Peran Guru dalam Memotivasi Siswa Menghafal Alquran Di SDIT Al-Ikhlas Konggo
Abstract
Abstrak
Peran merupakan tindakan yang diharapkan dari seseorang dalam tindakannya melibatkan orang lain. Demikian halnya dengan guru-guru yang ada di SDIT Al-Ikhlas Konggo yang memiliki peran dalam mendidik dan memotivasi siswa dalam menghafal al quran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskripsi induktif. Analisis dilakukan dengan mengumpulkan semua hasil wawancara dan menafsirkannya dengan mengemukakan hasil wawancara yang diperoleh dari informan yang datanya masih bersifat khusus menjadi umum, kemudian ditarik kesimpulan. Berdasarkan data-data yang diperoleh dari hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa peran guru dalam memberikan motivasi kepada siswa yang menghafal al quran di SDIT Al-Ikhlas Konggo ialah berperan sebagai perancang, penggerak, motivator, penasehat, pemberi impian yang besar, pengembang kemampuan belajar siswa, dan mampu merubah cara pandang yang benar terhadap sekolah. Selain itu, faktor penghambat siswa dalam menghafal ialah semangat dan keinginan yang melemah, waktu bermain yang panjang sehingga menyebabkan siswa sepele akan tugasnya untuk menghafal, menghafal al quran karena paksaan dari orang lain, dan mudah putus asa.
Â
Kata kunci: Peran guru, Motivasi, AlquranFull Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.46576/jsa.v3i1.470
Article Metrics
Abstract view : 651 timesPDF (Bahasa Indonesia) – 877 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Sabilarrasyad
Journal Sabilarrasyad Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pendidikan Index by:
Member Of :
Journal Sabilarrasyad Diterbitkan oleh:
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Email : sabilarrasyad@dharmawangsa.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.