MENJAGA LOYALITAS PELANGGAN DENGAN STRATEGI CRM PADA PT. DESALITE, PAMULANG

Ardijan Handijono, Rudy Irawan Gunarto, Samsul Marpitasa

Abstract


Air adalah salah satu kebutuhan pokok makhluk hidup. PT. Desalite-Pamulang hadir untuk menyediakan air minum isi ulang yang berkualitas dengan harga terjangkau, namun ada lebih dari 20 perusahaan air lain di Tangerang Selatan. Jumlah pelanggan yang tidak bertambah bahkan cenderung turun adalah suatu indikasi jika perusahaan harus mengambil suatu tindakan. maka dibutuhkan strategi untuk unggul dalam persaingan dan tetap menjaga loyalitas pelanggan. Strategi yang paling tepat untuk menjaga loyalitas pelanggan, adalah strategi bisnis CRM (Customer Relationship Management), CRM adalah strategi bisnis untuk mempertahankan dan meningkatkan kualitas hubungan dengan pelanggan yang menguntungkan. Untuk mempertahankan loyalitas pelanggan akan digunakan beberapa Customer Loyality Program. mengimplementasikan CRM tidak harus menggunakan aplikasi CRM yang tersedia di pasar, karena harganya sangat mahal dan tidak mungkin terjangkau oleh perusahaan UMKM. Strategi CRM yang akan dikembangkan disini adalah memanfaatkan perangkat berbasis Clouds yang tidak berbayar, dan menggunakan aplikasi open source yang gratis. Presentasi, Diskusi, dan Tanya-Jawab adalah metode penyampaian gagasan yang kami berikan ke partner. Beberapa program untuk menjaga loyalitas pelanggan, memaksimalkan bisnis dengan pelanggan yang sudah ada adalah tujuan utama pada strategi CRM yang akan disampaikan ke partner. Kami juga akan memandu dan mendampingi cara menggunakan teknologi dengan biaya murah atau tak berbayar dalam mengimplentasikan Strategi CRM ini.


Keywords


Loyalitas Pelanggan, CRM (Customer Relationship Management), Customer Loyality Program

Full Text:

PDF

References


Andromega, E., Arifin, R., & Hufron, M. (2019). Pengaruh Service Quality, Price, dan Service Recovery Terhadap Customer Loyality dengan Customer Satisfaction Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus pada Pelanggan Kereta Api Gajayana di Stasiun Kota Baru Malang. Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 8(07).

Buttle, F. A., & Maklan, S. (2019). Customer relationship management: concepts and technologies (4th ed.). Routledge.

Gaspersz, V. (2011). Total Quality Management for Learn Six Sigma Master Black Belt. Vinchristo Publication.

Greenberg, P., & Stewart, R. (2004). CRM at the speed of light: essential customer strategies for the 21st century. McGraw-Hill Osborne Media.

Kotler, P., Veronica, W., Saunders, J., & Armstrong, G. (2005). Principles of marketing (Fourth Eur). Pearson Education Limited.

Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif (Revisi). Rosda.

Neussner, W., Kryvinska, N., & Markl, E. (2020). Bonus Programs for CRM in Retail Business.

Prasojo, T. B. (2019). Mobile Water Treatment. Jurnal Litbang POLRI, 22(3), 395–412. https://puslitbang-polri.e-journal.id/LitbangPOLRI/article/view/8

Ramadonna, Y., Nasf, N., & Aziz, Z. (2019). The Effect Of Customer Relationship Management And Customer Value On Customer Satisfaction Of Services And Its Impact On Customer Loyaltyin Pt. Jurnal Menara Ekonomi: Penelitian Dan Kajian Ilmiah Bidang Ekonomi, 5(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31869/me.v5i1.1277

Rashid, N., Hamid, A. K. A., Said, N., & Musa, H. (2020). An investigation of the relationship between Service Quality and Customer Satisfaction in Melaka Bookstore. International Journal of Human and Technology Interaction, 4(1), 71–80.

Sule, E. T., & Saefullah, K. (2005). Pengantar Manajemen (1st ed.). Kencana Prenada Media Group.

Wirtz, J. (2017). Managing Customer Relationships and Building. WS Professional




DOI: https://doi.org/10.46576/rjpkm.v2i1.912

Article Metrics

Abstract view : 968 times
PDF – 1361 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Ardijan Handijono, Rudy Irawan Gunarto, Samsul Marpitasa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat telah terindex pada

   JournalStories Main logo  

MEMBER OF

RJI Main logo 

  Crossref Sponsoring Member Badge 

JOURNAL CITATION

  


RESWARA : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT published by :

LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jpm_reswara@dharmawangsa.ac.id

 

Creative Commons License
Reswara : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/reswara/index.