PENINGKATAN DAYA SAING USAHA KELOMPOK PENGRAJIN PURUN DESA CINTA AIR PERBAUNGAN

Dedy Husrizal Syah, Mukti Hamjah Harahap, Gaffar Hafiz Sagala, Deo Demonta Panggabean, Aried Sumekar

Abstract


Mitra Usaha UMKM Madani merupakan suatu kelompok pengrajin purun yang berlokasi di Dusun I, Desa Cinta Air, Kecamatan Perbaungan, Kabupaten Serdang Bedagai, Propinsi Sumatera Utara. Permasalahan yang ditemukan pada mitra yaitu proses produksi usaha yang masih tradisional dan manual dengan cara meletakkan purun ditengah jalan agar dipipih oleh ban kendaraan yang melintas di jalan. Cara ini sangat beresiko bagi keselamatan mereka, kualitas purun yang dihasilkan sangat buruk dan harus menunggu cuaca yang cerah. Pengelolaan pembukuan keuangan dan manajemen usaha yang belum tercatat sehingga tidak dapat mengetahui berapa modal, pendapatan dan keuntungan yang berdampak pada kesulitan dalam pengembangan usaha juga menjadi salah satu permasalahan mitra. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian dilakukan dengan pelatihan, pendampingan dan praktikum dengan memberikan mitra alat TTG mesin pemipih purun. Kegiatan pengabdian ini menghasilkan tersedianya alat TTG mesin pemipih purun yang mampu meningkatkan produktivitas usaha mitra dalam proses persiapan bahan baku yang dapat dilakukan kapan saja karena mesinnya dapat dengan mudah dipindahkan serta menghasilkan kualitas purun yang lebih baik tanpa pecah yang sembarangan dan lebih lentur. Hasil lainnya yaitu dalam bentuk peningkatan wawasan dan pengetahuan mitra setelah diberikan pelatihan dan pendampigan dalam mengelola pembukuan keuangan dan manajemen usahanya sehingga laporan keuangan dan manajemen usaha mitra tersusun dengan rapi dan lengkap

Keywords


TTG; Pelatihan; Pendampingan; Purun

Full Text:

PDF

References


Alinsari, N. (2020). Peningkatan literasi keuangan pada umkm melalui pelatihan dan pendampingan pembukuan sederhana. Magistrorum et Scholarium: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 256–268.

Astuti, M., & Matondang, N. (2020). Manajemen Pemasaran: UMKM Dan Digital Sosial Media. Deepublish.

Aziz, N. A. (2015). Role of Focus Group Discussion (FGD) in e-Business Research. OALib, 02(01), 1–6. https://doi.org/10.4236/oalib.1101281

Badan Pusat Statistik, S. B. (2018). Kabupaten Serdang Bedagai dalam Angka 2018. In BPS Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara.

Bismala, L. (2016). Analisis SWOT Pada Implementasi Manajemen Produksi UMKM Di Sumatera Utara. Jurnal Seminar Nasional Dan Call for Paper Dies Natalis FEB USU, 13(c), 1–10.

Imron, M., Krisbiantoro, D., & Arsi, P. (2021). Peningkatan Kompetensi Bagi Siswa Melalui Pelatihan dan Pendampingan Jaringan Komputer Pada Sekolah Menengah Kejuruan Ma’arif NU 1 Karanglewas Purwokerto. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(3), 545–551.

Irianto, A., & Primasari, C. H. (2021). Pemberdayaan Organisasi Nirlaba dalam Memanfaatkan Website Sebagai Media Sosial dan Promosi Potensi Ekonomi Desa. MATAPPA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2).

Manu, G., & Tantrisna, E. (2020). Perancangan Aplikasi Monitoring Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Internal Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI), 3(2), 48–55.

Pangaribuan, W., & Silaban, R. (2017). Upaya peningkatan pendapatan wanita pengrajin purun (Eleocharis dulcis) di Kecamatan Perbaungan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 23(2), 309–314.

Prasetyo, A., Andayani, E., & Sofyan, M. (2020). Pembinaan Pelatihan Pembukuan Laporan Keuangan Terhadap Wajib Pajak UMKM Di Jakarta. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Sosial, 1(1), 34–39




DOI: https://doi.org/10.46576/rjpkm.v4i1.2319

Article Metrics

Abstract view : 77 times
PDF – 73 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Dedy Husrizal Syah, Mukti Hamjah Harahap, Gaffar Hafiz Sagala, Deo Demonta Panggabean, Aried Sumekar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat telah terindex pada

   JournalStories Main logo  

MEMBER OF

RJI Main logo 

  Crossref Sponsoring Member Badge 

JOURNAL CITATION

  


RESWARA : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT published by :

LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jpm_reswara@dharmawangsa.ac.id

 

Creative Commons License
Reswara : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/reswara/index.