Penerapan Game-Based Learning dan Pelatihan Google Sites dalam Meningkatkan Literasi Guru dan Siswa

Muh. Rahmat, Ruri muhammad primatama danreng, Rustinah Rustinah, Ashar Ashar

Abstract


Peraturan Mendikbudristek No. 12 Tahun 2024, kurikulum merdeka ditetapkan secara resmi menjadi kerangka dasar dan struktur kurikulum untuk seluruh satuan pendidikan di Indonesia. Kurikulum merdeka juga memberikan kepercayaan yang lebih besar kepada guru untuk merancang pembelajaran sesuai konteks, kebutuhan peserta didik dan kondisi satuan pendidikan mengingat begitu beragam kondisi satuan pendidikan dan daerah di Indonesia. Namun faktanya di lapangan Berdasarkan observasi, terdapat beberapa fakta yang sering ditemui terkait kendala guru dalam merancang media pembelajaran serta literasi dan numerasi siswa yang masih tergolong rendah. Program pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan literasi dan numerasi siswa di SDN 10 Bonto serta meningkatkan kemampuan guru untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis teknologi. Program ini mencakup pelatihan guru tentang penggunaan Google Sites serta penerapan pembelajaran berbasis game yaitu Game-Based Learning (GBL) untuk siswa. Mitra pengabdian adalah para guru dan siswa kelas II dan III di SDN 10 Bonto, Desa Bonto Birao, Kecamatan Tondong Tallasa, Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan. Metode meliputi observasi awal, pelatihan guru tentang penggunaan Google Sites, serta penerapan pembelajaran berbasis game (Game-Based Learning) GBL untuk siswa. Hasil menunjukkan peningkatan kemampuan guru dalam menggunakan Google Sites secara mandiri untuk menciptakan media pembelajaran yang interaktif dan kreatif. Selain itu, siswa menunjukkan pemahaman literasi dan numerasi dasar yang lebih baik melalui aktivitas interaktif GBL. Keberhasilan program diukur melalui keterlibatan aktif guru dan siswa, peningkatan keterampilan digital guru, serta antusiasme siswa dalam pembelajaran. Program ini memberikan solusi praktis untuk mendukung implementasi Kurikulum Merdeka secara efektif


Keywords


Game-Based Learning; Google Sites; Literasi Digital

Full Text:

PDF

References


Anwas, O. M. (2019). KONTRIBUSI PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DI DAERAH TERTINGGAL CONTRIBUTION OF INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGY UTILIZATION IN THE UNDERDEVELOPED AREA. Jurnal Teknodik, 018–028. https://doi.org/10.32550/teknodik.v17i3.559

Devya, L. M., Siswono, T. Y. E., & Wiryanto, W. (2022). Penggunaan Google Sites Materi Pecahan untuk Meningkatkan Aktivitas dan Kemampuan Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7518–7525. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3550

Herawan, E. (2021). LITERASI NUMERASI DI ERA DIGITAL BAGI PENDIDIK ABAD 2.

Khakima, L. N., Marlina, L., & Zahra, S. F. A. (2021). PENERAPAN LITERASI NUMERASI DALAM PEMBELAJARAN SISWA MI/SD. Prosiding SEMAI: Seminar Nasional PGMI, 1, 775–792.

Khotimah, K., Akbar, S., & Sa’dijah, C. (2018). Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah.

Khusaini, & Muvera. (2020). Prestasi Belajar dan Karakteristik Orang Tua: Studi Perbandingan Sekolah Menengah Atas Perkotaan-Pedesaan. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha.

Kusumaningtyas, S. I. (2022). PENGGUNAAN GOOGLE SITES DAN VIDEO PEMBELAJARAN SELAMA PANDEMI COVID-19 PADA MATERI DIMENSI TIGA. SCIENCE : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika dan IPA, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.51878/science.v2i1.914

Mahmud, M. R., & Pratiwi, I. M. (2019). LITERASI NUMERASI SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH TIDAK TERSTRUKTUR. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.22236/KALAMATIKA.vol4no1.2019pp69-88

Mardin, H., & Nane, L. (2020). PELATIHAN PEMBUATAN DAN PENGGUNAAN GOOGLE SITES SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KEPADA GURU MADRASAH ALIYAH SE-KABUPATEN BOALEMO. Jurnal Abdimas Gorontalo (JAG), 3(2), 78–82. https://doi.org/10.30869/jag.v3i2.652

Medila, S., & Suryani, M. (2023). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Game Based Learning (GBL) terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa. 7.

Pratiwi, A. S., & Musfiroh, T. (2014). PENGEMBANGAN MEDIA GAME DIGITAL EDUKATIF UNTUK PEMBELAJARAN MENULIS LAPORAN PERJALANAN SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. LingTera, 1(2), 123. https://doi.org/10.21831/lt.v1i2.2590

Radityastuti, E. Y., Lukman, H. S., & Agustiani, N. (2023). IMPLEMENTASI DIGITAL GAME-BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP. AXIOM : Jurnal Pendidikan dan Matematika, 12(1), 96. https://doi.org/10.30821/axiom.v12i1.16047

Sinaga, N. R., Anakampun, R., Sitompul, S. R., Nababan, D., & Simatupang, R. (2024). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Game Based Learning Terhadap Minat Belajar PAK Siswa Kelas IX SMP Negeri 4 Doloksanggul Kabupaten Humbang Hasundutan Tahun Pembelajaran 2024/2025.

Susanti, P., Jayadi, P., Hidayati, N. R., Riyanto, S., & Kiswardianta, R. B. (2023). PELATIHAN PEMBUATAN GOOGLE SITES SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEBSITE BAGI GURU SMK CENDEKIA MADIUN. Jurnal Terapan Abdimas, 8(1), 141. https://doi.org/10.25273/jta.v8i1.14022

Ulfa, E. M., Nuri, L. N., Sari, A. F. P., Baryroh, F., Ridlo, Z. R., & Wahyuni, S. (2022). Implementasi Game Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(6), 9344–9355. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.3742




DOI: https://doi.org/10.46576/rjpkm.v6i1.5235

Article Metrics

Abstract view : 43 times
PDF – 14 times

Refbacks



Copyright (c) 2025 Copyright © 2025 by Author, Published by Dharmawangsa University Community Service Institution

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat telah terindex pada

  

JournalStories Main logo 

MEMBER OF

RJI Main logo 

  Crossref Sponsoring Member Badge 

JOURNAL CITATION

  


RESWARA : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT published by :

LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jpm_reswara@dharmawangsa.ac.id

 

Creative Commons License
Reswara : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/reswara/index.