KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR FOTOGRAFI KELAS VII-2 DI SMP NEGERI 7 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2017-2018

Megawati Nababan

Abstract


Tujuan penelitian tindakan kelas (PTK) ini adalah untuk mengetahui hasil kemampuan menulis paragraf deskripsi siswa menggunakan media dengan gambar fotografi meningkat dan siswa mudah mengerti dalam pembelajaran Paragraf deskripsi. Adapun jenis penelitian yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah kuantitatif Peneliti menggunakan desain ini dimaksudkan untuk menggambarkan tingkat “kemampuan Menulis Paragraf Deskripsi dengan Menggunakan Media Gambar Fotografi Pada Siswa Kelas VII-2 SMP Negeri 7 Medan†Tahun pembelajaran 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-2 SMP Negeri 7 Medan Tahun Pembelajaran 2017-2018 sebanyak 32 siswa. Sampel yang digunakan dalam pelaksanaan penelitian ini adalah siswa Kelas VII-2 sebanyak 32 orang. Teknik pengumpulan data  yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes perbuatan dengan cara peneliti membuat tugas dalam bentuk deskripsi dalam waktu 60 menit dengan jumlah paragraf minimal 3 paragraf. Berdasarkan hasil penelitian yang terhadap kemampuan menulis paragraf deskripsi dengan menggunakan media gambar fotografi pada siswa SMP Negeri 7 Medan tahun pembelajaran 2017-2018, serta pembahasan masalah-masalah yang diperoleh, maka dapat diambil kesimpulan bahwa murid SMP Negeri 7 Medan dapat dengan baik menulis paragraf deskripsi dengan menggunakan media gambar fotografi. Hal tersebut ditunjukkan dengan nilai rata-rata kemampuan menulis paragraf deskripsi siswa mencapai 81,3. Presentase kemampuan menulis karangan deskripsi mencapai 75% (jumlah dan siswa yang berkemampuan sangat baik dengan berkemampuan baik, yakni 42,42 + 33,33 =75%). Sedangkan 27,27% adalah siswa dengan kemampuan cukup Hal ini berarti peserta didik memiliki kemampuan yang cukup dalam menulis paragraf deskripsi pada siswa SMP Negeri 7 Medan hanyalah 100%-27,27% hasilnya adalah 75% dengan kemampuan menulis 75% maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis siswa baik.

 

Kata Kunci : Media Gambar Fotografi, Menulis.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi (2014). Prosedur Penelitian, Jakarta: PT Rineka Cipta.

Djamarah Syaiful Bahri dan Aswan Zein. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta. Rineka Cipta

Fatimah, Enung (2008). Psikologi Perkembangan. Bandung: CV Pustaka Setia.

Hurlock, Elizabeth B,(2003). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Penerbit Erlangga

Margono, S, (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Muchlisin. 2006. Kematangan Emosi. https://www. Kajian pustaka kematangan.com. Diakses pada tanggal 01 Maret 2018, Jam :2 1.00 Wib

Prayitno. 2013. Dasar-Dasar Bimbingan Dan Konseling. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Ridwan, (2012). Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono (2016). Metode Penelitian. Bandung:Alfabeta

Semi, Atar (2014). Terampil Berdiskusi dan Berdebat. Bandung: Titian Ilmu.

Salahudin, Anas, (2010). Birnbingan & Konseling. Bandung: CV Pustaka Setia.

Semiun, Yustinus (2006). Kesehatan Mental , Yogyakarta: Kanisius.

Syaiful Bahri & Aswan Zain , 2006. Media Pembelajaran. https://www.metode diskusi.com. Diakses pada tanggal 05 April 2018, Jam: 16:56 Wib.

Tohirin. (2007). Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Wiramihardja, Surtadjo, (2015). Pengantar Psikologi Abnormal. Bandung PT. Refika Aditama




DOI: https://doi.org/10.46576/jsa.v3i1.929

Article Metrics

Abstract view : 157 times
PDF – 384 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 SABILARRASYAD: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kependidikan



Journal Sabilarrasyad Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pendidikan Index by:

 

Member Of :

 

Journal Sabilarrasyad Diterbitkan oleh:

FAKULTAS AGAMA ISLAM
PROGRMA STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Email   : sabilarrasyad@dharmawangsa.ac.id


 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.