Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Basic English for Tourism Melalui Kegiatan Praktisi Mengajar
Abstract
Dalam memahami pembelajaran Bahasa Inggris khususnya Basic English for Tourism mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Katolik Santo Agustinus Hippo mengalami kesulitan terutama dalam penggunaan Bahasa Inggris untuk praktik di dunia pariwisata. Metode yang digunakan dalam kegiatan Praktisi Mengajar kali ini adalah ceramah, tanya jawab, penggunaan gambar dan video, serta bermain peran. Sedangkan untuk evaluasinya dilakukan dengan pengisian kuesioner. Kegiatan Praktisi Mengajar ini berlangsung selama tiga bulan mulai dari Sosialisasi, pendaftaran, pengumuman dan pelaksanaan Praktisi Mengajar selama tiga bulan, dimulai pada tanggal 3 Oktober sd 18 Desember 2024. Dari hasil evaluasi yang didapat dari kegiatan Praktisi Mengajar ini dari 26 mahasiswa mengatakan bahwa kegiatan Praktisi Mengajar ini sangat bermanfaat untuk menambah pengetahuan mereka terutama dalam mata kuliah English for Tourism. 33,3% mahasiswa merasa puas dan 66,7% merasa sangat puas mengikuti kegiatan Praktisi Mengajar ini. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa semua mahasiswa mendapatkan manfaat dari kegiatan ini.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andi Rustandi, R. Bunga Febriani, B. R. S. (2020). PEMBERDAYAAN IBU-IBU PKK MELALUI PELATIHAN ENGLISH FOR BUSINESS DAN ENGLISH FOR TOURISM DI DESA SUKARESIK KECAMATAN SINDANGKASIH KABUPATEN CIAMIS. Abdimas Galuh, 2(2), 99–108.
Besral, B. (2016). Pembelajaran Bahasa Inggris Untuk Anak-Anak. Ta’dib, 18(2), 10–17. https://doi.org/10.31958/jt.v13i1.171
Dewi, R. (2015). Model Pembelajaran English for Spesific Purposes Dengan Pendekatan Kompetensi Komunikatif Berbasis Pendidikan Karakter. Orbith, 11(3), 173–181.
Hakim, L. N., Solihati, T. A., & ... (2021). Pelatihan Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Esp Pada Guru Bahasa Inggris Smk. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 2021(2020), 108–114.
La’biran, R., Roberto Salu Situru’, Theresyam Kabanga’, & Resnita Dewi. (2023). Pengajaran Berbicara Bahasa Inggris Bagi Pemuda di Objek Wisata Marimbunna. Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat Pendidikan, 3(2), 181–196. https://doi.org/10.33369/jurnalinovasi.v3i2.27503
Mahardika, A. A. N. Y. M. (2024). PELATIHAN KETRAMPILAN BERBAHASA INGGRIS BERBASIS ANALISIS KEBUTUHAN GUNA MENDUKUNG USAHA PENGEMBANGAN DESA WISATA. Proceedings Senadimas Undiksha 2023, 6(November), 3.
Maria, P., Hornay, A., Albertus, E., Toni, B., Djehatu, M. G., Ardi, R., Dali, F., Inggris, P. B., Mandira, K. W., Usaha, P., Bahasa, P., & Masyarakat, P. K. (2023). PELATIHAN ENGLISH FOR TOURISM DENGAN PENDEKATAN BERBASIS BUDAYA LOKAL BAGI PELAKU USAHA DI PESISIR PANTAI SULAMANDA DESA MATA AIR. [JURNAL KREATIVITAS PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (PKM), 6, 1821–1835. https://doi.org/: https://doi.org/10.33024/jkpm.v6i5.9376
Marsakawati, N. P. E., Sari, R. A., & ... (2021). Pelatihan Penggunaan Evaluative Language Untuk Promosi Destinasi Wisata Bagi Pokdarwis Tunjung Mekar. Proceeding Senadimas Undiksha, 495–502. https://lppm.undiksha.ac.id/senadimas2021/prosiding/file/066.pdf
Meylina, M., & Mulyaningsih, S. (2024). Pelatihan Bahasa Inggris Pariwisata untuk Pemuda di Daerah Wisata Pariaman. Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat), 4(1), 6–12. https://doi.org/10.55382/jurnalpustakamitra.v4i1.649
Murti, A., & Kusuma, A. D. A. (2023). Kecakapan Berbahasa Inggris Serta Keterlibatan Masyarakat Dalam Pengembangan Desa Ekowisata Pancoh. Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 14(1), 21–29. https://doi.org/10.31294/khi.v14i1.15305
Nasution, S. S., Kusumoriny, L. A., & Sitepu, S. S. W. (2022). English for Tourism Untuk Pedagang Di Kawasan Pantai Bandulu Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Jual Beli. Journal of Community Research and Service, 6(2), 163. https://doi.org/10.24114/jcrs.v6i2.37495
Putra, S. P., Thamrin, E., & Wediyantoro, P. L. (2018). PEMBERDAYAAN PEMUDA KARANG TARUNA DALAM MEMBANGUN DESA WISATA MELALUI PELATIHAN BAHASA INGGRIS FOR TOURISM Suatmo Pantja Putra 1) , Elfirahmi Thamrin 2) , Prilla Lukis Wediyantoro 3) 1). Seminar Nasional Sistem Informas, 1629–1636.
Santika, I. D. A. D. M., Putri, I. G. A. V. W., Sudipa, M. H. D., & Diantari, N. P. A. (2022). Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris untuk Memperkenalkan Kearifan Lokal ke Manca Negara. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(4), 915–924. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i4.10014
Siregar, N., Lumbanraja, S., Manalu, P. F., & Mungkur, A. P. (2023). Pengembangan potensi wisata desa parparean ii sebagai desa binaan melalui kegiatan literasi dan keterampilan komunikasi bahasa inggris. Communnity Development Journal, 4(2), 998–1008.
Sukanadi, N. L., & Wardana, K. (2017). Pengaruh Metode Pelatihan dan Simulasi terhadap Pengajaran Guru-Guru Bahasa Asing SMK Pariwisata. Jurnal Bakti Saraswati, 06(02).
Susanto, S. (2022). Menjadi Guru Inovatif Pada Masa Pandemi: Peningkatan Kapasitas Guru SD Genius Islamic School Kota Depok. Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement, 3(2), 275–285. https://doi.org/10.37680/amalee.v3i2.1889
Susylowati, E., Oktaria, I., Hidayah, A., Widiyantari, Y., & Astuti, A. (2021). Pelatihan Bahasa Inggris Bagi Mahasiswa Akparta Surakarta. Jubaedah : Jurnal Pengabdian Dan Edukasi Sekolah (Indonesian Journal of Community Services and School Education), 1(3), 221–225. https://doi.org/10.46306/jub.v1i3.42
Sutrisna, I. P. E. (2021). Prinsip Pengembangan Buku Ajar Bahasa Inggris Parwisata Pada Perguruan Tinggi. Culture Jurnal Ilmiah Pariwisata Budaya Hindu, 2(2), 145–154.
Tri Romadhona, N., Aprilianti, D., Lidia, A., Prayoga Prasadana, J., Nurbaetia, Asbari, M., & Novitasari, D. (2022). Peningkatan Kualitas Pendidikan Melalui Bimbingan Belajar. Journal of Community Service and Engagement (JOCOSAE), 2(6), 18–23. http://jocosae.org/index.php/jocosae/article/view/129%0Ahttps://jocosae.org/index.php/jocosae/article/download/129/61
Yonanda, D. A., Supriatna, N., Hakam, K. A., & Sopandi, W. (2022). Kebutuhan Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal Indramayu untuk Menumbuhkan Ecoliteracy Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 173–185. https://doi.org/: https://doi.org/10.31949/jcp.v8i1.1927
DOI: https://doi.org/10.46576/rjpkm.v6i2.5453
Article Metrics
Abstract view : 8 timesPDF – 6 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 by Author, Published by Dharmawangsa University Community Service Institution

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat telah terindex pada
RESWARA : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT published by :
LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 MedanKontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jpm_reswara@dharmawangsa.ac.id
Reswara : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/reswara/index.