Workshop Desain Grafis Media Publikasi Komunitas di BPK PKK Kas Berbasis Kecerdasan Buatan.

Yosef Yulius, Bobby Halim, Hestia Rachmat Nunciata Lubis, Yohanes Reno Fernanda, Valentinus Verdianto

Abstract


Kemajuan teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) membuka peluang baru dalam pengembangan desain komunikasi visual yang lebih efisien dan inovatif, khususnya dalam konteks pemberdayaan komunitas. Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh permasalahan kurangnya literasi desain digital di kalangan anggota Badan Pelayanan Keuskupan Pembaruan Karismatik Katolik–Keuskupan Agung Semarang (BPK PKK KAS), yang memiliki kebutuhan tinggi akan media publikasi religius, namun terbatas dalam penguasaan perangkat desain dan teknologi AI. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan literasi desain komunikasi visual serta kemampuan pemanfaatan teknologi AI di kalangan anggota komunitas, agar mereka mampu menghasilkan materi publikasi yang kreatif, komunikatif, dan relevan dengan perkembangan digital. Sebagai solusi, kegiatan ini dirancang dalam bentuk workshop interaktif dengan pendekatan Design Thinking, yang melibatkan lima tahap utama: Empathize, Define, Ideate, Prototype, dan Test. Peserta dibekali dengan dasar-dasar desain grafis berbasis vektor, diperkenalkan pada pemanfaatan AI seperti ChatGPT dan Bing Image Creator, serta diberi kesempatan praktik langsung dalam merancang materi publikasi digital komunitas. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan signifikan pada tiga aspek utama: pemahaman konsep desain grafis, penguasaan perangkat lunak desain, dan kemampuan mengintegrasikan teknologi AI dalam proses kreatif. Program ini tidak hanya meningkatkan keterampilan teknis peserta, tetapi juga membangun kepercayaan diri dan motivasi mereka dalam menghasilkan konten visual yang komunikatif dan kontekstual. Dengan demikian, pelatihan ini terbukti efektif dalam memberdayakan komunitas religius melalui peningkatan kompetensi desain digital yang adaptif terhadap perkembangan teknologi.


Keywords


Desain Komunikasi Visual; Kecerdasan Buatan; Media Publikasi; Chatgpt; Pemberdayaan Komunitas

Full Text:

PDF

References


Aji, A., Budiyono, N., Suhirman, S., Ratnasari, D., & Sejati, R. H. (2023). Metode Design Thinking Untuk Perancangan UI/UX Pada Aplikasi Konsultasi Karir. INTEK : Jurnal Informatika Dan Teknologi Informasi, 6(1), 42–48. https://doi.org/10.37729/intek.v6i1.2997

Arisa, N. N., Fahri, M., Putera, M. I. A., & Putra, M. G. L. (2023). Perancangan Prototipe UI/UX Website CROWDE Menggunakan Metode Design Thinking. Teknika, 12(1), 18–26. https://doi.org/10.34148/teknika.v12i1.549

Bimantara, A. W., & Paputungan, I. V. (2023). Perancangan Ui/Ux Desain Aplikasi Mobile Taman Sampah Desa Cepogo Dengan Metode Design Thinking. Jurnal Sains, Nalar, Dan Aplikasi Teknologi Informasi, 2(2), 1–9. https://doi.org/10.20885/snati.v2i2.20

Brown, T. (2009). Tim Brown urges designers to think big. TED Talk. Accessed On. http://www.ted.com/talks/tim_brown_urges_designers_to_think_big.html%5Cnhttp://www.ted.com/talks/lang/en/tim_brown_urges_designers_to_think_big.html%5Cnhttp://scholar.google.com/scholar?hl=en&btnG=Search&q=intitle:Tim+Brown+urges+designers+to+think+big#0

Dam, R. F., & Siang, T. Y. (2022). Stage 5 in the Design Thinking Process: Test. Interaction Design Foundation.

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

Firman Mutaqin, & Gading Mas Algamar. (2024). Penerapan Smart Communication Bot Dengan Model Chatgpt Dalam Proses Pemilihan Dan Penempatan Objek Dalam Desain Poster Komersil. JURNAL Dasarrupa: Desain Dan Seni Rupa, 5(3), 1–9. https://doi.org/10.52005/dasarrupa.v5i3.169

Hanifa, H., Sholihin, A., & Ayudya, F. (2023). Peran AI Terhadap Kinerja Industri Kreatif Di Indonesia. Journal of Comprehensive Science (JCS), 2(7), 2149–2158. https://doi.org/10.59188/jcs.v2i7.446

Haryuda, D., Asfi, M., & Fahrudin, R. (2021). Perancangan UI/UX Menggunakan Metode Design Thinking Berbasis Web Pada Laportea Company. Jurnal Ilmiah Teknologi Infomasi Terapan, 8(1), 111–117. https://doi.org/10.33197/jitter.vol8.iss1.2021.730

Li, H., Xue, T., Zhang, A., Luo, X., Kong, L., & Huang, G. (2024). The application and impact of artificial intelligence technology in graphic design: A critical interpretive synthesis. Heliyon, 10(21), e40037. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2024.e40037

Nissa, I. C., Masjudin, M., & Sukanta, A. (2021). Pelatihan Perancangan Perangkat Pembelajaran Daring dan Luring sebagai Pendukung Belajar Dari Rumah. Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 46–56. https://doi.org/10.36312/linov.v6i2.562

Setiawan Akhmad Fikri. (2021). Pemanfaatan Artificial Intelligence PadaProses Pengolahan Video Dan GambarDi Smk Mathla’Ul Anwar. Jurnal Kreativitas Mahasiswa Informatika, 2(1), 50–53.

Tinarbuko, S. (2015). DEKAVE, Desain Komunkiasi Visual Penanda Zaman Masyarakat Global. Journal of Chemical Information and Modeling, 8(9).

Widoseno, D., Voutama, A., & Ridwan, T. (2023). Perancangan Ui/Ux Berbasis Website Pada Penerimaan Peserta Didik Baru (Ppdb) Di Smk Taruna Karya 1 Karawang. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 7(2), 1401–1409. https://doi.org/10.36040/jati.v7i2.6864

Yulius, Y., & Lubis, H. R. N. (2024). PELATIHAN PENGAPLIKASIAN LOGO SEBAGAI IDENTITAS VISUAL PADA MEDIA PROMOSI UMKM DULANGKU.ID PALEMBANG. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1). https://doi.org/10.46576/rjpkm.v5i1.4016

Yulius, Y., & Pratama, E. (2021). Metode Design Thinking Dalam Perancangan Media Promosi Kesehatan Berbasis Keilmuan Desain Komunikasi Visual. Besaung : Jurnal Seni Desain Dan Budaya, 6(2). https://doi.org/10.36982/jsdb.v6i2.1720

Yulius, Y., & Pratama Putra, M. E. (2021). BESAUNG JURNAL SENI DESAIN DAN BUDAYA VOLUME 6 No.2 SEPTEMBER 2021 Metode Design Thinking Dalam Perancangan Media Promosi Kesehatan Berbasis Keilmuan Desain Komunikasi Visual.




DOI: https://doi.org/10.46576/rjpkm.v6i2.6472

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF – 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 by 2025 Author, Published by Dharmawangsa University Community Service Institution

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat telah terindex pada

  

JournalStories Main logo 

MEMBER OF

RJI Main logo 

  Crossref Sponsoring Member Badge 

JOURNAL CITATION

  


RESWARA : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT published by :

LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jpm_reswara@dharmawangsa.ac.id

 

Creative Commons License
Reswara : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/reswara/index.