Panduan Penulis

PEDOMAN PENULISAN JURNAL RESWARA: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

Reswara: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat menerbitkan artikel hasil kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat.

Artikel merupakan laporan terstruktur yang merepresentasikan kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat, yang sekurang-kurangnya terdiri dari Judul, Abstrak, Pendahuluan, Metode Pelaksanaan, Hasil dan Pembahasan, Kesimpulan, dan Pustaka. Petunjuk rinci untuk menyiapkan artikel dapat ditemukan di Template Artikel.

Sebelum Anda mengirimkan artikel, Anda harus:

  1. Baca etika publikasi; Memahami proses penelaahan sejawat; dan Baca Biaya Pemrosesan Artikel

  2. Kirim naskah sesuai templete yang baik dan benar (silakan unduh Template Reswara);

  3. Masukan semua data/metadata penulis (co-author) saat mengirim naskah melalui OJS;

  4. Gunakan referensi terbaru sebaiknya berasal dari jurnal ilmiah dalam 10 tahun terakhir (2013-2023) dan setidaknya gunakan 15 referensi

  5. Kami sangat menyarankan untuk menggunakan Aplikasi Mendeley dengan style American Psychological Association (APA) 7th.

  6. Skor maksimum untuk cek similarity adalah 20%.

  7. Editor akan langsung menolak/decline jika naskah yang dikirimkan tidak sesuai dengan 6 kriteria ini

Note : Ukuran file MS Word harus kurang dari 2 MB. Jika lebih maka tidak bisa terupload ke sistem OJS

 


 

SISTEMATIKA PENULISAN JUDUL, NAMA PENULIS, ALAMAT INSTITUSI, ABSTRAK DAN ABSTRACT:

  1. Judul Artikel, Nama Penulis, Alamat Institusi, Abstrak dan Abstract ditulis dalam satu halaman. Teks menggunakan jarak baris 1,0 spasi. Layout menggunakan ukuran kertas A-4, satu kolom, masing-masing margin kiri dan kanan 2,01 cm, margin atas 2,49 cm, dan bawah 3 cm.

  2. Judul artikel ditulis dengan tipe huruf Century Gothic ukuran 16, dicetak tebal dan tegak, maksimum 15 kata, huruf kapital, dan hindari penggunaan singkatan. Judul artikel harus mencerminkan isi kegiatan dan nama lokasi pengabdian tidak perlu dicantumkan secara rinci.

  3. Nama penulis ditulis dengan tipe huruf Century Gothic dengan ukuran 10 cetak tebal dan tegak. Alamat institusi dan penulis korespondensi (correspondence author) ditulis dengan tipe huruf yang sama dengan ukuran 9 cetak normal dan diberi tanda bintang di atasnya. Nama-nama penulis dituliskan tepat di bawah judul, disertai dengan nama institusi penulis (Program Studi/Fakultas, Perguruan Tinggi). Penulis korespondensi (correspondence author) ditulis dibawah article history dengan ditulis nama dan alamat email penulisnya.

  4. Abstrak/Abstract dan kata-kata kunci (keywords) ditulis dengan tipe huruf menggunakan Century Gothic ukuran 8. Abstrak Bahasa Indonesia disusun dalam format satu paragraf, dicetak tegak, perataan teks menggunakan rata kiri dan kanan, dan memuat tidak lebih dari 300 kata. Abstract Bahasa Inggris disusun dalam format satu paragraf, dicetak miring, perataan teks menggunakan rata kiri dan kanan, dan memuat tidak lebih dari 300 kata


JUDUL DIBUAT RINGKAS MAKSIMUM 15 KATA DENGAN MENONJOLKAN KATA KUNCI KEGIATAN PENGABDIAN, HURUF KAPITAL, HINDARI ADANYA SINGKATAN

Penulis Satu1), Penulis Dua1), Penulis Tiga2), Penulis Terakhir2)*

1) Nama institusi dari penulis satu dan dua
2) Nama institusi dari penulis tiga dan terakhir

*Corresponding author
Nama penulis
Email: penulis_terakhir@univ.ac.id

 

ABSTRAK

Isi abstraksi, antara 150-300 kata, cukup satu paragraf.  Abstrak meliputi latar belakang atau pentingnya topik pengabdian masyarakat, tujuan pengabdian, mitra pengabdian, metode pengabdian dan hasil pengabdian. 

Kata Kunci : ketikkan 3-5 kata kunci di sini, pisahkan dengan titik koma di antaranya

Abstract

The content of the abstraction, between 150-300 words, is enough for one paragraph.  The abstract includes the background or importance of the community service topic, community service objectives, community service partners, community service methods and community service results.

Keywords : ketikkan 3-5 kata kunci di sini, pisahkan dengan titik koma di antaranya

 



SISTEMATIKA PENULISAN PENDAHULUAN SAMPAI DENGAN PUSTAKA:

Pendahuluan

Pendahuluan diawali dengan gambaran umum masyarakat sasaran dan analisis situasi mitra pengabdian secara utuh. Kemudian, akan lebih baik jika dilengkapi dengan kajian literatur terdahulu (apa yang sudah dilakukan oleh orang lain untuk mengatasi permasalahan yang sama, sitasi dituliskan dalam format American Psychological Association). Selanjutnya, tuliskan gagasan/penyelesaian masalah yang diusulkan dalam pengabdian ini dan ditutup dengan maksud dan tujuan kegiatan pengabdian. (ditulis dengan font Century Gothic Size 9 dan Spasi 1.15).

Metode Pelaksanaan

Tuliskan metode pelaksanaan pengabdian untuk memecahkan masalah mitra, waktu pelaksanaan kegiatan, rangkaian program kegiatan, dan lokasi kegiatan. Hasil pengabdian harus dapat diukur dan penulis diminta menjelaskan alat ukur yang dipakai, baik secara deskriptif maupun kualitatif. Jelaskan cara mengukur tingkat ketercapaian keberhasilan kegiatan pengabdian. Tingkat ketercapaian dapat dilihat dari sisi perubahan sikap, sosial budaya, dan ekonomi masyarakat sasaran (ditulis dengan font Century Gothic Size 9 dan Spasi 1.15).

Hasil dan Pembahasan

Hasil dan pembahasan berisi hasil-hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat dan pembahasannya. Tuliskan rangkaian kegiatan secara detail dan hasil-hasil yang diperoleh selama kegiatan (dampak manfaat) yang telah dilakukan dan harus ditunjang dengan foto-foto kegiatan atau data-data yang memadai. Hasil-hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat dan temuan harus bisa menjawab permasalahan mitra yang telah ditulis di bagian pendahuluan. Bagian hasil juga dapat dibagi ke dalam beberapa sub judul.

Gambar/foto atau ilustrasi harus dibuat dalam resolusi yang cukup dan dapat terbaca dengan jelas. Keterangan/judul gambar diletakkan di bawah gambar dengan huruf Century Gothic size 9. Keterangan gambar hendaknya memuat informasi secara mandiri terkait dengan arti gambarnya sehinnga gambar tidak berdiri sendiri dalam artikel. Tabel dibuat dengan format standar (tanpa garis menyilang dan membujur di tengah-tengah). Keterangan/judul tabel diletakkan di atas tabel.

Kesimpulan

Kesimpulan menggambarkan jawaban dari permasalahan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Kesimpulan bukan berisi perulangan dari hasil dan pembahasan, tetapi lebih kepada ringkasan hasil dan dampak kegiatan seperti yang diharapkan di bagian tujuan pengabdian. Pada kesimpulan juga harus menyajikan implikasi dari kegiatan pengabdian bagi masyarakat sasaran. Pada bagian ini juga bisa ditambahkan saran atau keterbatasan kegiatan.

Ucapan Terima Kasih

Cantumkan ucapan terima kasih bagi yang berkontribusi dan mendukung kegiatan pengabdian yang Anda lakukan

Pustaka 

Penulisan Daftar Pustaka sebaiknya menggunakan aplikasi manajemen referensi Mendeley. Format penulisan yang digunakan adalah sesuai dengan format 7th APA (American Psychological Association). Hanya referensi yang disitasi dalam teks artikel saja yang dimasukkan dalam Daftar Pustaka.

Contoh:

Astini, N. K. S. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Tingkat SD di Masa Pandemi. Jurnal Lampuhyang (Lembaga Penjaminan Mutu Stkip Agama Hindu Amlapura), 11(2), 13–25.

Haqien, D., & Rahman, A. A. (2020). Pemanfaatan Zoom Meeting untuk Proses Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 5(1), 51–56. https://doi.org/10.30998/sap.v5i1.6511