PELATIHAN MENYUSUN SOAL KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN ANALISIS MENGGUNAKAN MODEL RASCH BAGI GURU IPA
Abstract
Soal kemampuan berpikir kritis yang berkualitas dibutuhkan untuk mengukur pencapaian siswa setelah mengikuti program pembelajaran yang diberikan oleh guru. Soal yang baik juga dibutuhkan agar siswa terlatih untuk menghadapi persoalan yang membutuhkan kemampuan kompleks tersebut. Pengabdian masyarakat ini dilaksanakan agar guru IPA dapat meningkatkan keterampilan menyusun soal kemampuan berpikir kritis dan menganalisisnya dengan Model RASCH. Pelatihan dilaksanakan secara tatap muka sebanyak dua pertemuan dan dikombinasikan dengan pembimbingan secara daring, dengan total 38 JP. Temuan yang diperoleh menunjukkan peningkatan pemahaman guru tentang kemampuan berpikir kritis pada kategori sedang (N-Gain 0,63), peningkatan kualitas soal tes berpikir kritis yang disusun guru, dan peningkatan keterampilan dalam analisis menggunakan Model RASCH
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Bond, T. G., & Fox, C. (2015). Applying the Rasch Model; Fundamental Measurement in the Human Sciences (3rd ed.). Routledge.
Dinni, H. N. (2018). HOTS (Higher Order Thinking Skills) dan Kaitannya dengan Literasi Matematika. PRISMA I, 1, 170–176.
Duncan Seraphin, K., Harrison, G. M., Philippoff, J., Brandon, P. R., Nguyen, T. T. T., Lawton, B. E., & Vallin, L. M. (2017). Teaching aquatic science as inquiry through professional development: Teacher characteristics and student outcomes. Journal of Research in Science Teaching, 54(9), 1219–1245. https://doi.org/10.1002/tea.21403
Ennis, R. H. (1993). Critical thinking assessment. Theory Into Practice, 32(3), 179–186. https://doi.org/10.1080/00405849309543594
Fauville, G., Säljö, R., & Dupont, S. (2013). Impact of ocean acidification on marine ecosystems: educational challenges and innovations. Marine Biology, 160(8), 1863–1874. https://doi.org/10.1007/s00227-012-1943-4
Fera, M., & Febrian. (2019). Pemanfaatan Pemodelan Rasch Dalam Asesmen Pembelajaran Bagi MGMP Matematika SMA Kabupatan Bintan. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 107–112. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30734/j-abdipamas.v3i1.346
Hindrasti, N. E. K., Asikin, N., & Khairinnisa, W. (2020). An Analysis of Critical Thinking Skills; Global Warming Learning Materials. Biosfer: Jurnal Tadris Biologi, 11(2), 121–128. https://doi.org/10.24042/biosfer.v11i2.5868
Istiyono, E., Mardapi, D., & Suparno, S. (2014). PENGEMBANGAN TES KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI FISIKA (PysTHOTS) PESERTA DIDIK SMA. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 18(1), 1–12. https://doi.org/10.21831/pep.v18i1.2120
KEMENDIKBUD. (2016). Silabus Sekolah Menengah Atas/ Madrasah Aliyah Mata Pelajaran Biologi.
Laily, N. R., & Wisudawati, A. W. (2015). Analisis Soal Tipe Higher Order Thinking Skills (HOTS) dalam Soal UN Kimia SMA Rayon B Tahun 2012/2013. Kaunia, 11(1), 27–39. https://doi.org/https://doi.org/10.14421/kaunia.1079
Lane, D., & Oswald, F. L. (2016). Do 45% of College Students Lack Critical Thinking Skills? Revisiting a Central Conclusion of Academically Adrift. Educational Measurement: Issues and Practice, 35(3), 23–25. https://doi.org/10.1111/emip.12120
O.E.C.D. (2013). PISA 2012 Assessment and Analytical Framework: Mathematics, Reading, Science, Problem Solving and Financial Literacy. OECD. https://doi.org/10.1787/a83d84cb-en
Putri, O. D., Nevrita, N., & Hindrasti, N. E. K. (2019). PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 10(1), 14. https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v10i1.2004
Reta, I. K. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 2(1), 1–16. https://doi.org/https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_ipa/article/view/403
Sabaryati, J., Isnaini, M., & Ilham, I. (2018). PELATIHAN APLIKASI PERMODELAN KOMPUTER BERBASIS RASH MODEL UNTUK ASSESMENT PENDIDIKAN BAGI GURU-GURU DI PONPES NURUL HARAMAIN PUTRA NARMADA. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 2(1), 38. https://doi.org/10.31764/jpmb.v2i1.564
Sabekti, A. W., & Khoirunnisa, F. (2018). PENGGUNAAN RASCH MODEL UNTUK MENGEMBANGKAN INSTRUMEN PENGUKURAN KEMAMPUAN BERIKIR KRITIS SISWA PADA TOPIK IKATAN KIMIA. Jurnal Zarah, 6(2), 68–75. https://doi.org/10.31629/zarah.v6i2.724
Sari, D. S., & Sugiyarto, K. H. (2015). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1(2), 153. https://doi.org/10.21831/jipi.v1i2.7501
DOI: https://doi.org/10.46576/rjpkm.v2i2.1066
Article Metrics
Abstract view : 501 timesPDF – 355 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Nur Eka Kusuma Hindrasti, Ardi Widhia Sabekti, Sarkity Dios
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat telah terindex pada
RESWARA : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT published by :
LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 MedanKontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jpm_reswara@dharmawangsa.ac.id
Reswara : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/reswara/index.