Peran Guru dalam Memotivasi Siswa Menghafal Alquran Di SDIT Al-Ikhlas Konggo

Fitriani Mardiah Ritonga, Lahmuddin Lubis

Abstract


Abstrak

Peran merupakan tindakan yang diharapkan dari seseorang dalam tindakannya melibatkan orang lain. Demikian halnya dengan guru-guru yang ada di SDIT Al-Ikhlas Konggo yang memiliki peran dalam mendidik dan memotivasi siswa dalam menghafal al quran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskripsi induktif. Analisis dilakukan dengan mengumpulkan semua hasil wawancara dan menafsirkannya dengan mengemukakan hasil wawancara yang diperoleh dari informan yang datanya masih bersifat khusus menjadi umum, kemudian ditarik kesimpulan. Berdasarkan data-data yang diperoleh dari hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa peran guru dalam memberikan motivasi kepada siswa yang menghafal al quran di SDIT Al-Ikhlas Konggo ialah berperan sebagai perancang, penggerak, motivator, penasehat, pemberi impian yang besar, pengembang kemampuan belajar siswa, dan mampu merubah cara pandang yang benar terhadap sekolah. Selain itu, faktor penghambat siswa dalam menghafal ialah semangat dan keinginan yang melemah, waktu bermain yang panjang sehingga menyebabkan siswa sepele akan tugasnya untuk menghafal, menghafal al quran karena paksaan dari orang lain, dan mudah putus asa.

 

Kata kunci: Peran guru, Motivasi, Alquran



DOI: https://doi.org/10.46576/jsa.v3i1.470

Article Metrics

Abstract view : 651 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 877 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Sabilarrasyad



Journal Sabilarrasyad Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pendidikan Index by:

 

Member Of :

 

Journal Sabilarrasyad Diterbitkan oleh:

FAKULTAS AGAMA ISLAM
PROGRMA STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Email   : sabilarrasyad@dharmawangsa.ac.id


 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.