LITERASI DIGITALISASI BISNIS BAGI UMKM DI KELURAHAN CIJOHO KECAMATAN KUNINGAN JAWA BARAT

Rina Masruroh, Yasir Maulana, Wachjuni Wachjuni, Iskandar Iskandar

Abstract


Digitalisasi UMKM saat ini menjadi aspek yang sangat penting, seiring dengan perkembangan zaman dan perubahan gayar hidup, dan perubahan metode transaksi jual beli menuntut UMKM untuk dapat menerapkan konsep digital dalam bisnisnya. Kelurahan Cijoho Kabupaten Kuningan adalah kelurahan di pusat Kabupaten Kuningan, dengan banyak potensi UMKM dengan jumlah pelanggan tetap tetapi mayoritas masih menggunakan metode bisnis konvensional. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah transfer pengetahuan, diskusi, Tanya jawab serta praktek langsung menggunakan aplikasi digital bisnis. Adapun pendekatan digitalisasi bisnis yang digunakan adalah marketing digital dengan memanfaatkan market place dan layanan online melalui aplikasi atau website. Hasil dari kegiatan ini peserta dapat memahami manfaat dan cara menggunakan aplikasi digital seperti market place dan layanan online dalam kegiatan bisnisnya

Keywords


UMKM, Digitalisasi Bisnis, Marketing Digital

Full Text:

PDF

References


Arianto, B. (2020). Pengembangan UMKM Digital di Masa Pandemi Covid-19. ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal), 6(2), 233–247. https://doi.org/https://doi.org/10.38204/atrabis.v6i2.512

Chaffey, D. (2002). E-Business and E-Commerce Management Strategy Implementation and Practice. Prentice Hall.

Chaffey, D., & Ellis-Chadwick, F. (2012). Digital Marketing: Strategy, Implementation and Practice. Pearson Education.

Darwanto. (2013). PENINGKATAN DAYA SAING UMKM BERBASIS INOVASI DAN KREATIVITAS (STRATEGI PENGUATAN PROPERTY RIGHT TERHADAP INOVASI DAN KREATIVITAS). Jurnal Bisnis Dan Ekonomi, 20(2), 142 – 149. https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/fe3/article/view/3159

Jemadu, L., & Prastya, D. (2022). Jumlah Pengguna Media Sosial Indonesia Capai 191,4 Juta per 2022. Suara.Com.

Pangestika, N. (2018). Studi Aplikatif Peningkatan Penjualan Menu Kategori Puzzle dan Plowhorse Melalui Suggestive Selling. Universitas Pendidikan Indonesia.

Purnomo, F. (2019). Program Ladit (Lapak Digital) : Optimalisasi Media Digital sebagai Wadah dalam Pengembangan Umkm di Madura. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 6(2), 89–95. https://doi.org/10.21107/jsmb.v6i2.6687

Ryan, D., & Jones, C. (2009). Understanding digital marketing: marketing strategies for engaging the digital generation. Kogan Page.

Sanjaya, R., & Tarigan, J. (2009). Creative digital marketing : Teknologi berbiaya murah, inovatif, dan berdaya hasil gemilang. Elex Media Komputindo.

Sarfiah, S., Atmaja, H., & Verawati, D. (2019). UMKM Sebagai Pilar Membangun Ekonomi Bangsa. Jurnal REP (Riset Ekonomi Pembangunan), 4(2), 1–189. https://doi.org/10.31002/rep.v4i2.1952




DOI: https://doi.org/10.46576/rjpkm.v4i1.1591

Article Metrics

Abstract view : 285 times
PDF – 151 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Rina Masruroh, Yasir Maulana, Wachjuni, Iskandar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat telah terindex pada

   JournalStories Main logo  

MEMBER OF

RJI Main logo 

  Crossref Sponsoring Member Badge 

JOURNAL CITATION

  


RESWARA : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT published by :

LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jpm_reswara@dharmawangsa.ac.id

 

Creative Commons License
Reswara : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/reswara/index.