Pelatihan Merancang Pembelajaran Diferensiasi Terintegrasi Literasi dengan Media Video di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur, Malaysia

Nadia Lutfi Choirunnisa, Andi Kristanto, Hirnanda Dimas Pradana, Mohammad Syahidul Haq, Hendratno Hendratno

Abstract


Guru perlu memiliki perencanaan pembelajaran dalam modul ajar yang efektif dan optimal membantu siswa sesuai dengan standar nasional pendidikan pada Kurikulum Merdeka. Salah satu strategi yang digunakan dengan merancang modul dengan model pembelajaran berdiferensiasi yang terintegrasi literasi menggunakan media video interaktif. Hal ini sesuai dengan tujuan yang dilakukan dari kegiatan pelatihan ini untuk meningkatkan pemahaman guru dan melatih guru dalam perancangan modul ajar. Pelatihan dilakukan pada 20 orang guru yang ada di Sekolah Indonesia di Kuala Lumpur pada bulan Oktober 2024. Pelatihan ini mengadopsi metode pendekatan the Training Cycle. Proses pelatihan mencakup beberapa tahapan, yaitu analisis kebutuhan, perencanaan dan pengembangan, pelaksanaan latihan, serta evaluasi pelatihan. Dalam pelaksanaan pelatihan yang dilakukan peserta sudah mampu merancang pembelajaran diferensiasi terintegrasi dengan media video pada kategori baik. Hasil kuesioner juga menunjukkan bahwa pelatihan berhasil dilaksanakan dengan rata-rata peserta sangat setuju 45%  dan setuju 54% terkait pernyataan yang diberikan. Hal tersebut menunjukkan secara keseluruhan kegiatan PKM telah terlaksana dengan baik.


Keywords


Kurikulum Merdeka; Diferensiasi; Literasi; Media Video; SIKL

Full Text:

PDF

References


Anwar, M. S. S., Waly, S. F. A., & Kurniawan, D. (2023). Training and Human Resource Development at the Indonesian School Kuala Lumpur (SIKL) through the International Partnership Community Service Program (PPM KI). International Conference on Education for All, 1(1), 24–33.

Arif, A., Hakim, L. ., & Susanti. (2024). Mentoring and Review of the Development of Formative and Summative Assessment Tools for Economics Subjects, Accounting Material for Service Companies, Independent Curriculum for Economics Teachers of the Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL). Indonesian Journal of Society Development, 3(6), 357–370.

Bakri, N., Yawati, Y. S., Elya, Z., & Demina, D. (2023). Teachers' Experiences in Facing the Complexity of the Independent Curriculum in the Basic Education Environment: Pengalaman Guru dalam Menghadapi Kompleksitas Kurikulum Merdeka di Lingkungan Pendidikan Dasar. Diklat Review: Jurnal manajemen pendidikan dan pelatihan, 7(3), 609-615.

Batubara, A. K. M. S., Aini, W. N., & Rachman, I. F. (2024). Literasi Sebagai Kunci Untuk Mengatasi Ketimpangan Sosial: Studi Komparatif Antarwilayah Di Kota Tasikmalaya. Jurnal Administrasi Negara, 2(3), 160-171..

Biassari, I. ., & Putri, K. E. (2021). Penggunaan Media Video Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Nearpod Pada Materi Kecepatan Di Sekolah Dasar. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 4, 62–74.

Busyaeri, A., Udin, T., & Zaenudin, A. (2016). Pengaruh penggunaan video pembelajaran terhadap peningkatan hasil belajar mapel IPA di MIN Kroya Cirebon. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 3(1).

Choirunnisa, N. L., Kristanto, A., Pradana, H. D. (2024). Laporan Kemajuan Program Pengabdian Kepada Masyarajkat: Pelatihan Merancang Pembelajaran Terintegrasi Literasi sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka untuk Guru Sekolah Indonesia di Malaysia. Surabaya, Indonesia: Universitas Negeri Surabaya

Eryuni, E. R. (2023). Pentingnya Literasi Dalam Menumbuhkan Nilai-Nilai Karakter Di Era Digital. Jurnal Kependidikan, 7(2), 67-73.

Firmansah, D., & Firdaus, D. F. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Interaktif Berbasis Aplikasi Sparkol Videoscribe pada Tema 3 Kelas III. Terampil: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 7(2), 145-158.

Fisher, P., Comber, A., and Wadsworth, R. (2006). Approaches to Uncertainty in Spatial Data. In: Fundamentals of Spatial Data Quality. ISTE, Ltd., London, pp. 43-59.

Gumelar, M. R. M., Dwiyanti, G. P., & Hadiapurwa, A. (2021). Efektivitas penggunaan kuis interaktif berbasis video conference terhadap pemahaman materi pada mahasiswa. Inovasi Kurikulum, 18(2), 166-177.

Hasbullah, H. (2020). Pemikiran Kritis John Dewey Tentang Pendidikan. Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 10(1).

Hazin, M., Hariyati, N., Khamidi, A., & Setiawan, A. C. (2023). Penguatan Implementasi Kurikulum Merdeka Melalui Pelatihan KOSP di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur Malaysia. Journal of Smart Community Service (JSCS), 52-62.

Herwina, W. (2021). OPTIMALISASI KEBUTUHAN MURID DAN HASIL BELAJAR DENGAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2), 175–182.

Isti’adah., Noorlaila, F., (2020). Teori-Teori Belajar dalam Pendidikan. Tasikmalaya: Edu Publisher.

Kamardana, G. (2022). Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Kemampuan Menyusun RPP pada Guru SD. Journal of Education Action Research, 6(4), 482-491.

Kristanto, A., Choirunnisa, N. L., Pradana, H. D., (2024). Laporan Kemajuan Program Pengabdian kepada Masyarakat: Pelatihan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Memenuhi Kebutuhan Siswa dalam Merdeka Belajar bagi Guru Sekolah Indonesia di Malaysia

Martani, E. (2022). Implementasi Gelas Manis Digital Dalam Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Siswa. Jurnal Sinestesia, 12(2), 363-371.

Mujiman H. (2011). Manajemen Pelatihan Berbasis Belajar Mandiri. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Munawir, M., Rofiqoh, A., & Khairani, I. (2024). Peran Media Interaktif Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran SKI di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, 9(1), 63-71.

Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2024). Kajian Akademik Kurikulum Merdeka

Rahmawati, R., & Amal, A. (2021). Pengembangan media pembelajaran video interaktif untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa sekolah dasar. JUDIKDAS: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia, 1(1), 29-38.

Rohmah, A., & Zulfitria, Z. (2024). Strategi Pembelajaran Diferensiasi Berbasis Aktivitas Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SD. Journal of Instructional and Development Researches, 4(4), 214-222.

Saputra, D. A., Andri, A., & Sulianto, J. (2023). ANALISIS PENERAPAN PEMBELAJARAN DIFERENSIASI DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DI SD. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(04), 1570 - 1582.

Saputra, M. A., & Marlina, M. (2020). Efektivitas strategi pembelajaran berdiferensiasi untuk meningkatkan konsentrasi belajar anak berkesulitan belajar. Jurnal PAKAR Pendidikan, 99.

Sili, F. (2021). Merdeka Belajar Dalam Perspektif Humanisme Carl R. Roger. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 7(1), 47-67.

Suhartini, R., Cholik, M., Tri Rijanto, Meini Sondang Sumbawati, & Theodorus Wiyanto. (2024). Upaya Peningkatan Kompetensi Guru Era 4.0 di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur. PaKMas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 366–373.

SUPONO, S. (2023). Peningkatan Kemampuan Guru Menyusun Modul Ajar pada Pembelajaran Berdiferensiasi melalui Workshop dan Pendampingan. ACTION: Jurnal Inovasi Penelitian Tindakan Kelas dan Sekolah, 3(2), 147-156.

Suryanti, Choirunnisa, N. L., Gunansyah, G., Mariana, N., & Sukartiningsih, W. (2022). Pelatihan Penyusunan Soal Literasi dan Numerasi bagi Guru Sekolah Dasar. Jurnal SOLMA, 11(3), 586–597.

Wahyuni, A. S. (2022). Literature review: pendekatan berdiferensiasi dalam pembelajaran ipa. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(2), 118-126.

Wardani, R. K., & Syofyan, H. (2018). Pengembangan Video Interaktif pada Pembelajaran IPA Tematik Integratif Materi Peredaran Darah Manusia. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(4), 371–381.




DOI: https://doi.org/10.46576/rjpkm.v6i2.5282

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF – 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 by Author, Published by Dharmawangsa University Community Service Institution

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat telah terindex pada

  

JournalStories Main logo 

MEMBER OF

RJI Main logo 

  Crossref Sponsoring Member Badge 

JOURNAL CITATION

  


RESWARA : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT published by :

LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jpm_reswara@dharmawangsa.ac.id

 

Creative Commons License
Reswara : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/reswara/index.