Edukasi Keterampilan Observasi dan Pengukuran bagi Para Guru Madrasah Ibtidaiyah untuk Mendukung Pembelajaran IPA

Anasufi Banawi, Wa Mirna, La Hamza, Abdul Haji Rumeon, Asaha Tatisina

Abstract


Kemampuan observasi dan pengukuran perlu dimiliki oleh para guru supaya dapat berperan dalam mengembangkan keterampilan bagi peserta didik. Namun, belum semua guru memahami observasi dalam pembelajaran IPA dan terampil menggunakan alat ukur (besaran panjang) yang sesuai dalam pengukuran. Tujuan pelatihan ini, yaitu: (1) membekali pengetahuan bagi para guru madrasah ibtidaiyah tentang observasi dan pengukuran, (2) membekali keterampilan menggunakan alat ukur (besaran panjang), dan (3) mengetahui respon peserta terkait kegiatan edukasi. Metode presentasi dan praktek, dan diskusi digunakan dalam edukasi ini. Kegiatan ini dilaksanakn di MIS Cokroaminoto Ambon-Maluku dengan mengikutsertakan 12 guru, dilaksanakan sehari. Keberhasilan kegiatan diukur pada tingkat keikutsertaan, peningkatan pemahaman (pre-test dan post-test), dan kesinambungan. Hasil pelaksanaan kegiatan menunjukkan bahwa semua peserta antusias dengan kegiatan yang dilaksanakan, peserta mulai paham tentang observasi dan terampil menggunakan alat ukur panjang, dan adanya respon positif terhadap kegiatan. Tindak lanjut dari kegiatan ini adalah peserta dapat mengimplementasikan pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki pada sebuah Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) untuk pembelajaran IPA di kelas.


Keywords


Observasi; Pengukuran; Pembelajaran IPA; Guru Madrasah Ibtidaiyah

Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. A., Sartika, D., & Muhiddin, S. M. A. (2022). Identifikasi Keterampilan Menggunakan Alat Ukur Panjang Mahasiswa Calon Guru Fisika Universitas Sulawesi Barat. Phydagogic: Jurnal Fisika Dan Pembelajarannya, 5(1), 28–31. https://doi.org/10.31605/phy.v5i1.2157

Awal, R. & Sudarti, D. (2017). Pengaruh Model Contextual Teaching Learning Berbantuan Hands on Activity terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pencemaran Lingkungan di Kelas VII SMP Negeri 1 Minas Kabupaten Siak TA. 2015/2016. Bio-Lectura: Jurnal Pendidikan Biologi, 4(2), 177–185. https://doi.org/10.31849/bl.v4i2.400

Banawi, A., Sulaeman, S., Nurhasanah, N., Lasaiba, I., & Basta, I. (2023). Merancang Karya Ilmiah untuk Publikasi bagi Para Guru Sekolah Dasar. Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 934–943. https://doi.org/10.46576/rjpkm.v4i2.2822

Bruce, C. D., Esmonde, I., Ross, J., Dookie, L., & Beatty, R. (2010). The Effects of Sustained Classroom-Embedded Teacher Professional Learning on Teacher Efficacy and Related Student Achievement. Teaching and Teacher Education, 26(8), 1598–1608. https://doi.org/10.1016/j.tate.2010.06.011

Doyan, A., Susilawati, S., Bahri, S., Muhlis, M., & Artayasa, I. P. (2019). Pelatihan Pemantapan Konsep Materi Fisika dan Pengukuran Bagi Guru IPA di SMPN 9 Mataram. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 2(1), 24–27. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v2i1.333

Haris, A. (2017). Urgensi Mata Diklat Kewirausahaan terhadap Produktivitas Kepala Madrasah. Inovasi: Jurnal Diklat Keagamaan, 11(4), 327–336.

Hasanah, H. (2017). Teknik-Teknik Observasi (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-ilmu Sosial). At-Taqaddum, 8(1), 21–46. https://doi.org/https://doi.org/10.21580/at.v8i1.1163

Komarudin. (2022). Pendekatan Andragogi dalam Pendidikan Pemustaka di Perpustakaan Perguruan Tinggi. Maktabatuna: Jurnal Kajian Kepustakawanan, 4(2), 177–192. https://doi.org/https://doi.org/10.15548/mj.v4i2.4878

Liana, D. (2020). Penerapan Pembelajaran Siklus Belajar (Learning Cycle 5e) terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI SDN 007 Kotabaru Kecamatan Keritang. Mitra PGMI: Jurnal Kependidikan MI, 6(2), 92–101. https://doi.org/https://doi.org/10.46963/mpgmi.v6i1.127

Mahardi, I. P. Y. S., Murda, I. N., & Astawan, I. G. (2019). Model Pembelajaran Teams Games Tournament Berbasis Kearifan Lokal Trikaya Parisudha terhadap Pendidikan Karakter Gotong Royong dan Hasil Belajar IPA. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 2(2), 98–107. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jpmu.v2i2.20821

Mahmudah, L. (2016). Pentingnya Pendekatan Keterampilan Proses pada Pembelajaran IPA di Madrasah. Elementary: Islamic Teacher Journal, 4(1), 167–187. https://doi.org/10.21043/elementary.v4i1.2047

Misra, M., & Putri, T. Y. (2021). Penguatan Pemahaman Konsep IPA melalui Modul Berbasis Modelling the Way. Tarbiyah Al-Awlad: Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar, 11(1), 37–46. https://doi.org/https://doi.org/10.15548/alawlad.v11i1.2777

Murdani, E. (2020). Hakikat Fisika dan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Filsafat Indonesia, 3(3), 72–80. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jfi.v3i3.22195

Nugraha, A. J., Suyitno, H., & Susilaningsih, E. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Ditinjau dari Keterampilan Proses Sains dan Motivasi Belajar melalui Model PBL. Journal of Primary Education, 6(1), 35–43. https://doi.org/10.15294/jpe.v6i1.14511

Nurhaidah & Musa, M. I. (2016). Pengembangan Kompetensi Guru Terhadap Pelaksanaan Tugas Dalam Mewujudkan Tenaga Guru Yang Profesional. Pesona Dasar: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Humaniora, 2(1), 8–27.

Nurmitasari, S., Banawi, A., & Riaddin, D. (2023). Keefektifan Model Pembelajaran RADEC dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPA. Dwija Cendekia: Jurnal Riset Pedagogik, 7(2), 703–710. https://doi.org/10.20961/jdc.v7i2.75780

Rahayu, S., Harjono, A., Makhrus, M., Sutrio, & Verawati, N. N. S. P. (2018). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru-Guru MIN Karangbaru Mataram. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), 54–58. https://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JPPM/article/view/486

Rohmawati, L., Sucahyo, I., Arief, A., & Anggaryani, M. (2015). Pelatihan Penggunaan Alat Ukur dan Pengukuran bagi Guru IPA SMP Wilayah Sidoarjo. JJurnal ABDI: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 18–24. https://doi.org/10.26740/ja.v1n1.p18-24

Sangaji, A., Banawi, A., & Adu, L. (2023). Efek Penggunaan Video Pembelajaran Panca Indra Terintegrasi Keislaman terhadap Hasil Belajar IPA Peserta Didik. Dwija Cendekia: Jurnal Riset Pedagogik, 7(1), 237–248. https://doi.org/10.20961/jdc.v7i1.70948

Sari, I. N., & Saputri, D. F. (2016). Analisis Kesalahan Menggunakan Alat Ukur pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika IKIP PGRI Pontianak. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 14(2), 237–248. https://doi.org/10.31571/edukasi.v14i2.357

Sarifuddin, S., Arsyad, M., & Khaeruddin, K. (2022). Analisis Keterampilan Melakukan Pengukuran Berbasis Media Video Tutorial pada Peserta Didik. Jurnal Sains Dan Pendidikan Fisika, 18(1), 77–89. https://doi.org/10.35580/jspf.v18i1.32380

Syafi’ah, R., Laili, A. M., & Prisningtyas, N. V. (2022). Analisis Komponen Keterampilan Proses Sains pada Buku Ajar IPA Kelas IX. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 12(2), 87–96. https://doi.org/https://doi.org/10.24929/lensa.v12i2.230

Syafit, M., Banawi, A., & Nurjanah, S. (2022). Analisis Indikator Proses Berpikir Kreatif dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) IPA di Kelas IV Madrasah. Journal of Primary Education, 5(2), 147–157. https://doi.org/10.24014/ejpe.v5i2.18871

Urfany, N., Afifah, A., & Nuryani, N. (2020). Teori Konstruktivistivisme dalam Pembelajaran. Pandawa, 2(1), 109–116. https://doi.org/https://doi.org/10.36088/pandawa.v2i1.625

Wahyuningtyas, N. & Ratnawati, N. (2018). Pelatihan dan Pendampingan Penulisan Artikel Jurnal bagi Guru-Guru IPS Kabupaten Malang. Jurnal Praksis Dan Dedikasi Sosial, 1(1), 40–47. http://dx.doi.org/10.17977/um032v0i0p40-47




DOI: https://doi.org/10.46576/rjpkm.v6i2.6368

Article Metrics

Abstract view : 74 times
PDF – 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 by Author, Published by Dharmawangsa University Community Service Institution

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat telah terindex pada

  

JournalStories Main logo 

MEMBER OF

RJI Main logo 

  Crossref Sponsoring Member Badge 

JOURNAL CITATION

  


RESWARA : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT published by :

LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jpm_reswara@dharmawangsa.ac.id

 

Creative Commons License
Reswara : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/reswara/index.