PKM PENINGKATAN KEMAMPUAN MERIAS DAN MANAJEMEN USAHA WO WIWIK PENGANTIN

Lily Karlina Nasution, Ika Sari Dewi, Mayang Murni, Mochammad Iswan Peranginangin

Abstract


WO Wiwik Pengantin merupakan usaha yang bergerak di bidang jasa perencanaan pernikahan yang menawarkan jasa tata rias, busana, aksesoris, dekorasi, catering, video dan foto pernikahan. Dalam menjalankan usahanya banyak kendala dan permasalahan yang mengikutinya diantaranya kurangnya kemampuan merias pengantin yang sesuai dengan perkembangan zaman, penggunaan bauran pemasaran yang masih menggunakan cara tradisional (word of mouth marketing), kurangnya variasi produk dan jasa yang ditawarkan, serta pengelolahan manajemen keuangan yang masih sederhana. Metode kegiatan pengabdian ini dilaksanakan dalam beberapa tahap yakni ; (1) pelatihan kemampuan merias (2) pelatihan manajemen keuangan (3) pelatihan penggunaan website sebagai media promosi, (4) pemberian alat dan bahan sebagai stimulant, dan (5) pendampingan dalam setiap prosesnya. Pelatihan dan pendampingan memberikan dampak positif kepada usaha jasa rias pengantin mbak wiwik diantaranya meningkatnya kemampuan dan keterampilan merias, meningkatnya pemahaman dan pengetahuan penentuan harga jual yang tepat, dapat memperluas jaringan pemasaran dengan penggunaan website, meningkatnya kualitas dan kuantitas produk serta jasa


Keywords


wedding organizer, kemampuan merias, manajemen usaha

Full Text:

PDF

References


Efnita, T. (2017). Pengaruh Variasi Produk, Kualitas Pelayanan, Harga Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Wedding Organizer. AdBispreneur, 2(2), 107–115. https://doi.org/10.24198/adbispreneur.v2i2.13162

Fatmawati, Khan, M. ., Azizah, M., Windarto, & Ullah, S. (2019). A fractional model for the dynamics of competition between commercial and rural banks in Indonesia. Chaos, Solitons and Fractals, 122, 32–46. https://doi.org/10.1016/j.chaos.2019.02.009

Hermawan, H., & Damai, D. C. (2012). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) KOTA MADIUN. Ekomaks, 1(2), 29–38. http://www.unmermadiun.ac.id/repository_jurnal_penelitian/Jurnal Ekomaks/Jurnal Ekomaks 2012/September/03 Hery Hermawan hal 29-38.pdf

Hidayah, N., & Maspiyah. (2014). PENERAPAN FUNGSI MANAJEMEN PADA DIVISI RIAS UNTUK PELAYANAN JASA PENGANTIN DI ADJI WEDDING GALLERY. Jurnal Tata Rias, 03(1), 8–16.

Kotler, P., & Lee, N. R. (2008). Social Marketing: Influencing Behaviors for Good (3rd ed.). Sage Publications.

Kurniawan, & Luthfi. (2015). Proses City Branding Yogyakarta (Studi Kualitatif Pada Merek “Jogja Istimewaâ€). Jurnal Ilmiah Universitas Bakrie, 3(3).

Maharani, S., Sukowati, F., & Ulfiana, E. (2017). Pengaruh Kombinasi Pijat Bayi Dengan Musik Klasik Mozart Terhadap Berat Badan Dan Kualitas Tidur Bayi Usia 3-6 Bulan. Jurnal Kebidanan, 6(13), 57–63. https://doi.org/10.31983/jkb.v6i13.2869

Mahendra, A. (2020). PELAKSANAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH MASA PANDEMI COVID-19 : STUDI KASUS DI RA NURUL HUDA 01 SUMBEREJO KECAMATAN PABELAN TAHUN 2020 (p. 148). Institut Agama Islam Negeri Salatiga. http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/9816/1/skripsi

Mubarok, A. H. (2019). Strategi Nusantara Ojek (NUJEK) dalam bisnis berbasis Financial Technology (p. 76). Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Rizky. (2015). Sentuhan Riasan Irwan Riady. http://thebridedept.com/personal-touch-of-irwan-riady/

Widiawati, D., & RS, T. Y. (2019). Effect Of Budget Participation On Managerial Performance Mediated By Job Satisfaction And Organizational Commitment. Journal of Business Studies, 04(1), 54–66.

Wikusdiyanti, S., Hendro P, T., Sabrina, P. N., & Abdullah, S. (2019). Perancangan E-Commerce Wedding Organizer di Fairuz Islamic Wedding. Prosiding Seminar Nasional “Peranan Civitas Akademika Dalam Revolusi Industri 4.0,†5–9.




DOI: https://doi.org/10.46576/rjpkm.v2i1.940

Article Metrics

Abstract view : 452 times
PDF – 400 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Lily Karlina Nst, Ika Sari Dewi, Mayang Murni, Moch. Iswan Peranginangin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat telah terindex pada

   JournalStories Main logo  

MEMBER OF

RJI Main logo 

  Crossref Sponsoring Member Badge 

JOURNAL CITATION

  


RESWARA : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT published by :

LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jpm_reswara@dharmawangsa.ac.id

 

Creative Commons License
Reswara : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/reswara/index.