MENDESAIN POSTER MOTIVASI SEBAGAI MEDIA EDUKASI ANAK-ANAK PEMULUNG DAN DHUAFA DI SEKOLAH KAMI, BEKASI BARAT
Abstract
Sekolah Kami merupakan sekolah informal yang didirikan secara swadaya untuk membantu memberikan pendidikan kepada anak-anak pemulung dan kaum dhuafa di wilayah Bekasi Barat. Sekolah Kami menyediakan pendidikan gratis setara SD, SMP, dan SMA, sebelum mereka disalurkan ke sekolah-sekolah kejuruan. Berdasarkan hasil observasi dan diskusi dengan pihak Sekolah Kami, diketahui bahwa para peserta didik sering kali kurang memiliki motivasi belajar. Rendahnya motivasi ini terutama  dipengaruhi oleh faktor lingkungan keluarga karena mereka harus membantu orang tua bekerja. Akibatnya mereka sulit membagi waktu dan kurang bersemangat belajar. Pembahasan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan Desain Komunikasi Visual, yaitu memberikan solusi berupa mendesain poster motivasi sebagai media edukasi untuk menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter kepada anak-anak pemulung dan dhuafa tersebut. Penyampaian pesan melalui poster berisi motivasi  tentang kedisiplinan, rasa percaya diri, komitmen, dan berpikir positif. Saat ini, area Sekolah Kami masih memiliki keterbatasan dalam penyediaan poster edukasi yang ditempel di dinding ruang kelas maupun di area sekolah. Perancangan poster motivasi ini diharapkan dapat menjadi media komunikasi yang menarik perhatian peserta didik, sekaligus sebagai indoktrinasi pesan secara tidak langsung setiap kali mereka datang ke sekolah.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ali, M. (2009). Pendidikan Untuk Pembangunan Nasional Menuju Bangsa Indonesia yang Mandiri dan Berdaya Saing Tinggi. Imperial Bhakti Utama.
Andinny, Y. (2015). Pengaruh Konsep Diri dan Berpikir Positif terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(2). https://doi.org/10.30998/formatif.v3i2.119
Atiko. (2019). Booklet, Brosur, dan Poster Sebagai Karya Inovatif di Kelas. Caremedia Communications.
Danesi, M. (2010). Pengantar Memahami SEMIOTIKA MEDIA. Jalasutra.
Farhan, A. (2015). Al-Quran Dan Keberpihakan Kepada Kaum Dhuafa. Jurnal Imiyah Syi’ar, 15(2), 1–16. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29300/syr.v15i2.1377
Madani, M., & Risfaisal, R. (2017). Perilaku Sosial Anak Putus Sekolah. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 4(2), 184–193. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v4i2.500
Nopianti, E, P., & Syahrudin, H. (2015). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Keluarga Terhadap Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Akuntansi Di Sma. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(12), 1–10. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/12990
Nugraha, A., & Imaddudin, A. (2019). Experiential Based Counseling Untuk Meningkatan Komitmen Belajar Siswa Sekolah Menengah Atas Di Wilayah Kecamatan Indihiang Kota Tasikmalaya. Journal of Innovative Counseling : Theory, Practice & Research, 3(1), 36–42. https://journal.umtas.ac.id/index.php/innovative_counseling/article/view/384/238
Nuria, R. (2019). Perilaku Hidup Sehat untuk Taman Kanak-kanak. Edu Publisher.
Perdana, F. J. (2019). PENTINGNYA KEPERCAYAAN DIRI DAN MOTIVASI SOSIAL DALAM KEAKTIFAN MENGIKUTI PROSES KEGIATAN BELAJAR. Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 8(2). https://doi.org/10.24235/edueksos.v8i2.5342
Rachmahana, R. S. (2008). Psikologi Humanistik dan Aplikasinya dalam Pendidikan. El-Tarbawi, 1(1), 99–114. https://doi.org/10.20885/tarbawi.vol1.iss1.art8
Setyorini, D. (2014). Pengaruh Ekonomi Keluarga Terhadap Motivasi Belajar Anak Di Dusun Girimulyo, Kec. Jenawi, Kab. Karanganyar [Universitas Muhammadiyah Surakarta]. http://eprints.ums.ac.id/30899/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
Susanti, L. (2019). Strategi Pembelajaran Berbasis Motivasi, Menyajikan Pentingnya Motivasi Dalam Pembelajaran. Kompas Gramedia.
Sutardji. (2009). KARAKTERISTIK DEMOGRAFI DAN SOSIAL EKONOMI PEMULUNG Sutardji Jurusan Geografi FIS - UNNES Abstrak. Jurnal Geografi, 6(2), 121–132. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JG/article/view/98/99
Wahyuningsih, S. (2013). Desain Komunikasi Visual. Bangkalan, UTM Press.
Windiarto, T., Yusuf, A. H., Santoso, A. D., Nugroho, S., Latifah, S., Solih, R., Hermawati, F., Purbasari, L. A., & Rahmawatiningsih, A. (2018). Profil Anak Indonesia Tahun 2018. Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA. https://www.kemenpppa.go.id/lib/uploads/list/74d38-buku-pai-2018.pdf
Wulandari, R. (2017). Poster Sebagai Media Pendidikan Karakter. SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN FIP UM 2017, 375–380. http://ap.fip.um.ac.id/wp-content/uploads/2017/12/Rita-Wulandari.pdf
DOI: https://doi.org/10.46576/rjpkm.v2i2.1199
Article Metrics
Abstract view : 787 timesPDF – 1469 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Winny Gunarti Widya Wardani, Rina Wahyu Winarni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat telah terindex pada
RESWARA : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT published by :
LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 MedanKontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jpm_reswara@dharmawangsa.ac.id
Reswara : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/reswara/index.