PELATIHAN DARING BAHASA JEPANG PERHOTELAN KARYAWAN HOTEL DI BALI

Ni Wayan Meidariani, Anak Agung Ayu Dian Andriyani, Ida Ayu Putri Gita Ardiantari

Abstract


Pandemi covid-19 yang melanda dunia membawa dampak yang buruk terhadap perekonomian negara, salah satu negara yang mengalami dampak pademi covid-19 adalah Indonesia. Bali yang merupakan salah satu pulau di Indonesia, sebagian besar penduduknya bekerja di bidang pariwisata. Adanya wabah covid-19 ini menyebabkan kebangkrutan usaha pariwisata khususnya bidang akomodasi sehingga banyak karyawan hotel yang mengalami putus hubungan kerja. Dalam situasi yang sulit ini, peran masyarakat lainnya sangat diperlukan untuk saling membantu. Bentuk bantuan yang diperlukan masyarakat tidak hanya sebatas pengadaan sembako atau bantuan uang tunai saja. Salah satu upaya untuk membantu para karyawan hotel adalah memberikan pelatihan gratis kepada mereka tentang pengenalan budaya Jepang dan bahasa Jepang perhotelan. Tujuan pelatihan bahasa Jepang perhotelan untuk menambah kemampuan berbahasa Jepang sehingga dapat meningkatkan hospitality para pekerja hotel dalam melayani wisatawan Jepang. Pengetahuan yang diperoleh melalui pelatihan tidak akan habis dan dapat meningkatkan SDM karyawan hotel saat pariwisata dibuka. Pelatihan dilakukan secara online menggunakan media jitsi. Berdasarkan hasil evaluasi disimpulkan bahwa 80% karyawan hotel tidak mengetahui etika dalam melayani wisatawan Jepang karena mereka tidak paham tentang perbedaan budaya Jepang. Bahasa Jepang yang digunakan oleh para karyawan hotel masih menggunakan ragam santai tanpa memperhatikan kedudukan lawan bicara karena menganggap bahasa Jepang seperti bahasa Indonesia yang tidak mengenal tingkatan berbahasa


Keywords


Bahasa Jepang, Budaya, Pelatihan Daring

Full Text:

PDF

References


Aditya, N. R. (2020, April 7). Mayoritas Hotel di Bali Tutup Operasional, Sisanya mencoba bertahanâ€. Kompas.Com. https://travel.kompas.com/read/2020/04/07/200600727/mayoritas-hotel-di-bali-tutup-operasional-sisanya-mencoba-bertahan?page=all

Andriyani, A. A. A. D., Djatmika, D., Sumarlam, S., & Rahayu, E. T. (2019a). Analysis of Original Japanese ‘Uchisoto’Concept Used by Indonesian Speaker as Tourism Actors in Bali. IJELTAL (Indonesian Journal of English Language Teaching and Applied Linguistics, 3(2), 297–311. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21093/ijeltal.v3i2.196

Andriyani, A. A. A. D., Djatmika, D., Sumarlam, S., & Rahayu, E. T. (2019b). Pengaruh Lintas Budaya Tingkat Tutur Hormat Keigo melalui Media Sosial antara Driver Guide dan Wisatawan Jepang di Bali. MOZAIK, 19(1), 1–17. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.20473/mozaik.v19i1.11976

Dian Andriyani, A. A. A., & Meidariani, N. W. (2020). Pembelajaran Omotenashi Bagi Pramuwisata Travel Standard Japan. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 2(3), 7–12. https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v2i3.191

Nikkeibipisha. (2012). Utsukushii Nihongo to Tadashii Keigo ga Mi ni Tsuku Hon. Nikkei Business.

Nurita, W., & Meidariani, N. W. (2019). Japanese Language Interference by Hotel Staf in Badung Regency in Serving Japanese Travelers. International Journal of Green Tourism Research and Applications, 1(1), 1–20. https://doi.org/10.31940/ijogtra.v1i1.1627

Nurita, W., & Meidariani, N. W. (2020). Bahasa Jepang Perhotelan: Effective Japanese for Hotel Staff (Kumiko Shishido (ed.)). Nilacakra. https://www.google.co.id/books/edition/Bahasa_Jepang_Perhotelan_Effective_Japan/lpHcDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=front+office+merupakan&pg=PA25&printsec=frontcover




DOI: https://doi.org/10.46576/rjpkm.v3i1.1106

Article Metrics

Abstract view : 269 times
PDF – 353 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ni Wayan Meidariani, A. A. Ayu Dian Andriyani, Ida Ayu Putri Gita Ardiantari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat telah terindex pada

   JournalStories Main logo  

MEMBER OF

RJI Main logo 

  Crossref Sponsoring Member Badge 

JOURNAL CITATION

  


RESWARA : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT published by :

LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jpm_reswara@dharmawangsa.ac.id

 

Creative Commons License
Reswara : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/reswara/index.