Optimalisasi Pengetahuan Mahasiswa dalam Konsep Dasar Penelitian, Metode Penelitian Pendidikan, dan Publikasi Artikel Ilmiah

Mas Akhbar Faturrahman, Fiqri Hidayat, Nira Nirmala, Saripah Nur Asikin, Rizki Cantika Febiola, Paros Priskila Angela, Ivan Ivan, Dian Maryani, Dinda Dwi Lestari, Rexy Maulana Dwi Karmadi

Abstract


Penelitian menjadi salah satu komponen dari tridarma perguruan tinggi yang tidak terlepas dari civitas academica. Pemahaman tentang penelitian di bidang pendidikan menjadi suatu hal yang sangat penting karena berperan secara langsung dalam memecahkan berbagai permasalahan pendidikan. Namun, mahasiswa umumnya masih belum memahami dan menguasai konsep dasar penelitian dan metode penelitian pendidikan. Selain itu, kurangnya pemahaman mahasiswa terhadap tata cara publikasi artikel ilmiah yang baik dan benar menjadi suatu permasalahan. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk memberikan informasi yang dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa dalam mengoptimalkan pengetahuan mereka terhadap konsep dasar penelitian, metode penelitian pendidikan, dan publikasi artikel ilmiah. Kegiatan pengabdian dilaksanakan secara luring dalam bentuk seminar yang dihadiri oleh 69 orang peserta yang merupakan mahasiswa Universitas Tanjungpura. Pada kegiatan seminar yang dilaksanakan, narasumber menyampaikan empat materi yang mencakup “Konsep Dasar Penelitian”, “Metode Penelitian Pendidikan”, “Mengenal Jurnal dan Artikel Ilmiah”, dan “Prosedur Submit Artikel Ilmiah”. Berdasarkan hasil pengisian angket evaluasi kegiatan, kegiatan seminar yang dilaksanakan menunjukkan tingkat minat mahasiswa yang cukup tinggi dalam memahami konsep dasar penelitian, metode penelitian pendidikan, dan publikasi artikel ilmiah. Namun, terdapat beberapa kekurangan pada pelaksanaan kegiatan seminar yang menjadi bahan evaluasi untuk lebih meningkatkan keaktifan partisipasi dan minat peserta dalam pelaksanaan dan keberlanjutan kegiatan

Keywords


Konsep Dasar Penelitian; Optimalisasi Pengetahuan; Metode Penelitian Pendidikan; Publikasi Artikel Ilmiah

Full Text:

PDF

References


Alifah, S. (2021). Peningkatan Kualitas Pendidikan di Indonesia untuk Mengejar Ketertinggalan dari Negara Lain. CERMIN: Jurnal Penelitian, 5(1), 113–123. https://doi.org/10.36841/cermin_unars.v5i1.968

Ali, M. M., Hariyati, T., Pratiwi, M. Y., & Afifah, S. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Penerapannya dalam Penelitian. JPIB: Jurnal Penelitian Ibnu Rusyd, 1(2), 1–5. https://ojs.stai-ibnurusyd.ac.id/index.php/jpib/article/view/86

Arribathi, A. H., Saryani, S., & Haris, H. (2019). Perancangan Aplikasi Smart Seminar dan Workshop Berbasis Website. Journal CERITA, 5(2), 156–164. https://doi.org/10.33050/cerita.v5i2.409

Arsyam, M., & Tahir, Muh. Y. (2021). Ragam Jenis Penelitian dan Perspektif. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 37–47. https://doi.org/10.55623/au.v2i1.17

Budairi, A. (2016). Understanding Key Concepts in Educational Research Through a Review of Two Research Articles. ADJES (Ahmad Dahlan Journal of English Studies), 3(2), 11–21. https://doi.org/10.26555/adjes.v3i2.4985

Busa, E. N. (2023). Faktor yang Mempengaruhi Kurangnya Keaktifan Peserta Didik dalam Kegiatan Pembelajaran di Kelas. Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 2(2), 114–122. https://doi.org/10.55606/inovasi.v2i2.764

Elfira, I., Syamsurizal, S., & Lufri, L. (2023). Systematic Literature Review: Efektivitas Penggunaan Google Form untuk Evaluasi Pembelajaran. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 93–109. https://doi.org/10.33365/jm.v5i2.2811

Elmore, S. A., & Weston, E. H. (2020). Predatory Journals: What They Are and How to Avoid Them. Toxicologic Pathology, 48(4), 607–610. https://doi.org/10.1177/0192623320920209

Fadli, M. R. (2021). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

Faturrahman, M. A., Mitha, M., Anisa, A., Andini, D. T., Fiana, A. S., Wiyono, H., & Randang, E. (2024). Pelatihan Pembuatan Desain Slide Presentasi dengan Canva untuk Peserta Didik SMKS YPK Pontianak. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 247–258. https://doi.org/10.46576/rjpkm.v5i1.3913

Faturrahman, M. A., Titin, T., Nusantoro, B. P., Putri, R. R., Novahisa, P., Ayu, N. A. K., & Sandra, K. M. (2023). Pemanfaatan Aplikasi Mendeley sebagai Sistem Manajemen Referensi untuk Mengoptimalisasi Penulisan Karya Ilmiah Mahasiswa. Abditeknika Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 60–68. https://doi.org/10.31294/abditeknika.v3i2.2411

Hanafiah, H., Sauri, R. S., Mulyadi, D., & Arifudin, O. (2021). Pelatihan Software Mendeley dalam Peningkatan Kualitas Artikel Ilmiah bagi Mahasiswa. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 5(2), 213–220. https://doi.org/10.22437/jkam.v5i2.15334

Hidayat, F. P., Kemal, I., Hadipramana, J., & Pradesyah, R. (2023). Pendampingan Produksi Teh Jeruju sebagai Produk Unggulan Masyarakat Nelayan Desa Jaring Halus. Ihsan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 197–205.

Khoerunisa, T., & Amirudin, A. (2020). Pengaruh Ice Breaking terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA di Kelas III Sekolah Dasar Islam Terpadu Nuurusshiddiiq Kedawung Cirebon. EduBase, 1(1), 84–92. http://journal.bungabangsacirebon.ac.id/index.php/edubase/article/view/47

Kurnia, H., Sulaeman, A. A., Setiawan, I., Nuryono, A., & Herindiyati, H. (2023). Peningkatan Keterampilan Author dan Reviewer dalam Publikasi Karya Ilmiah melalui Pelatihan Implementasi Open Journal System (OJS) 3. Lentera Pengabdian, 1(4), 451–461. https://doi.org/10.59422/lp.v1i04.230

Manullang, M., Erma, Z., Razali, M., Rini, R., Tampubolon, M., & Sitepu, E. (2021). Sosialisasi Penggunaan Aplikasi Turnitin bagi Dosen dalam Upaya Menghindari Plagiarisme. Journal Liaison Academia and Society, 1(3), 26–33. https://doi.org/10.58939/j-las.v1i3.200

Nashihuddin, W. (2020). Mediatisasi Kebijakan Penerbitan E-journal dengan Open Journal System di Indonesia. TIK Ilmeu: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 4(1), 1–18. https://doi.org/10.29240/tik.v4i1.1176

Nurhadi, A., Mufarrikoh, Z., Indahsari, K., Riskiyah, E. M., & Ifadhah, H. (2024). Tridarma Perguruan Tinggi (Teori dan Praktik). IAIN Madura Press.

Nurhastuti, D., Haryanta, H., & Indaryani, N. (2016). Persepsi Mahasiswa terhadap Sistem Layanan Unggah Mandiri Karya Akhir Mahasiswa (UMKAM) di Perpustakaan UGM. Berkala Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 12(2), 80–90. https://doi.org/10.22146/bip.17235

Pemerintah Pusat Republik Indonesia. (2012). Undang-undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi. https://peraturan.bpk.go.id/Details/39063/uu-no-12-tahun-2012

Prabowo, R. E. (2014). Mengisi Kesenjangan antara Jumlah Hasil Penelitian Mahasiswa dalam Bidang Biologi dan Ketersediaan Media Publikasinya. Scripta Biologica, 1(1), i. https://doi.org/10.20884/1.sb.2014.1.1.38

Purwanto, A., Pramono, R., Bernarto, I., Asbari, M., Santoso, P. B., Ong, F., Kusumaningsih, W., Mustikasiwi, A., Prameswari, M., Wijayanti, L. M., & Hyun, C. C. (2020). Minat dan Hambatan Publikasi Artikel pada Jurnal Internasional Bereputasi: Studi Eksploratori pada Mahasiswa Doktoral di Sebuah Perguruan Tinggi Swasta di Jakarta. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(1), 219–228. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v4i1.348

Romlah, R., Bahfen, M., Shofiyah, S., Asni, A., Karimah, U., Taufiqurohman, H., Nugroho, H., & Nafelia, M. (2023). Peningkatan Pemahaman Metodologi Penelitian kepada Peserta Praktikum Penelitian Mahasiswa Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta. Prosiding Seminar Nasional LPPM UNJ, 1–5. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat/article/view/21036

Rukminingsih, R., Adnan, G., & Latief, M. A. (2020). Metode Penelitian Pendidikan: Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas. Erhaka Utama.

Santosa, P. I. (2021). Metodologi Penelitian. Universitas Terbuka.

Sinambela, L. P. (2020). Penelitian Kuantitatif: Suatu Pengantar. Prismakom, 17(1), 21–36. https://jurnal.stieyasaanggana.ac.id/index.php/yasaanggana/article/view/55

Subekti, A. S. (2021). Pelatihan Menulis Artikel Ilmiah dan Mengirimkannya ke Jurnal Ilmiah. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 5(2), 32–38. https://doi.org/10.37859/jpumri.v5i2.2724

Sugiyono, S. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Penerbit Alfabeta.

Suwondo, S., Pertiwi, S. E., Nugrahani, R., & Setyowati, L. (2022). Pola Pemanfaatan Turnitin di Kalangan Sivitas Akademika Universitas Diponegoro. Warta Perpustakaan Pusat UNDIP, 14(2), 40–48. https://ejournal2.undip.ac.id/index.php/wp/article/view/13350

Thaib, B. P. L., Golung, A. M., & Lesnussa, R. (2017). Peranan Ketersediaan Jurnal Ilmiah dalam Menunjang Proses Belajar bagi Mahasiswa di Perpustakaan Terpadu Politeknik Kesehatan Kemenkes Manado. Acta Diurna Komunikasi, 6(4), 1–11. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/18356

Wahyuni, E. S., Panjaitan, R. G. P., Afandi, A., Ningsih, K., Titin, T., Tenriawaru, A. B., Syamswisna, S., Yeni, L. F., Yuniarti, A., Fajri, H., Candramila, W., Daningsih, E., Mardiyyaningsih, A. N., & Rianita, D. (2024). Pelatihan Pembuatan Ecoprint bagi Mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP UNTAN. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(2), 311–325. https://doi.org/10.31571/gervasi.v8i2.6716

Widodo, B. S. (2021). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Sistematis & Komprehensif. Elga Media

Yuliani, W., & Banjarnahor, N. (2021). Metode Penelitian Pengembangan (RnD) dalam Bimbingan dan Konseling. Quanta Journal, 5(3), 111–118. https://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/quanta/article/view/3051




DOI: https://doi.org/10.46576/rjpkm.v6i1.4977

Article Metrics

Abstract view : 68 times
PDF – 18 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 by Author, Published by Dharmawangsa University Community Service Institution

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat telah terindex pada

  

JournalStories Main logo 

MEMBER OF

RJI Main logo 

  Crossref Sponsoring Member Badge 

JOURNAL CITATION

  


RESWARA : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT published by :

LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jpm_reswara@dharmawangsa.ac.id

 

Creative Commons License
Reswara : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/reswara/index.