SOSIALISASI PENCEGAHAN DIARE DAN PEMBUATAN ORALIT DI SEKOLAH DASAR KABUPATEN BONE

Megawati Sibulo, Irawati Irawati, Najman Najman, Muhammad Basri, Kistan Kistan

Abstract


Diare merupakan penyakit menular yang menginfeksi saluran pencernaan yang ditandai dengan konsistensi tinja yang cair dengan frekuensi yang meningkat. Penyakit ini termasuk penyakit yang paling sering menimbulkan kejadian Luar Biasa dalam beberapa tahun terakhir. Dalam upaya untuk menurunkan risiko peningkatan penyakit diare yang sering meningkat maka dilakukan upaya pencegahan penyakit sejak dini dimulai dari anak dengan usia sekolah. Kegiatan ini di laksanakan di sekolah dasar kabupaten Bone. Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran siswa terhadap pencegahan penyakit diare dan bagimana Pembuatan Oralit sebagai penanganan awal saat terjadi diare. Sosialisasi dilakukan dengan pendekatan yang mendidik dan menyenangkan dengan menggunakan beberapa media bantu yang interaktif seperti Power Point, Video dan lagu “aku anak sehat tubuhku kuat”. Proses pembelajaran di desain semenarik mungkin dengan melibatkan siswa guru dan tim agar berjalan sesuai dengan yang di rencanakan.Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar kuesioner dan observasi langsung. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa kegiatan ini mencapai tingkat keberhasilan yang cukup signifikan. Nilai ini dapat disajikan dengannnilai N-gain sebesar 0.68, yang berarti siswa mengalami peningkatan pemahaman sebesar 68% setelah mengikuti kegiatan ini.


Keywords


Diare; Oralit; Siswa

Full Text:

PDF

References


Ahyar, M. (2019). Game Simulasi Desain Model Dan Modifikasi Mobil Dua Dimensi Berbasis Android. Jurnal biquitous: Computers

its Applications Journal, 2(1), 39-44.

Annisa, A. (2022). Diagnosis dan Penatalaksanaan pada Anak Usia 5 Tahun dengan Diare Akut Tanpa Dehidrasi. Jurnal Penelitian Perawat Profesional, 4(1), 45-52.

Asela, S., et al. (2020). Peran media interaktif dalam pembelajaran PAI bagi gaya belajar siswa visual. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(7), 1297-1304.

Depkes. (2010). Situasi Diare di Indonesia. Jakarta: Data dan Informasi Kesehatan.

Gultom, M. M., et al. (2018). Hubungan konsumsi makanan jajanan dengan diare pada anak di sdn 3 gogagoman kecamatan kotamobagu barat kota kotamobagu. Jurnal Keperawatan, 6(1).

Hayudityas, B. (2020). Pentingnya penerapan pendidikan mitigasi bencana di Sekolah untuk mengetahui kesiapsiagaan peserta didik. Jurnal edukasi nonformal, 1(2), 94-102.

Huljannah, M. (2021). Pentingnya proses evaluasi dalam pembelajaran Di sekolah dasar. Jurnal Educator, 2(2), 164-180.

Ibrahim, I., et al. (2021). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Diare pada Siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, Indonesia. Indonesian Journal of Public Health Nutrition, 2(1).

Juwati, J., et al. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Teori Sastra Mengunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker Di Stkip-Pgri Lubuklinggau. Jurnal Diklastri: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran, Linguistik, Bahasa Indonesia, dan Sastra Indonesia, 1(2), 85-91.

Kemenkes, R. (2022). Rencana Aksi Program Tahun 2020-2024: Dirjen Pencegahan Dan Pengendalian Penyakit.

Nomleni, F. T., & Manu, T. S. N. (2018). Pengembangan media audio visual dan alat peraga dalam meningkatkan pemahaman konsep dan pemecahan masalah. Jurnal Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(3), 219-230.

Purwati, H., & Wuri, D. E. (2017). Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa dengan gaya belajar kompetitif. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematik, 4(2), 17-23.

Siregar, P. A., et al. (2023). Epidemiologi Penyakit Diare. JK: Jurnal Kesehatan, 1(1), 36-42.

Sumarli, S., et al. (2018). Keefektifan Model Pembelajaran Creative Problem Solving Berpendekatan Inquiry terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa. Jurnal Physics Communication, 2(1), 63-69.

Tsinallah, N., et al. (2022). Peningkatan Pengetahuan Anak Usia Dini Terhadap Perilaku Cuci Tangan Dengan Penerapan Media Modern. Paper presented at the Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ.

Yunanto, A. K. Z., et al. (2020). Proses Penguatan Karakter Percaya Diri Pada Siswa Melalui Metode Diskusi Tanya Jawab Pada Pembelajaran Tematik Kelas Iv Di Sdn Cilaku. Jurnal Attadib: Journal of Elementary Education, 4(2), 99-109.




DOI: https://doi.org/10.46576/rjpkm.v6i1.5122

Article Metrics

Abstract view : 4 times
PDF – 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 by Author, Published by Dharmawangsa University Community Service Institution

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat telah terindex pada

  

JournalStories Main logo 

MEMBER OF

RJI Main logo 

  Crossref Sponsoring Member Badge 

JOURNAL CITATION

  


RESWARA : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT published by :

LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jpm_reswara@dharmawangsa.ac.id

 

Creative Commons License
Reswara : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/reswara/index.