Pendampingan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di UPT SDN 4 Passeno

Suleha Ecca, Irwan Irwan, Syamsunir Syamsunir, Bagus Ardika, Ryandi Ryandi, Muhammad Hayat Qais, Muthmainnah muthmainnah

Abstract


Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan di UPT SDN 4 Passeno dengan mitra utama guru dan siswa kelas V. Tujuan dari pengabdian ini adalah meningkatkan keterampilan guru dalam mendesain dan mengimple-mentasikan projek P5, khususnya wirausaha berbasis pertanian melalui budidaya cabai rawit. Cabai rawit dipilih karena memiliki nilai ekonomis dan dapat meningkatkan pemahaman praktis siswa tentang kewirausahaan. Metode pengabdian yang digunakan meliputi sosialisasi program kepada guru, siswa, dan orang tua, pelatihan perancangan dan implementasi projek, serta pelatihan kewirausahaan bagi siswa. Proses pendampingan dilakukan secara intensif dengan evaluasi melalui pre-test dan post-test untuk mengukur keterampilan guru dan siswa. Hasil pengabdian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam keterampilan guru dalam merancang dan melaksanakan projek P5, serta peningkatan keterampilan wirausaha siswa, terutama dalam teknik budidaya dan pemasaran cabai rawit. Partisipasi aktif orang tua dan masyarakat juga mendukung keberhasilan program ini, dengan keberlanjutan yang diupayakan melalui monitoring dan komunikasi aktif via grup WhatsApp


Keywords


Budidaya Cabai Rawit; Kewirausahaan; Pembelajaran Berbasis Proyek; Profil Pelajar Pancasila

Full Text:

PDF

References


Autila, R., Melvina, M., & Yulmiati, Y. (2024). Pendampingan Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Pengabdian Masyarakat Ilmu Pendidikan, 4(1), 14–18. https://doi.org/10.37792/pemimpin.v4i1.1189

Ecca, S., Hanafi, M., Lanta, J., & Nadirah, N. (2020). Pelatihan dan Pendampingan Guru dalam Mendesain Bahan Ajar Berbasis Digital di SMAN 10 Sidrap. MALLOMO: Journal of Community Service, 1(1), 50–55. https://doi.org/10.51817/mallomo.v1i1.312

Fadhilah, M. N., Fawaid, A., Aflahah, A., Sutrisno, T., Sufiyanto, M. I., Zahrah, F., Lestari, L., Fausi, M., & Nada, Z. Q. (2023). Pendampingan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Dalam Membangun Karakter Peserta Didik Berbasis Profetik Di Sdn Bugih 5 Pamekasan. EJOIN : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(7), 632–642. https://doi.org/10.55681/ejoin.v1i7.1156

Fatah, M. A., & Zumrotun, E. (2023). Implementasi Projek P5 Tema Kewirausahaan Terhadap Kemandirian Belajar Di Sekolah Dasar. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(2), 365–377. https://doi.org/10.54069/attadrib.v6i2.603

Hanwita, A. A., & Khosiyono, B. H. C. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Tema Kewirausahaan Kelas IV SD. Prosiding Dewantara Seminar Nasional Pendidikan, 5.

Kharisma, M. E., Faridi, F., & Yusuf, Z. (2023). Penanaman Karakter Gotong Royong Berbasis P5 di SMP Muhammadiyah 8 Batu. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(2), 1152–1161. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i2.1420

Masnur, Aminullah, & Elihami. (2022). Pelatihan Pengembangan Modul Projek Profil Pelajar Pancasila pada Sekolah Penggerak Jenjang SD. Maspul Journal of Community Empowerment, 4(2), 469–476.

Rachmawati, N., Marini, A., Nafiah, M., & Nurasiah, I. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Impelementasi Kurikulum Prototipe di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3613–3625. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2714

Ramadhan, I., & Wijaya, T. (2024). Workshop Modul Dan Bahan Ajar Kurikulum Merdeka Di Sma. Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 411–418.

Rizkasari, E. (2023). Profil pelajar Pancasila sebagai upaya menyiapkan generasi emas Indonesia. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(1), 50. https://doi.org/10.30659/pendas.10.1.50-60

Satria, R., Adiprima, P., Wulan, K. S., & Harjatanaya, T. Y. (2022). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. In Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Kemdikbud Ristek.

Sulastri, S., Syahril, S., Adi, N., & Ermita, E. (2022). Penguatan pendidikan karakter melalui profil pelajar pancasila bagi guru di sekolah dasar. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 7(3), 583. https://doi.org/10.29210/30032075000

Tang, J., Mustanir, A., Trisnawaty, Razak, M. R. R., Syarifuddin, H., Kasau, M. N., Ecca, S., & Hasanuddin, F. (2023). Pemantapan Karakter Siswa Menuju Edupreneurship Digital yang Berkarakter. MARTABE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(10), 3807–3813.




DOI: https://doi.org/10.46576/rjpkm.v6i1.4971

Article Metrics

Abstract view : 34 times
PDF – 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 by Author, Published by Dharmawangsa University Community Service Institution

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat telah terindex pada

  

JournalStories Main logo 

MEMBER OF

RJI Main logo 

  Crossref Sponsoring Member Badge 

JOURNAL CITATION

  


RESWARA : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT published by :

LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jpm_reswara@dharmawangsa.ac.id

 

Creative Commons License
Reswara : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/reswara/index.