Pendampingan Menulis Release Media dan Fotografi Untuk Meningkatkan Keterampilan Humas Digital Pesantren Putri Al-Mawaddah Ponorogo

Mohammad Luthfi, Aqdi Rofiq Asnawi, Diah Rukmini, Salma Laila Qodriyah

Abstract


Publikasi media digital Pesantren Putri Al- Mawaddah Kabupaten Ponorogo belum berjalan secara maksimal disebabkan oleh minimnya pengetahuan dan keterampilan Humas pesantren dalam menulis release media dan fotografi sehingga berdampak terhadap kuantitas dan kualitas produksi konten digital pesantren. Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pendampingan dalam upaya meningkatkan pengetahuan dan keterampilan Humas Pesantren Putri Al- Mawaddah dalam bidang penulisan release media dan fotografi agar publikasi konten digital pesantren semakin baik dan meningkat. Metode pelaksanaan kegiatan dikemas dalam bentuk pelatihan berupa sosialisasi untuk meningkatkan pemahaman dan praktek lapangan untuk meningkatkan keterampilan Humas Pesantren Putri Al-Mawaddah. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan yang cukup signifikan dari aspek pengetahuan dan keterampilan Humas dalam menulis release media dan fotografi dibuktikan dengan hasil karya release dan karya foto peserta sebagai luaran dari kegiatan pelatihan. Kualitas publikasi konten digital Pesantren Putri Al- Mawaddah menjadi semakin bagus dan menarik, juga dari segi kuantitas menjadi semakin meningkat dan konsisten dalam pengunggahan informasi terbaru dengan publikasi konten yang dilakukan pembaharuan secara berkala

Keywords


Release Media; Fotografi; Humas; Pesantren

Full Text:

PDF

References


Amilia, F., Rowindi, G., & Mubaroq, S. (2022). Pemanfaatan Publikasi Di Media Sosial Untuk Lembaga Pendidikan. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(5), 1141–1147. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i5.9355

Apriliyanto, Y. T., Alim, J. N., & Maulani, W. (2024). Pelatihan Digital Marketing dan Branding untuk Peningkatan Pemasaran Produk UMKM Gula Aren Desa Kalipancur. Reswara : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 681–692. https://doi.org/10.46576/rjpkm.v5i2.4374

Ariyani, N., & Septiani, M. (2024). Peningkatan Literasi Pemasaran Digital Pelaku UMKM Jasa Service AC di Jakarta Timur. Reswara : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 641–649. https://doi.org/10.46576/rjpkm.v5i2.4502

Asnawi, A. R. (2020). Gaya Bahasa Iltifȃt dalam Ayat-Ayat ‘Itȃb dan Pengaruhnya bagi Penafsiran Alquran. AL QUDS : Jurnal Studi Alquran Dan Hadis, 4(2), 299. https://doi.org/10.29240/alquds.v4i2.1854

Kent, M. L., & Lane, A. (2021). Two-way communication, symmetry, negative spaces, and dialogue. Public Relations Review, 47(2), 102014. https://doi.org/10.1016/j.pubrev.2021.102014

Kent, M. L., & Li, C. (2020). Toward a normative social media theory for public relations. Public Relations Review, 46(1), 101857. https://doi.org/10.1016/j.pubrev.2019.101857

Kent, M. L., & Taylor, M. (1998). Building dialogic relationships through the world wide web. Public Relations Review, 24(3), 321–334. https://doi.org/10.1016/S0363-8111(99)80143-X

Kriyantono, R., Kasim, A., Safitri, R., Adila, I., Febriani, N., Dewi, W. W. A., Saleh, A. M., & Said, M. F. (2023). Is Social Media the Top Priority for Seeking and Sharing Information About COVID-19 Among Indonesian Students? Jurnal Komunikasi: Malaysian Journal of Communication, 39(1), 144–165. https://doi.org/10.17576/JKMJC-2023-3901-09

Luthfi, M., & Baheramsyah, I. (2022). Dakwah Sebagai Model Komunikasi Gontor TV Dalam Menanamkan NIlai-Nilai Pendidikan Pesantren. Sahafa Journal of Islamic Communication, 4(1), 29. https://doi.org/10.21111/sjic.v4i1.6048

Luthfi, M., & Mubarak, M. T. (2023). Efektivitas Instagram Sebagai Media Informasi Pondok Modern Darul Hijrah Putra Martapura. Komuniti : Jurnal Komunikasi Dan Teknologi Informasi, 15(2), 161–179. https://doi.org/10.23917/komuniti.v15i2.22765

Luthfi, M., Tengku Mohd Azzman Shariffadeen, T. S. A., Utomo, B. S., Rukmini, D., & Husen, R. M. (2024). Evaluating Dialogic Communication of Pesantren in East Java, Indonesia: Building Public Relationships via Instagram. E-Bangi Journal of Social Science and Humanities, 20(4), 143–152. https://doi.org/10.17576/ebangi.2024.2104.12

Munawara, M., Rahmanto, A., & Satyawan, Ign. A. (2020). Pemanfaatan Media Digital untuk Dakwah Pesantren Tebuireng. KOMUNIKA: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 14(1), 29–45. https://doi.org/10.24090/komunika.v14i1.3226

Nadhiroh, N., & Novayani, M. E. (2022). Teori Pers Islam dalam Etika Jurnalistik Islami (Kajian Ayat-ayat Suci Alquran sebagai Pedoman Jurnalisme Damai). Lisyabab : Jurnal Studi Islam Dan Sosial, 3(1), 39–52. https://doi.org/10.58326/jurnallisyabab.v3i1.117

Saputra, M. H., & Luthfi, M. (2023). Analysis of the Use of Social Media in Cyber Public Relations Activities of Pondok Darul Hijrah. Jurnal Komunikasi, 17(2), 128–137. https://doi.org/10.21107/ilkom.v17i2.21095

Septiana, I., Asropah, A., & Rifai, A. (2021). PELATIHAN MENULIS BERITA DI MEDIA MASSA TERHADAP GERAKAN PRAMUKA DKC KOTA SEMARANG PADA MASA COVID-19. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 300. https://doi.org/10.24198/kumawula.v4i2.32692

Sulaiman, A. M., & , Agus Setiawan. (2021). PELATIHAN PEMANFAATAN SITUS WEB SEBAGAI MEDIA PROMOSI BAGI PENGRAJIN TEMBAGA DI DESA TUMANG, CEPOGO, BOYOLALI. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 234–241. https://doi.org/10.24198/kumawula.v4i2

Supriyati, S., Haryati, S., Haekal Ridlo Afandi, Ari Cahaya Puspitaningrum, Indah Hapsari, & Burhanudin, B. (2023). PENDAMPINGAN PEMASARAN DIGITAL MELALUI PEMBUATAN FOTO PRODUK UNGGULAN KELOMPOK TANI ELOK MEKARSARI SURABAYA. Kumawula : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(3), 714–720. https://doi.org/10.24198/kumawula.v6i3.48346

Wafiq Pradana, A., & Luthfi, M. (2024). The Effectiveness of Using Instagram as Information Media at Modern Islamic Boarding School Darussalam Gontor. Sahafa Journal of Islamic Communication, 7(01), 49–70. https://doi.org/10.21111/sjic.v7i01.12471

Wang, Y., & Yang, Y. (2020). Dialogic communication on social media: How organizations use Twitter to build dialogic relationships with their publics. Computers in Human Behavior, 104, 106183. https://doi.org/10.1016/j.chb.2019.106183




DOI: https://doi.org/10.46576/rjpkm.v6i2.6367

Article Metrics

Abstract view : 18 times
PDF – 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 by Author, Published by Dharmawangsa University Community Service Institution

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat telah terindex pada

  

JournalStories Main logo 

MEMBER OF

RJI Main logo 

  Crossref Sponsoring Member Badge 

JOURNAL CITATION

  


RESWARA : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT published by :

LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jpm_reswara@dharmawangsa.ac.id

 

Creative Commons License
Reswara : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/reswara/index.