Edukasi Pengenalan Alat Ukur Dasar Fisika di SMP Laboratorium Universitas Pattimura

Stevi Silahooy, Estevanus Kristian Huliselan, Altje Latununuwe, Delpina Nggolaon, Frandy Akyuwen, Yohana Ririhena

Abstract


Minimnya kegiatan sosialisasi mengenai konsep dasar materi pelajaran di SMP Laboratorium UNPATTI mengakibatkan ketidakpahaman dan berkurangnya partisipasi aktif dari siswa dalam proses pembelajaran khususnya fisika. Hal ini tercermin dalam rendahnya rata-rata tingkat respon siswa pada hasil pre-test, yang menunjukkan kurangnya keterlibatan aktif dan pemahaman siswa dalam proses pembelajaran. Sebagai upaya untuk meningkatkan pemahaman dan minat siswa, kegiatan pengabdian ini difokuskan pada pengenalan alat ukur dasar fisika dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Kegiatan ini diikuti oleh 34 siswa kelas 7 SMP Laboratorium UNPATTI, yang dilaksanakan dengan menggunakan metode CPDL (ceramah plus demonstrasi dan latihan). Selama kegiatan, siswa diajak untuk memahami konsep dasar alat ukur fisika dengan cara yang lebih praktis dan menarik, yang bertujuan untuk menumbuhkan pemahaman langsung dan relevansi materi pelajaran dengan kehidupan mereka. Evaluasi hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam respon dan minat siswa terhadap pembelajaran fisika, yang menunjukkan keberhasilan metode yang diterapkan dalam meningkatkan partisipasi aktif siswa dalam proses belajar


Keywords


Alat Ukur Dasar Fisika; CPBL; Minat Siswa; Tingkat Respon Siswa; Umpan Balik

Full Text:

PDF

References


Busa, E. N. (2023). Faktor Yang Mempengaruhi Kurangnya Keaktifan Peserta Didik Dalam Kegiatan Pembelajaran Di Kelas. Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 2(2), 114–122. https://doi.org/10.55606/inovasi.v2i2.764

Diana, F., & Wahyuni, F. A. (2021). Efektivitas Metode Ceramah plus Demonstrasi dan Latihan dalam Meningkatkan Pemahaman Ubudiyah Santriwati pada Program Kuliah Subuh. Fakta: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 78. https://doi.org/10.28944/fakta.v1i2.302

Eccles, J., & Wigfield, A. (2002). Motivational beliefs , values , and goals Reproduced with permission of the copyright owner . Further reproduction prohibited without permission . Annual Review of Psychology, 53, 109–132.

Elyas Ananda Hadi, Iskandar, Eddy, S. (2020). Inovasi Model Sosialisasi Peran Serta Masyarakat Kecamatan Hamparan Perak Dalam Pemilu. Jurnal Warta Edisi, 14(1), 137–149.

Fajari, L. E. W., Sa’diyah, H., Aini, S., & Dzakiroh, F. (2022). Sosialisasi Pentingnya Pendidikan Bagi Generasi Muda di Kelurahan Cikerai Kecamatan Cibeber Kota Cilegon. I-Com: Indonesian Community Journal, 2(2), 416–425. https://doi.org/10.33379/icom.v2i2.1609

Grabau, L. J., & Ma, X. (2017). Science engagement and science achievement in the context of science instruction: a multilevel analysis of U.S. students and schools. International Journal of Science Education, 39(8), 1045–1068. https://doi.org/10.1080/09500693.2017.1313468

Hamdani M., Prayitno B. A., & Karyanto P. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Metode Eksperimen. Proceeding Biology Education Conference, 16(Kartimi), 139–145.

Karisma, E. T., Setiawan, D., & Oktavianti, I. (2022). Analisis Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran Kelas Iv Sdn Jleper 01. Jurnal Prasasti Ilmu, 2(3). https://doi.org/10.24176/jpi.v2i3.8366

Kırılmazkaya, G., & Dal, S. N. (2022). Effect of Hands-On Science Activities on Students’ Academic Achievement and Scientific Attitude. International Journal of Education and Literacy Studies, 10(4), 56–61. https://doi.org/10.7575/aiac.ijels.v.10n.4p.56

Liliana, R. A., Raharjo, W., Jauhari, I., & Sulisworo, D. (2020). Effects of the online interactive learning media on student’s achievement and interest in physics. Universal Journal of Educational Research, 8(3 B), 59–68. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.081507

Muhaimin, Y. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Metode CPDL (Ceramah Plus Demonstrasi dan Latihan) pada Siswa Kelas VIII G SMPN 5 Mandai. Equals, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.46918/eq.v3i1.551

Nurfadillah, S., Ramadhanty, S., Ajzahro, S., Yuniar, W., Hilmiyah, Z., & Muhammadiyah Tangerang, U. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Microsoft Power Point Di Sdn Sarakan Ii Tangerang. Jurnal Pendidikan Dan Dakwah, 3(2), 368–385. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pandawa

Prasetyo, E., Mapparenta, S., Grogot, T., & Negeri Makassar, U. (2022). Implementasi Pembelajaran Praktikum Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Di SMKN 2 Tanah Grogot. Jurnal Profesi Kependidikan, 3(1 Apr), 129–134. https://ojs.unm.ac.id/JPK/article/view/27649

Prawiyogi, A. G., Sadiah, T. L., Purwanugraha, A., & Elisa, P. N. (2021). Penggunaan Media Big Book untuk Menumbuhkan Minat Membaca di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 446–452. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.787

Purnomo, Heru, Nugraha, Febby Fajar, Rahayu, G. D. S. (2021). The Effect of The Hands on Activity Learning Model on Science Process Skills In Elementary School Students. Journal of Elementary Education, 5(2), 210–222.

Putri, W. A., Astalini, A., & Darmaji, D. (2022). Analisis Kegiatan Praktikum untuk Dapat Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Kemampuan Berpikir Kritis. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 3361–3368. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2638

Renninger, K. A., & Hidi, S. E. (2022). Interest development, self-related information processing, and practice. Theory into Practice, 61(1), 23–34. https://doi.org/10.1080/00405841.2021.1932159

Rizal, Rahmat, Suhandi, A. (2017). Penerapan Pendekatan Demonstrasi Interaktif untuk Meningkatkan Keterampilan Dasar Proses Sains Siswa. Gravity: Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Fisika, 3(1), 40–50.

Rugayya, S., Iqbal, Nismayanti, A., Kasim, S., & Syamsiah, L. (2022). Pelatihan Penggunaan Alat Ukur Dasar Bagi Siswa Kelas X SMA IT Al Fahmi Palu. Indonesian Journal of Community Empowerment and Service (ICOMES), 2(2), 115–118. https://doi.org/10.33369/icomes.v2i2.25507

Trismayanti, S. (2019). Strategi Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Islam, 17(2), 141–158.

Wulandari, E. (2022). Pemanfaatan Powerpoint Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Dalam Hybrid Learning. JUPEIS : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(2), 26–32. https://doi.org/10.55784/jupeis.vol1.iss2.34

Zahara, Rita, Wahyuni, Agus, Mahzum, E. (2017). PERBANDINGAN PEMBELAJARAN METODE PRAKTIKUM BERBASIS KETERAMPILAN PROSES DAN METODE PRAKTIKUM BIASA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA Rita Zahara, Agus Wahyuni, Elmi Mahzum. 2(1), 170–174.




DOI: https://doi.org/10.46576/rjpkm.v6i1.5214

Article Metrics

Abstract view : 11 times
PDF – 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Copyright © 2025 by Author, Published by Dharmawangsa University Community Service Institution

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat telah terindex pada

  

JournalStories Main logo 

MEMBER OF

RJI Main logo 

  Crossref Sponsoring Member Badge 

JOURNAL CITATION

  


RESWARA : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT published by :

LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jpm_reswara@dharmawangsa.ac.id

 

Creative Commons License
Reswara : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/reswara/index.