Implementasi Alat Peraga Remlab SP1 Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa dalam Pembelajaran Fisika

Sri Herwiningsih, Hari Arief Dharmawan, Dyonisius Joseph Djoko Herry Santjojo, Masruroh Masruroh, Istiroyah Istiroyah

Abstract


Mata pelajaran Fisika merupakan mata pelajaran yang kurang diminati siswa sekolah menengah karena identik dengan rumus-rumus yang sulit. Penggunaan alat peraga pendidikan dapat membantu siswa untuk memahami konsep suatu materi pelajaran dengan lebih baik. Sayangnya, tidak semua sekolah memiliki sarana dan prasarana pembelajaran yang memadai, termasuk ketersediaan alat peraga. Pengabdian ini bertujuan untuk mensosialisasikan alat peraga RemLab SP1 dan mengevaluasi dampak penggunaan alat ini dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi kelistrikan, khususnya rangkaian listrik. Peserta kegiatan pengabdian adalah guru Fisika dan 23 orang siswa kelas XII MA Muhammadiyah 1 Kota Malang. Kegiatan yang dilakukan berupa sosialisasi, pemaparan penggunaan alat peraga, dan praktik penggunaan alat RemLab SP1 oleh siswa dan guru. Berdasarkan kuesioner kegiatan yang diisi oleh siswa, diketahui bahwa terjadi perubahan tingkat pemahaman siswa terhadap materi kelistrikan yang lebih baik setelah menggunakan alat RemLab SP1. Selain itu, kemampuan siswa dalam mengukur hambatan, tegangan, dan menghitung hambatan pengganti pada rangkaian seri, paralel, dan kombinasi juga menjadi lebih baik. Dari kegiatan ini juga diketahui bahwa penggunaan kombinasi berbagai metode pembelajaran lebih disukai oleh siswa, yang meliputi metode ceramah klasikal, dan demo dengan alat peraga maupun dengan virtual lab.


Keywords


Alat Peraga; Pembelajaran Fisika; Remlab SP1

Full Text:

PDF

References


Abdi, M. U., Mustafa, M., & Pada*, A. U. T. (2021). Penerapan Pendekatan STEM Berbasis Simulasi PhET Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Peserta Didik. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 5(3), 209–218. https://doi.org/10.24815/jipi.v5i3.21774

Ahmad, L. S., Dian Utami, Tessa Zerina Naryamastri, & Hari Anggito. (2024). Dampak Pembelajaran Fisika Menggunakan Alat Peraga Venturimeter pada Materi Fluida Dinamis. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 7(1), 222–234. https://doi.org/10.23887/jippg.v7i1.69230

Ama Ki`i, O., & Egidius Dewa. (2020). Simulasi Phet sebagai media pembelajaran berbasis komputer pada model pembelajaran team games tournament untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar fisika mahasiswa. JARTIKA Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 3(2), 360–367. https://doi.org/10.36765/jartika.v3i2.294

Arifudin. (2021). Penggunaan Laboratorium Virtual Phet untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa SMA. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 2(6), 906–916. https://doi.org/10.47387/jira.v2i6.174

Fatonah, U., Wirayuda, R. P., Wibisono, G., & Sakahuni, S. (2020). Analisis minat belajar kelas XI SMA Negeri 1 Sungai Penuh pada pembelajaran fisika. Jurnal Sains Dan Pendidikan Fisika, 16(02), 2548–6373.

Fitriani, R., & Erna, Y. (2022). Hubungan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Fisika Kelas XI MIPA SMA Negeri 4 Kota Jambi. Journal Evaluation in Education (JEE), 3(3), 72–76. https://doi.org/10.37251/jee.v3i3.231

Ganggiwati. (2021). Upaya peningkatan hasil belajar fisika konsep cahaya melalui pemanfaatan alat peraga bagi siswa kelas VIII A SMPN 2 Sawangan Magelang Jawa Tengah. STRATEGY : Jurnal Inovasi Strategi Dan Model Pembelajaran, 1(1), 55–61. https://doi.org/10.51878/strategi.v1i1.355

Jiniarti, B. E., Sahidu, H., & Verawati, N. N. S. P. (2017). Implementasi model problem based learning berbantuan alat peraga untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar fisika siswa kelas VIII SMPN 22 Mataram Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 1(3), 185–192. https://doi.org/10.29303/jpft.v1i3.257

Khoiri, N., & Fauziyah, R. (2020). Efektivitas Penggunaan Alat Peraga dengan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Keterampilan Generik Sains pada Materi Kinematika Gerak Kelas X SMA. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 11(1), 63–68. https://doi.org/10.26877/jp2f.v11i1.5737

Purwanto, A. E., Susanti, N., & Hendri, M. (2016). Studi perbandingan hasil belajar siswa menggunakan media PHET simulations dengan alat peraga pada pokok bahasan listrik magnet di kelas IX SMPN 12 Kabupaten Tebo. EduFisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 1(1), 22–27.

Rahma, Y. T., Putri, D. H., & Syarkowi, A. (2023). Analisis kebutuhan alat peraga sederhana dalam melatihkan keterampilan proses sains siswa pada pembelajaran fisika. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 14(1), 57–66. https://doi.org/10.26877/jp2f.v14i1.13753

Ramadani, E. M., & Nana. (2020). Penerapan problem based learning berbantuan virtual lab phet pada pembelajaran fisika guna meningkatkan pemahaman konsep siswa SMA : Literature Review. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online (JPFT), 8(1), 87–92.

Revvina, E., Arini, W., & Amin, A. (2023). Penerapan Pembelajaran Fisika Berbasis Media Laboratorium Virtual PheT Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI SMA. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 14(2), 161–168. https://doi.org/10.26877/jp2f.v14i2.16752

Riantoni, C., Astalini, A., & Darmaji, D. (2019). Studi penggunaan PhET Interactive Simulations dalam pembelajaran fisika. Jurnal Riset Dan Kajian Pendidikan Fisika, 6(2), 71–75. https://doi.org/10.12928/jrkpf.v6i2.14202

Rizaldi, D. R., Jufri, A. W., & Jamaluddin, J. (2020). PhET: simulasi interaktif dalam proses pembelajaran fisika. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(1), 10–14. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i1.103

Sandari, T. (2021). Analisis Minat Siswa Terhadap Mata Pelajaran Fisika Di SMA N 1 Batanghari. Journal of Physics Education, 2(4), 72–75. https://doi.org/10.37251/sjpe.v1i4.475

Verdian, F., Jadid, M. A., & Rahmani, M. N. (2021). Studi penggunaan media simulasi PhET dalam pembelajaran fisika. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Fisika, 1(2), 39–44.




DOI: https://doi.org/10.46576/rjpkm.v6i1.5126

Article Metrics

Abstract view : 17 times
PDF – 10 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 by Author, Published by Dharmawangsa University Community Service Institution

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat telah terindex pada

  

JournalStories Main logo 

MEMBER OF

RJI Main logo 

  Crossref Sponsoring Member Badge 

JOURNAL CITATION

  


RESWARA : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT published by :

LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jpm_reswara@dharmawangsa.ac.id

 

Creative Commons License
Reswara : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/reswara/index.