Pelatihan Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Menggunakan Aplikasi Live Worksheet bagi Guru di Kecamatan Menyuke
Abstract
Adanya keterbatasan keterampilan dan juga kurangnya informasi terkait aplikasi yang dapat digunakan dalam pengembangan bahan ajar, ditambah dengan keterbatasan waktu serta begitu banyaknya tugas guru di sekolah. Pelatihan dan pendampingan menjadi salah satu cara yang dibutuhkan dalam meningkatkan kompetensi guru dalam merancang Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) menggunakan live worksheets. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun dan membahas pengembangan LKPD berbasis live worksheet. Kegiatan ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Menyuke yang dihadiri oleh 22 guru sekolah menengah yang ada di Kecamatan Menyuke, Kabupaten Landak. Kegiatan ini menggunakan metode Service Learning (SL) yang melibatkan empat proses, yaitu Focus Group Discussion, pelatihan, workshop, dan pembimbingan atau pendampingan. Pengukuran peningkatan kompetensi dan pengetahuan dilakukan sebanyak dua kali, yaitu di awal untuk mengetahui kompetensi dan pengetahuan awal peserta serta dilakukan di akhir untuk mengetahui respons guru menggunakan angket evaluasi. Hasil kegiatan ini berupa peningkatan kemampuan guru dalam menyusun modul ajar berbasis live worksheet yang ditunjukkan dengan peningkatan pengukuran awal dan akhir sebanyak 50%. Seluruh peserta (100%) mengalami peningkatan skor pengukuran dan memiliki masing-masing minimal satu LKPD yang telah siap diimplementasikan dalam pembelajaran. Dengan demikian, kegiatan ini berhasil dalam meningkatkan kompetensi dan pengetahuan guru dalam merancang LKPD berbasis live worksheet.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akram, H., Aslam, S., Saleem, A., & Parveen, K. (2021). The Challenges of Online Teaching in COVID-19 Pandemic: A Case Study of Public Universities in Karachi, Pakistan. Journal of Information Technology Education: Research, 20, 263–282. https://doi.org/10.28945/4784
Al-Gerafi, M. A. M., Goswami, S. S., Sahoo, S. K., Kumar, R., Simic, V., Bacanin, N., Naveed, Q. N., & Lasisi, A. (2024). Promoting inclusivity in education amid the post-COVID-19 challenges: An interval-valued fuzzy model for pedagogy method selection. The International Journal of Management Education, 22(3), 101018. https://doi.org/10.1016/j.ijme.2024.101018
Anita, Y., Arwin, A., Ahmad, S., Helsa, Y., & Kenedi, A. K. (2022). Pelatihan Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbasis HOTS Sebagai Bentuk Pembelajaran Di Era Revolusi Industri 4.0 Untuk Guru Sekolah Dasar. Dedication: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 59–68. https://doi.org/10.31537/dedication.v6i1.658
Arifin, J. D., Rahman, A., & Sartika, R. (2024). Peran Guru dalam mendorong Kreativitas Siswa Gen Z di Era Digital. Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru XVI, 403–418. https://conference.ut.ac.id/index.php/ting/article/view/3421
Begum, S., Flowers, N., Tan, K., Carpenter, D. M. H., & Moser, K. (2021). Promoting literacy and numeracy among middle school students: Exploring the mediating role of self-efficacy and gender differences. International Journal of Educational Research, 106, 101722. https://doi.org/10.1016/j.ijer.2020.101722
Coman, M. A., & Chereches, R. M. (2024). Exploring students’ perception of subjective food literacy: A model of educational practice. Heliyon, 10(7), e28478. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2024.e28478
Conica, M., Nixon, E., & Quigley, J. (2023). Talk outside the box: Parents’ decontextualized language during preschool years relates to child numeracy and literacy skills in middle childhood. Journal of Experimental Child Psychology, 236, 105746. https://doi.org/10.1016/j.jecp.2023.105746
Darling-Hammond, L., Hyler, M. E., & Gardner, M. (2017). Effective Teacher Professional Development. Learning Policy Institute.
Doğan, S., & Adams, A. (2018). Effect of professional learning communities on teachers and students: reporting updated results and raising questions about research design. School Effectiveness and School Improvement, 29(4), 634–659. https://doi.org/10.1080/09243453.2018.1500921
Fathurrohman, M. (2020). Inovasi pembelajaran berbasis teknologi di masa pandemi COVID-19. Jurnal Pendidikan, 21(3), 157–166.
Fauziyah, C., Nursalim, M., & Purwoko, B. (2025). Efentivitas Pelatihan Guru terhadap Implementasi Pendidikan Inklusif di Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Madinasika, 6(2), 136–145. https://doi.org/https://doi.org/10.31949/madinasika.v6i2.13891
Hali, A. U., Zhang, B., Al-Qadri, A. H., & Aslam, S. (2021). A collaborative teacher training approach in different cultures in the era of technology. International Jpurnal of Instruction, 14(4), 21–32. https://www.researchgate.net/publication/353331998_A_collaborative_teacher_training_approach_in_different_cultures_in_the_era_of_technology
Haryono, E., Murtaqi, M. R. A., Izzah, A. N. L., Septian, D., & Sariman, S. (2024). Metode-Metode Pelaksanaan PkM (Pengabdian Kepada Masyarakat) Untuk Perguruan Tinggi. Al Fattah Ejournal Sma Al Muhammad Cepu, 5(2). https://doi.org/https://doi.org/10.1989/b4ejqb56
Hasibuan, Moh. S. R., Syahadat, R. M., & Sidabutar, L. (2020). Perencanaan dan Perancangan Lanskap Taman Maju Bersama Haji Saibun di Kelurahan Jati Padang, Jakarta Selatan. Jurnal Infrastruktur, 6(1), 15–24. https://doi.org/10.35814/infrastruktur.v6i1.1241
Hornburg, C. B., King, Y. A., Westerberg, L., Schmitt, S. A., & Purpura, D. J. (2024). The roles of mathematical language and emergent literacy skills in the longitudinal prediction of specific early numeracy skills. Journal of Experimental Child Psychology, 244, 105959. https://doi.org/10.1016/j.jecp.2024.105959
Huang, L., Wang, R., & Han, J. (2024). Regulation of emotions in project-based collaborative learning: an empirical study in academic English classrooms. Frontiers in Psychology, 15, 1368196. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2024.1368196
Iswara, H. S., Ahmadi, F., & Ary, D. Da. (2022). Numeracy Literacy Skills of Elementary School Students through Ethnomathematics-Based Problem Solving. Interdisciplinary Social Studies, 2(2), 1604–1616. https://doi.org/10.55324/iss.v2i2.316
Jayanti, F. A., & Zulfadewina. (2024). Pengaruh Penggunaan E-LKPD Berbasis Liveworksheet terhadap Hasil Belajar IPA pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Kelas V SDN Ciracas 01. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 5(5), 1700–1708. https://doi.org/https://doi.org/10.38035/jmpis.v5i5.2488
Kaden, U. (2020). COVID-19 School Closure-Related Changes to the Professional Life of a K–12 Teacher. Education Sciences, 10(6), 165. https://doi.org/10.3390/educsci10060165
Kemendikbudristek. (2021). Panduan Komunitas Belajar untuk Guru dan Kepala Sekolah. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.
Khilmiyati, A. (2024). Penerapan FGD untuk Meningkatkan Kreativitas dan Pengelolaan Pembelajaran P5 Tema Gaya Hidup Berkelanjutan Melalui Model Kontekstual di SDN 2 Karanganyar pada Semester I Tahun Pelajaran 2023/2024. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 19, 19–31. https://doi.org/10.30595/pssh.v19i.1327
Lioba, T., Yuniasih, N., & Nita, C. I. R. (2021). Pengembangan E-LKPD Berbasis Aplikasi Liveworksheets pada Materi Volume Bangun Ruang Kelas V SDN Kebonsari 4 Malang. Seminar Nasional PGSD UNIKAMA, 307–313. https://conference.unikama.ac.id/artikel/index.php/pgsd/article/view/644
Lynch, K., Lee, M., & Loeb, S. (2023). An investigation of Head Start preschool children’s executive function, early literacy, and numeracy learning in the midst of the COVID-19 pandemic. Early Childhood Research Quarterly, 64, 255–265. https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2023.04.002
Marlina, R., Suwono, H., Yuenyong, C., Ibrohim, I., & Hamdani, H. (2023). Reflection Practice in Microteaching: Evidence from Prospective Science Teachers. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 8(1), 95–111. https://doi.org/10.24042/tadris.v8i1.15846
Marlina, R., Suwono, H., Yuenyong, C., Ibrohim, I., & Hamdani, H. (2024a). Teacher Role and Domain of Expertise in the 21st Century: Evidence from Preservice Biology Teacher. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 12(2), 279–293. https://doi.org/10.24815/jpsi.v12i2.35985
Marlina, R., Suwono, H., Yuenyong, C., Ibrohim, I., & Hamdani, H. (2024b). Video-based microteaching to facilitate the basic teaching skills of preservice biology teacher. American Institute of Physics Conference Series, 030047. https://doi.org/10.1063/5.0215234
Mighfar, S., Dilfam Aldisya Ervani, Nazilatul Faizah, Anavee Khoona, & Ainun Nisa. (2024). Studi Perbandingan Kompetensi Profesional Guru Indonesia dan Thailand. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 2(4), 45–56. https://doi.org/10.55606/jubpi.v2i4.3251
Nugroho, D. A., Rofiah, N. H., & Pujiono, I. P. (2024). Pengembangan Keterampilan Digital Guru Melalui Pelatihan LKPD Online Berbasis Sistem Terintegrasi. Jurnal Pengabdian Teknologi Tepat Guna, 5(3), 157–166. https://doi.org/10.47942/jpttg.v5i3.1783
Prayoga, F. I., Masruroh, N., & Safitri, N. V. (2024). Pentingnya Profesionalisme Guru dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Indonesia. Social, Humanities, and Educational Studies, 7(3), 613–622. https://doi.org/https://doi.org/10.20961/shes.v7i3.91633
Pribadi, L. A., Nurdin, D., & Edy, S. (2024). Digital Leadership In Improving Teacher Performance During The Covid-19 Pandemic. International Journal Of Humanities Education and Social Sciences (IJHESS), 3(4), 2159–2168. https://doi.org/10.55227/ijhess.v3i4.783
Putri, R., Purwanto, A., Asbari, M., Wijayanti, L. M., Pramono, R., & Hyun, C. C. (2020). Impact of the COVID-19 Pandemic on Online Home Learning: An Explorative Study of Primary Schools in Indonesia. International Journal of Advanced Science and Technology, 29(5), 4809–4818. https://www.researchgate.net/publication/341194197_Impact_of_the_COVID-19_Pandemic_on_Online_Home_Learning_An_Explorative_Study_of_Primary_Schools_in_Indonesia
Rizki, M., & Kuswinarno, M. (2024). Peran Pengembangan SDM dan Kepuasan Kerja dalam Meningkatkan Produktivitas Perusahaan. Jurnal Media Akademik, 2(12), 1–16. https://doi.org/https://doi.org/10.62281/v2i12.1103
Setiawan, A., & Hasibuan, H. (2021a). Implementasi Supervisi Akademik dalam Meningkatkan Kompetensi Guru pada Pembelajaran Daring. Jurnal Administrasi Pendidikan, 28(1), 45–52.
Setiawan, A., & Hasibuan, R. (2021b). Transformasi Digital dalam Penilaian Pembelajaran. Jurnal Teknologi Dan Pendidikan.
Tanjung, R. R., Ritonga Annida Azhari, Abdullah, B. M., Siregar, N. A., & Armilah, A. (2024). Transformasi Digital dalam Pendidikan: Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Melalui Teknologi. Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Ilmu Pendidikan, 3(2), 211–217. https://doi.org/10.58192/sidu.v3i2.2195
Tarigan, K. E., & Simamora, R. M. (2024). Pengenalan Metode Wawancara Kelompok Focus Group Discussion (FGD) di Smp Anastasya: “Membangun Keterampilan Pemahaman Berdiskusi.” Jurnal Pemberdayaan Sosial Dan Teknologi Masyarakat, 4(1), 7–12. https://doi.org/10.54314/jpstm.v4i1.1814
Trust, T., & Whalen, J. (2020). Should Teachers be Trained in Emergency Remote Teaching? Lessons Learned from the COVID-19 Pandemic. Journal of Technology and Teacher Education, 28(2), 189–199. https://doi.org/10.70725/307718pkpjuu
Widodo, A., & Riandi, R. (2013). Pengembangan Profesional Guru: Pelatihan dan Komunitas Belajar. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(2), 85–91.
Wiguna, A. C., Budiman, N., & Sardin. (2025). Hubungan Penguasaan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Guru terhadap Motivasi Guru dalam Pengggunaan teknologi dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Buletin Literasi Budaya Sekolah, 6(2), 116–127. https://doi.org/10.23917/blbs.v6i2.7853
Wijaya, M. A., & Perdana, C. (2023). Perancangan Focus Group Discussion Sebagai Ruang Partisipasi Masyarakat Dalam Membangun Desa Berbasis Website. Jurnal Sistem Informasi Galuh, 1(2), 59–67. https://doi.org/10.25157/jsig.v1i2.3206
Xiaodi, Y., Md Yunus, M., & Rafiq, K. R. M. (2024). Digital Collaborative Learning in Higher Education: A Systematic Review. International Journal of Academic Research in Progressive Education and Development, 13(1), 1110–1118. https://doi.org/10.6007/IJARPED/v13-i1/20697
Yulianti, K., Sutisna, A., & Hartono, R. (2021). Pemanfaatan LKPD Digital Interaktif di Masa Pandemi. Jurnal Inovasi Pendidikan.
DOI: https://doi.org/10.46576/rjpkm.v6i2.6656
Article Metrics
Abstract view : 13 timesPDF – 3 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 by Author, Published by Dharmawangsa University Community Service Institution

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat telah terindex pada
RESWARA : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT published by :
LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 MedanKontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jpm_reswara@dharmawangsa.ac.id
Reswara : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/reswara/index.