Sosialisasi Pada Orang Tua Tentang Pentingnya Produk Halal Melalui Pendekatan Komunikasi Interaktif di Desa Kolam, Kec.Perc. Sei Tuan, Kab. Deli Serdang

Erni Suyani, Azmiati Zuliah, Cut Alma Nuraflah

Abstract


Desa Kolam dapat dikategorikan termasuk Desa yang masih tertinggal dari aspek pendidikan, kekurangan informasi dari ajaran-ajaran Islam menyebabkan mereka minim pengetahuan khususnya tentang makan halal yang mereka konsumsi disisi lain mendeteksi apakah makanan tersebut sudah berkategori halal, mulai dari cara mendapatkannya, cara mengelolanya dan materinya adalah hal yang sangat urgen juga untuk disosialisasikan, bagi sebagahagian masyarakat di Desa Kolam bahwa makanan dikategorikan halal hanya jika materi nya halal, sarat lain tidak menjadi persoalan. Oleh karena itu sangatlah menjadi hal yang penting untuk melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam memberikan kontribusi dalam bentuk edukasi dan sosialisasi tentang produk makanan hala dan regulasi yang berkaitan dengan itu khususnya tentang kewajiban memperhatikan labelisasi halal pada setiap kemasan produk makanan. Tujuan dilakukannya kegiatan ini adalah bagaimana mengenalkan dan mendidik anggota keluarga terhadap pentingnya memilih produk makanan halal, karena dalam sistem pendidkan Islam, Keluarga merupakan lingkungan pendidikan pertama dan utama bagi generasi muslim, karena disanalah anak mulai mengenal segala sesuatunya hingga mereka menjadi tahu dan mengerti. Konsep Halal berarti diperbolehkan atau diijinkan dalam agama Islam (Alquran Surat Albaqarah 168-169). kegiatan ini dilakukan dengan metode cerama, diskusi dan pemberian quisioner. Maka hasil yang didapat dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat tentang edukasi produk makanan halal bagi orang tua melalui pendekatan komunikasi interaktif adalah bahwa sangatlah penting bagi orang tua untuk memberikan arahan, nasehat atau bimbingan  kepada anak-anak tentang makanan yang halal khususnya bagi umat muslim melalui komunikasi intraktif dengan menggunakan tiga pendekatan, yang pertama memberikan informasi produk halal, yang kedua dengan cara persuasif yaitu keterampilan mengolah pesan yang menarik baik verbal atau non verbal sehingga anak senang berkomunikasi dengan orang tua, dan yang ketiga adalah dengan koarsif atau tindakan yang tegas

Full Text:

PDF

References


A.W.Wijaya. 2000. Ilmu Komunikasi Pengantar Studi. Jakarta: Rineka Cipta

Abdul Azis Dahlan, Ensiklopedi Hukum Islam, Cet. ke-1, Jakarta: Ikhtiar Baru van Hoeve, 1996

Abdul Aziz, Y. & Vui, C. N. (2012). The role of Halal awareness and Halal certification in influencing non-Muslim‟s purchasing intention. Paper presented at 3rd International Conference on Business and Economic Research (3rd ICBER 2012)

Ahmadi Miru & Sutarman Yodo, Hukum Perlindungan Konsumen, Jakarta:Rajagrafindo Persada, 2015

al Lukmanul Hakim, Dissecting the contents of law of Indonesia on Halal Product Assurance, Indonesia Law Review (January-April 2015), hal.89.

Deddy Mulyana. 2000. Human Communication. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1988

Emi Normalina Omar dan Harlina Suzana Jaafar, â€Halal Supply Chain in the Food Industry: A Conceptual Modelâ€, IEEI Symposium on Business Engineering and Industrial Application, Langkawi, Malaysia , ( Maret 2011

JalaluddinRakhmat, PsikologiKomunikasi, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 1993.

Maurice Balson, Bagaimana Menjadi Orang Tua Yang Baik, Jakarta: Bumi Askara, 1996

Muchtar Ali, “Konsep Makanan Halal Dalam Tinjauan Syariahdan Tanggung Jawab Produk Atas Produsen Industri Halalâ€, Ahkam: Kementerian Agama Republik IndonesiaVol. Xvi, No. 2, (Juli 2016)

Nikmah Hadiati Salisah, Ilmu Komunikasi, Pasuruan: LunarMedia, 2012

Onong Uchjana Effendi, Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 1990

Pius A. Partanto, dkk., Kamus Ilmiah Populer, Surabaya: Arkola, 1994

Sven Wahlroos, Komunikasi Keluarga, Jakarta: Gunung Mulia, 1999

Tiench Tirta Winata, Makanan Dalam Perspektif Al Qur’an Dan Ilmu Gizi, Jakarta: Balai Penerbit FKUI, 2006

W.J.S. Poerwadarminta, Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1982




DOI: https://doi.org/10.46576/rjpkm.v1i1.530

Article Metrics

Abstract view : 448 times
PDF – 339 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Erni Suyani, Azmiati Zuliah, Cut Alma Nuraflah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat telah terindex pada

   JournalStories Main logo  

MEMBER OF

RJI Main logo 

  Crossref Sponsoring Member Badge 

JOURNAL CITATION

  


RESWARA : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT published by :

LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jpm_reswara@dharmawangsa.ac.id

 

Creative Commons License
Reswara : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/reswara/index.