurnal. Tindak lanjut dari kegiatan ini adalah peserta sudah membuat artikel ilmiah dan pendampingan publikasi artikel pada sistem publikasi jurnal.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afriani, D. T., Syafitri, E., & Alfirah. (2021). Pelatihan produksi pakan mandiri desa lubuk saban. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 2, 1–11. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/snppm
Agustang, K., Sulaeman, Amri, M., Sugirma, Said, S.A. & Ridwan, M. (2022). Peguatan Aksara Al- Qur’an Penggunaan Buku Qiro’ ah. Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 336–347. https://doi.org/10.46576/rjpkm.v3i2.1805
Aisyah, E. N., & Mahanani, P. (2017). Pelatihan menulisan artikel ilmiah bagi guru sekolah dasar dan taman kanak-kanak kecamatan tajinan kabupaten malang. Abdimas Pedagogi, 1(1), 22–26.
Asropah, Septiana, I., Muhajir, M., & Ripai, A. (2022). Peningkatan Kemampuan Menulis Artikel Ilmiah Populer Bagi Guru. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 156–163. https://doi.org/10.24198/kumawula.v5i1.36149
Fabb, N., & Durant, A. (2005). How to write essays and dissertation: A guide for English literature students (Second edi). Harlow: Pearson.
Hadijah, S. (2018). Analisis respon siswa dan guru terhadap penggunaan multimedia interaktif dalam proses pembelajaran matematika. Jurnal Numeracy, 5(2), 176–183.
Handayani, S. L. &, & Dewi, T. U. (2020). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru-Guru Sekolah Dasar untuk Meningkatkan Kompetensi Profesionalisme Guru. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 70–77. https://doi.org/10.30651/aks.v4i1.2602
Haris, A. (2017). Urgensi Mata Diklat Kewirausahaan terhadap Produktivitas Kepala Madrasah. Inovasi: Jurnal Diklat Keagamaan, 11(4), 327–336.
Kamarudin & Pahar, E. (2021). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru Profesional. Jurnal Karya Abdi, 5(1), 71–78.
Milles, M. B. & Huberman, A. M. (1984). Qualitative Data Analysis a Sourcebook of Method. Bevery Hills: Sage Pubisher.
Mulyan, A., Muzzakir, A., Moh, L., & Isnaini, Y. (2022). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas. Abdinesia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 1–4.
Mustaqiem. (2010). Profesionalisme Pegawai Negeri Sipil dalam Pelayanan Publik. Jurnal Kebijakan Dan Manajemen PNS, 4(2), 28–35.
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, (2005).
Permenpan Nomor 16 tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya, Pub. L. No. Permenpan Nomor 16 tahun 2009, Kementrian Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (2009).
Pusporini, W., Septiani, D., & Astuti, N. D. (2021). Optimalisasi kemampuan menulis artikel ilmiah guru. J-Abdipamas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 117–121. https://doi.org/10.30734/j-abdipamas.v5i2.2073
Rahayu, S., Harjono, A., Makhrus, M., Sutrio, & Verawati, N. N. S. P. (2018). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru-Guru MIN Karangbaru Mataram. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), 54–58. https://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JPPM/article/view/486
Ria, A., & Zainuddin, D. (2021). Pelatihan Pembuatan Laporan Keuangan Menggunakan Software Zahir Accounting Pada Usaha Rintisan Yuk Takaful Depok Jawa Barat. Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada MasyarakatESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 331–338. https://doi.org/10.46576/rjpkm.v2i2.1177
Rumhadi, T. (2009). Optmalisasi Kegiatan Musyawarah Guru Mata pelajaran (MGMP) melalui Lesson Study pada Madrasah. Inovasi: Jurnal Diklat Keagamaan, 12(4), 70–84.
Septafi, G. (2021). Analisis kemampuan menulis artikel ilmiah mahasiswa pendidikan guru sekolah dasar angkatan 2019. Educational Technology Journal, 1(2), 1–16. https://doi.org/10.26740/etj.v1n2.p1-16
Sugiyono. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Supriyati, N. (2010). Penggunaan Model ASSURE untuk Mendesain Pembelajaran Al Jabar pada Diklat Guru Matematika MTs. Inovasi: Jurnal Diklat Keagamaan, 14(2), 192–203.
Tambunan, L., Iqbal, M., Radillah, T., & Satria, B. (2022). Pelatihan Desain Grafis untuk Meningatkan Kreativitas dan Inovasi Digital bagi Masyarakat di Desa Buluh Apo. Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 514–521. https://doi.org/10.46576/rjpkm.v3i2.1897
Ulfa, S. M., Nur, R., Setyowati, Y., Inggris, P. B., Inggris, P. B., Inggris, B., Wijaya, U., & Ulfa, S. M. (2022). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Hasil Penelitian Bagi Guru. Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 64–70. https://doi.org/10.46576/rjpkm.v3i1.1439
Universitas Pendidikan Indonesia. (2014). Pedoman Penulisan Karya Ilmiah Universitas Pendidikan Indonesia Tahun 2014.
Wahyu, W. (2001). Bandung: UPI. Wahyu, W. (2001). Manajemen Bahasa Pengorganisasian Karangan Pragmatik dalam Bahasa Indonesia untuk Mahasiswa dan Praktisi Bisnis. Gramedia Pustaka Utama.
Wahyuningtyas, N. & Ratnawati, N. (2018). Pelatihan dan pendampingan penulisan artikel jurnal bagi guru-guru ips kabupaten malang. Jurnal Praksis Dan Dedikasi Sosial, 1(1), 40–47. http://dx.doi.org/10.17977/um032v0i0p40-47
DOI: https://doi.org/10.46576/rjpkm.v4i2.2822
Article Metrics
Abstract view : 220 timesPDF – 176 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Anasufi Banawi, Sulaeman, Nurhasanah, Irvan Lasaiba, Irawati Basta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat telah terindex pada
RESWARA : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT published by :
LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 MedanKontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jpm_reswara@dharmawangsa.ac.id
Reswara : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/reswara/index.