Penerapan Game-Based Learning dan Pelatihan Google Sites dalam Meningkatkan Literasi Guru dan Siswa
Abstract
Peraturan Mendikbudristek No. 12 Tahun 2024, kurikulum merdeka ditetapkan secara resmi menjadi kerangka dasar dan struktur kurikulum untuk seluruh satuan pendidikan di Indonesia. Kurikulum merdeka juga memberikan kepercayaan yang lebih besar kepada guru untuk merancang pembelajaran sesuai konteks, kebutuhan peserta didik dan kondisi satuan pendidikan mengingat begitu beragam kondisi satuan pendidikan dan daerah di Indonesia. Namun faktanya di lapangan Berdasarkan observasi, terdapat beberapa fakta yang sering ditemui terkait kendala guru dalam merancang media pembelajaran serta literasi dan numerasi siswa yang masih tergolong rendah. Program pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan literasi dan numerasi siswa di SDN 10 Bonto serta meningkatkan kemampuan guru untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis teknologi. Program ini mencakup pelatihan guru tentang penggunaan Google Sites serta penerapan pembelajaran berbasis game yaitu Game-Based Learning (GBL) untuk siswa. Mitra pengabdian adalah para guru dan siswa kelas II dan III di SDN 10 Bonto, Desa Bonto Birao, Kecamatan Tondong Tallasa, Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan. Metode meliputi observasi awal, pelatihan guru tentang penggunaan Google Sites, serta penerapan pembelajaran berbasis game (Game-Based Learning) GBL untuk siswa. Hasil menunjukkan peningkatan kemampuan guru dalam menggunakan Google Sites secara mandiri untuk menciptakan media pembelajaran yang interaktif dan kreatif. Selain itu, siswa menunjukkan pemahaman literasi dan numerasi dasar yang lebih baik melalui aktivitas interaktif GBL. Keberhasilan program diukur melalui keterlibatan aktif guru dan siswa, peningkatan keterampilan digital guru, serta antusiasme siswa dalam pembelajaran. Program ini memberikan solusi praktis untuk mendukung implementasi Kurikulum Merdeka secara efektif
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anwas, O. M. (2019). KONTRIBUSI PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DI DAERAH TERTINGGAL CONTRIBUTION OF INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGY UTILIZATION IN THE UNDERDEVELOPED AREA. Jurnal Teknodik, 018–028. https://doi.org/10.32550/teknodik.v17i3.559
Devya, L. M., Siswono, T. Y. E., & Wiryanto, W. (2022). Penggunaan Google Sites Materi Pecahan untuk Meningkatkan Aktivitas dan Kemampuan Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7518–7525. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3550
Herawan, E. (2021). LITERASI NUMERASI DI ERA DIGITAL BAGI PENDIDIK ABAD 2.
Khakima, L. N., Marlina, L., & Zahra, S. F. A. (2021). PENERAPAN LITERASI NUMERASI DALAM PEMBELAJARAN SISWA MI/SD. Prosiding SEMAI: Seminar Nasional PGMI, 1, 775–792.
Khotimah, K., Akbar, S., & Sa’dijah, C. (2018). Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah.
Khusaini, & Muvera. (2020). Prestasi Belajar dan Karakteristik Orang Tua: Studi Perbandingan Sekolah Menengah Atas Perkotaan-Pedesaan. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha.
Kusumaningtyas, S. I. (2022). PENGGUNAAN GOOGLE SITES DAN VIDEO PEMBELAJARAN SELAMA PANDEMI COVID-19 PADA MATERI DIMENSI TIGA. SCIENCE : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika dan IPA, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.51878/science.v2i1.914
Mahmud, M. R., & Pratiwi, I. M. (2019). LITERASI NUMERASI SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH TIDAK TERSTRUKTUR. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.22236/KALAMATIKA.vol4no1.2019pp69-88
Mardin, H., & Nane, L. (2020). PELATIHAN PEMBUATAN DAN PENGGUNAAN GOOGLE SITES SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KEPADA GURU MADRASAH ALIYAH SE-KABUPATEN BOALEMO. Jurnal Abdimas Gorontalo (JAG), 3(2), 78–82. https://doi.org/10.30869/jag.v3i2.652
Medila, S., & Suryani, M. (2023). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Game Based Learning (GBL) terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa. 7.
Pratiwi, A. S., & Musfiroh, T. (2014). PENGEMBANGAN MEDIA GAME DIGITAL EDUKATIF UNTUK PEMBELAJARAN MENULIS LAPORAN PERJALANAN SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. LingTera, 1(2), 123. https://doi.org/10.21831/lt.v1i2.2590
Radityastuti, E. Y., Lukman, H. S., & Agustiani, N. (2023). IMPLEMENTASI DIGITAL GAME-BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP. AXIOM : Jurnal Pendidikan dan Matematika, 12(1), 96. https://doi.org/10.30821/axiom.v12i1.16047
Sinaga, N. R., Anakampun, R., Sitompul, S. R., Nababan, D., & Simatupang, R. (2024). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Game Based Learning Terhadap Minat Belajar PAK Siswa Kelas IX SMP Negeri 4 Doloksanggul Kabupaten Humbang Hasundutan Tahun Pembelajaran 2024/2025.
Susanti, P., Jayadi, P., Hidayati, N. R., Riyanto, S., & Kiswardianta, R. B. (2023). PELATIHAN PEMBUATAN GOOGLE SITES SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEBSITE BAGI GURU SMK CENDEKIA MADIUN. Jurnal Terapan Abdimas, 8(1), 141. https://doi.org/10.25273/jta.v8i1.14022
Ulfa, E. M., Nuri, L. N., Sari, A. F. P., Baryroh, F., Ridlo, Z. R., & Wahyuni, S. (2022). Implementasi Game Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(6), 9344–9355. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.3742
DOI: https://doi.org/10.46576/rjpkm.v6i1.5235
Article Metrics
Abstract view : 43 timesPDF – 14 times
Refbacks
Copyright (c) 2025 Copyright © 2025 by Author, Published by Dharmawangsa University Community Service Institution
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat telah terindex pada
RESWARA : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT published by :
LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 MedanKontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jpm_reswara@dharmawangsa.ac.id
Reswara : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/reswara/index.