PEMBERDAYAAN UMKM DESA CATURHARJO BANTUL DIY MELALUI PEMASARAN DIGITAL, VIDEO PROMOSI, DAN ADVERTORIAL PRODUK UMKM

Handrio Adhi Pradana, Bagus Panuntun, Dwipraptono Agus Harjito

Abstract


Desa Caturharjo, Pandak, Bantul, D.I.Yogyakarta merupakan desa yang memiliki semangat kuat untuk menjadi desa wisata. Hal ini sudah berupaya diusung dengan tema desa bersih sampah. Salah satu programnya adalah membuat 4.000 jogangan atau lubang di tanah sebagai sarana untuk mengubur sampah di sekitar warga. Selama ini sampah-sampah diatasi dengan cara dibakar dan justru menimbulkan polusi udara di area desa. Jogangan juga dinilai sebagai tradisi klasik leluhur desa Caturharjo. Keunikan ini yang diyakini mampu menarik wisatawan untuk melihat pengolahan sampah yang berbeda di desa Caturharjo. Selain itu, dalam upaya mengangkat perekonomian desa berbasis komunitas sosial, pengurus desa melalui BUMDes telah bekerja keras menggairahkan usaha warga namun terkendala mobilitas dan permintaan yang menurun drastis sejak Covid-19 melanda di akhir kuartal I tahun 2020. Salah satu pelaku UMKM fashion tas menuturkan bahwa pemasaran di area tempat wisata sangat terbatas mengakibatkan lebih dari 70% stok barang hanya menumpuk di penyimpanan. Pengabdian bertujuan memandirikan aktivitas operasional, ekonomi, dan jangkauan pemasaran produk UMKM pilihan desa melalui pendekatan digitalisasi. Pendekatan ini dipilih karena dinilai sangat relevan dengan kebutuhan pelaku UMKM desa yang mengalami keterbatasan jangkauan pemasaran karena pandemi. Metode yang digunakan diantaranya observasi, analisis kebutuhan dan persoalan, wawancara mendalam sekaligus berbasis projek luaran. Hasil pengabdian berupa video promosi dan advertorial produk UMKM unggulan untuk tiga jenis usaha yaitu kuliner, fashion tas, dan pengolahan tanaman obat. Dengan teknik pemasaran digital ini diharapkan produk UMKM unggulan desa Caturharjo semakin dikenal luas, bergairah kembali dan mampu membantu warga desa lebih berdaya secara ekonomi. Manfaat yang diperoleh pelaku UMKM yaitu merasa terbantu dengan adanya pemasaran digital untuk mengenalkan produk unggulan UMKM desa dan menjadi inspirasi bagi warga untuk berlatih membuat konten yang kreatif dan mampu menarik minat konsumen potensial

Keywords


Caturharjo Pandak Bantul DIY; Produk UMKM; Pemasaran Digital; Video Promosi

Full Text:

PDF

References


Fadhilah, D. A., & Pratiwi, T. (2021). Strategi Pemasaran Produk UMKM Melalui Penerapan Digital Marketing: Studi Kasus pada Kelompok Usaha “Kremes Ubi†di Desa Cibunar, Kecamatan Rancakalong, Sumedang. Coopetition: Jurnal Ilmiah Manajemen, 12(1), 17-22. https://doi.org/10.32670/coopetition.v12i1.279

Farizki, F. I., Salamah, R., Mutiah, T. S. R., Wardhani, W. K., & Siddi, P. (2020). Penyuluhan Umkm Di Era New Normal Dengan Memprioritaskan Ekonomi Digital Marketing. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(1), 620-623. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i1.3374

https://dinkes.bantulkab.go.id/news/update-data-sebaran-kasus-covid-19-di-kabupaten-bantul-01032022 diakses pada 10 November 2022

https://jogjapolitan.harianjogja.com/read/2020/08/09/511/1046672/naik-jadi-276-ini-data-terbaru-sebaran-corona-di-bantul-tiap-kecamatan diakses pada 10 November 2022

Kadiasti, R., Utami, T. R. S., & Patrianto, T. H. (2019). IbM Pengembangan Promosi Kampung Bandeng di Kelurahan Krobokan Semarang melalui Video Animasi Stopmotion. ABDIMASKU: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 2(1), 1-6. https://doi.org/10.33633/ja.v2i1.20

Khasanah, N. (2020). Upaya Pemulihan UMKM di Masa Pandemi Covid-19 Melalui Pelatihan pada Pengrajin Anyaman Pandan. JCSE: Journal of Community Service and Empowerment, 1(1), 26-29. https://journal.stieputrabangsa.ac.id/index.php/jcse/article/view/674

Parenreng, J. M., Agung, M., & Kaswar, A. B. (2021). Membangun Jiwa Kewirausahaan Dan Kemandirian Pemuda Melalui Kerajinan Limbah Ban Bekas Dan Workshop Kontent Digital. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 25-33. https://doi.org/10.46576/rjpkm.v2i1.908

Perdana, A., & Lestari, Y. D. (2020). Pelatihan Pemanfaatan Teknologi Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Ukm Di Desa Bukit Lawang Kecamatan Bahorok Sumatera Utara. Jurnal TUNAS, 1(2), 56-61. http://dx.doi.org/10.30645/jtunas.v1i2.14.g14

Pramusita, A., & Sarinastiti, E. N. (2018). Aspek sosial ekonomi masyarakat lokal dalam pengelolaan Desa Wisata Pantai Trisik, Kulonprogo. Jurnal Pariwisata Terapan, 2(1), 14-25. https://doi.org/10.22146/jpt.35378

Putra, I. N. T. A., Kartini, K. S., & Dewi, L. G. K. (2019). Sentuhan Digital Bisnis (Teknologi Informasi) pada UMKM Studi Kasus: Pemasaran Produk Adi Upakara. International Journal of Natural Science and Engineering, 3(2), 79-84. https://doi.org/10.23887/ijnse.v3i2.22225

Setiyaningrum, I. F., Walyoto, S., Suryati, S., & Rizqiana, Z. D. (2021). SOSIALISASI DIGITAL MARKETING BAGI PELAKU UMKM PRODUK PERTANIAN DI DESA PURWOREJO, SRAGEN. Transformatif: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 215-224. https://doi.org/10.22515/tranformatif.v2i2.3909

Sulaksono, J. (2020). Peranan digital marketing bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (umkm) desa tales kabupaten kediri. Generation Journal, 4(1), 41-47. https://doi.org/10.29407/gj.v4i1.13906




DOI: https://doi.org/10.46576/rjpkm.v4i1.2498

Article Metrics

Abstract view : 259 times
PDF – 128 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Handrio Adhi Pradana, Bagus Panuntun, Dwipraptono Agus Harjito

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat telah terindex pada

   JournalStories Main logo  

MEMBER OF

RJI Main logo 

  Crossref Sponsoring Member Badge 

JOURNAL CITATION

  


RESWARA : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT published by :

LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jpm_reswara@dharmawangsa.ac.id

 

Creative Commons License
Reswara : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/reswara/index.