Pelatihan Digital Marketing dan Branding untuk Peningkatan Pemasaran Produk UMKM Gula Aren Desa Kalipancur

Yohandika Tri Apriliyanto, Jamal Nur Alim, Wihda Maulani

Abstract


UMKM memang mempunyai potensi pasar yang sangat besar di dunia global, karena masih belum banyak diketahui pelanggan sehingga pendapatan terbuka di UMKM masih rendah. Mengacu penelitian bertajuk digital 2022: Indonesia, data reportal mengatakan sesungguhnya user layanan daring menjangkau 68,9% dari total masyarakat Indonesia 277,7 juta sampai Januari 2022. Penguatan pemasaran secara terkomputerisasi memberikan peluang terbuka bagi UMKM untuk memulai bisnis dengan memanfaatkan platform online di bursa aplikasi seperti gofood, grabfood, shopee, lazada, atau melalui hiburan virtual facebook, instagram, dan twitter. Tujuan pengabdian ini adalah meningkatan kapasitas UMKM dalam memanfaatkan media sosial dan e-commerce untuk kegiatan pemasaran produk. Dalam hal ini UMKM gula aren bisa bertumbuh karena metode RACE mayoritas sudah memanfaatkan media digital. Teknik yang dipakai dalam melakukan aksi ini adalah dengan strategi peragaan, dengan memberikan contoh pada setiap persiapannya sehingga memudahkan pelaku usaha menyerap informasi yang diutarakan. Kerangka perencanaan digital RACE (Reach, Act, Convert, Engage) digunakan untuk menyoroti alternatif media sosial paling populer di setiap kategori kerangka. Berbekal pengetahuan tentang berbagai alternatif yang tersedia, pengusaha dapat merencanakan untuk membuat dan melaksanakan kampanye peluncuran merek produk gula aren dari UMKM Desa Kalipancur. Ada tiga poin utama yang dirasakan manfaatnya setelah pelatihan dilakukan, yaitu inovasi kemasan, pemasaran secara digital, dan variasi produk


Keywords


Media Sosial; Merek; Pemasaran; RACE; UMKM

Full Text:

PDF

References


Adi Sofyan, R., & Arfian, A. (2023). a Analisis Media Sosial Sebagai Sarana Penyebaran Informasi Dan Promosi Dengan Menggunakan Metode Topsis. PROSISKO: Jurnal Pengembangan Riset Dan Observasi Sistem Komputer, 10(1), 56–62. https://doi.org/10.30656/prosisko.v10i1.5577

Ariesanti, W., Indrawati, L., Andarusito, N., & Dumesty, R. (2023). Analisis Efektivitas Strategi Pemasaran Terhadap Peluang Penggunaan Metoda Pemasaran Digital RACE (Reach, Act, Convert, Engage) di RSUD Tamansari Tahun 2023. Jurnal Manajemen Dan Administrasi Rumah Sakit Indonesia (MARSI), 7(4), 409–418. https://doi.org/10.52643/marsi.v7i4.3570

Dewantara, A., & Purworejo, U. M. (2021). Pengembangan kelompok usaha gula aren sebagai produk unggulan lokal di purworejo 12. 4(1), 83–88. https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/moderat/article/view/3062

Indriyani, F., & Ardiansah, I. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Media Sosial Galunggung Farm Menggunakan Metode Prace. Forum Agribisnis, 12(1), 50–59. https://doi.org/10.29244/fagb.12.1.50-59

McKinsey & Company. (2021). FINAL_The-digital-archipelago-How-online-commerce-is-driving-Indonesias-economic-development. August.

Moriansyah, L. (2015). Pemasaran Melalui Media Sosial. Jurnal Penelitian Komunikasi Dan Opini Publik, 19(3), 187–196.

Nurkasanah, I., Ramadina, R. F. M., Nurfatikha, R. P., Rahmawati, A., Az-Zahra, F. H., ER, M., Suryani, E., & Wibisono, A. (2023). Peningkatan Promosi Wisata Kampung Lawas Maspati melalui Digital Marketing. Sewagati, 8(1), 1093–1102. https://doi.org/10.12962/j26139960.v8i1.785

Poerna Wardhanie, A., Naufal, A. Z., & Eko Wulandari, S. H. (2021). Perancangan Strategi Digital Marketings Dengan Metode Race Pada Layanan Online Food Delivery Berdasarkan Perilaku Pelanggan Generasi Z. Journal of Technology and Informatics (JoTI), 3(1), 1–11. https://doi.org/10.37802/joti.v3i1.187

Pradana, E. A., & Damatraseta, F. (2021). PKM-Pendampingan Tehnik Pembuatan Konten Promosi Digital Bagi UMKM Kota Bogor. Jurnal Abdimas Dedikasi Kesatuan, 2(2), 147–154. https://doi.org/10.37641/jadkes.v2i2.1303

Rumawas, W. (2021). Pelatihan Pemasaran Berbasis Sosial Media Pada Petani Gula Aren Desa Pinaras Kecamatan Tomohon Selatan Kota Tomohon Provinsi Sulawesi Utara. The Studies of Social Sciences, 3(2), 16. https://doi.org/10.35801/tsss.2021.3.2.36053

Sa’adah, H. (2023). Strategi Digital Marketing Dengan Medote Race Untuk Produk Industri Halal. I’THISOM: Jurnal Ekonomi Syariah, 2(1), 1–19. https://ejournal.staialutsmani.ac.id/index.php/ithisom/article/view/34%0Ahttps://ejournal.staialutsmani.ac.id/index.php/ithisom/article/download/34/25

Sari, N. M. W., Suwarsinah, H. K., & Baga, L. M. (2016). Pengaruh Karakteristik Kewirausahaan terhadap Kinerja Usaha Mikro, Kecil dan Menengah(UMKM) Gula Aren di Kabupaten Lombok Barat. Jurnal Penyuluhan, 12(1), 51–60. https://doi.org/10.25015/penyuluhan.v12i1.11320

Setiawan, D., Lenawati, M., & Andria, A. (2023). Analisis dan Perencanaan Race Framework Digital Marketing Strategy Pada CV. Pandawa Digital Media. Fountain of Informatics Journal, 7(3), 7–11. https://doi.org/10.21111/fij.v7i3.9406

Suryani, I. (2015). Jurnal komunikasi, ISSN 1907-898X Volume 8, Nomor 2, April 2014. Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Pemasaran Produk Dan Potensi Indonesia Dalam Upaya Mendukung ASEAN Community 2015. (Studi Social Media Marketing Pada Twitter Kemenparekraf RI Dan Facebook Disparbud Provinsi Jawa Barat), 8(April 2014), 123–138. https://journal.uii.ac.id/jurnal-komunikasi/article/view/6471

Tristiarto, Y., & Wahyudi, W. (2018). PKM Kelompok Umkm E-Commerce Di Kelurahan Benda Baru-Kecamatan Pamulang Tangerang Selatan. Seminar Nasional. https://conference.upnvj.ac.id/index.php/pkm/article/view/119%0Ahttps://conference.upnvj.ac.id/index.php/pkm/article/download/119/118




DOI: https://doi.org/10.46576/rjpkm.v5i2.4374

Article Metrics

Abstract view : 67 times
PDF – 26 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Yohandika Tri Apriliyanto, Jamal, Wihda Maulani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat telah terindex pada

   JournalStories Main logo  

MEMBER OF

RJI Main logo 

  Crossref Sponsoring Member Badge 

JOURNAL CITATION

  


RESWARA : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT published by :

LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jpm_reswara@dharmawangsa.ac.id

 

Creative Commons License
Reswara : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/reswara/index.