Pemanfaatan Canva untuk Guru Sekolah Dasar sebagai Media Penyusunan Materi.
Abstract
Di sekolah, saat ini telah memanfaatkan teknologi untuk menyampaikan informasi pembelajaran kepada peserta didik. Selain faktor infrastuktur dan pemahaman penggunaan internet, peningkatan pada kemampuan para pendidik dalam memberikan materi juga perlu diperhatikan. Pengembangan materi yang menyesuaikan pemanfaatan teknologi dirasa akan menjadi modal penting untuk tetap menarik perhatian peserta didik agar tetap berminat belajar secara mandiri. Modal materi inilah yang saat ini sering dibuat bervariasi karena harus bersaing dengan era generasi peserta didik yang lebih tertarik dengan teknologi. Dengan tujuan untuk memberikan pemahaman kepada para pendidik/Guru agar dapat membuat materi dengan tampilan yang lebih menarik hanya dengan memanfaatkan aplikasi Canva, tim PkM mengusulkan diperlukan kegiatan pelatihan. Metode workshop dipilih sebagai solusi agar dapat berinteraksi langsung dengan para pendidik selain pemberian pelatihan. Hasil dari kegiatan menunjukkan sebanyak 13 peserta belum pernah menggunakan aplikasi Canva serta sebanyak 22 peserta merasa tertarik dengan aplikasi Canva. kegiatan workshop ini sebagai bagian dari pengabdian masyarakat (PkM) telah diselesaikan dengan baik dan dapat disimpulkan bahwa saat ini kegiatan dianggap penting dilakukan karena masih rendahnya jangkauan pemahaman peserta/Guru terkait beberapa aplikasi pendukung penyusunan materi pembelajaran
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahdan, S., Sucipto, A., Priandika, A. T., Setyani, T., Safira, W., & Sari, K. (2021). Peningkatan Kemampuan Guru SMK Kridawisata di Masa Pandemi Covid-19 Melalui Pengelolaan Sistem Pembelajaran Daring. Jurnal ABDINUS : Jurnal Pengabdian Nusantara, 5(2), 390–401. https://doi.org/10.29407/ja.v5i2.15591
Akbar, R., Chaerul Anwar, & Johannes Hamonangan Siregar. (2021). Pengembangan Infrastruktur Pembelajaran Daring Menggunakan Antena Unidirectional. Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem Dan Teknologi Informasi), 5(4), 760–767. https://doi.org/10.29207/resti.v5i4.3219
Arif, A., & Mukti, Y. (2017). Rancang Bangun Website Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 8 Kota Pagar Alam. Jurnal Ilmiah Betrik, 8(03), 156–165. https://doi.org/10.36050/betrik.v8i03.76
Endra, R. Y., Cucus, A., & Ciomas, M. (2020). Penerapan Teknologi Augmented Reality bagi Siswa untuk meningkatkan Minat Belajar Bahasa Mandarin di Sekolah. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM) TABIKPUN, 1(1), 19–30. https://doi.org/10.23960/jpkmt.v1i1.9
Handayani, A. S., Husni, N. L., Soim, S., Sitompul, C., Nurdin, A., Elektro, T., & Sriwijaya, P. N. (2020). Pengembangan Materi Pembelajaran Berbasis Aplikasi. Snaptekmas, 7(Lcd), 42–46.
Kharissidqi, M. T., & Firmansyah, V. W. (2022). Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Yang Efektif. Indonesian Journal Of Education and Humanity, 2(4), 108–113. http://ijoehm.rcipublisher.org/index.php/ijoehm/article/view/34
Munawaroh, R. Z., Prastowo, A., & Nurjanah, M. (2021). Efektivitas Penilaian Pembelajaran Menggunakan Google Form pada Pembelajaran Daring. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 5(3). https://doi.org/10.36312/jisip.v5i3.2152
Permatasari, I., Sartika, D., & Saluza, I. (2022). WORKSHOP MEMBUAT DAN MENGGUNGAH VIDEO PEMBELAJARAN SECARA ONLINE BAGI PARA GURU SMP NEGERI 30 PALEMBANG. JURNAL ABDIMAS MANDIRI, 6(3), 186–191.
Purwasi, L. A., Refianti, R., & Pgri Silampari, U. (2022). Workshop Penggunaan Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Kompetensi Para Guru Sekolah Dasar Workshop on Using Canva Applications to Improve the Competence of Elementary School Teachers. Community Engagement & Emergence Journal, 3(3), 2022.
Rahayu, P. (2021). Penerapan Video Pembelajaran Berbasis Android Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 1–10.
Roni, E. (2020). UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENERAPKAN PEMBELAJARAN DARING MASA PANDEMI COVID 19 DI SMA NEGERI 3 SEUNAGAN. Bionatural: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 7(2).
Roni Hamdani, A., & Priatna, A. (2020). Efektifitas Implementasi Pembelajaran Daring (Full Online) Dimasa Pandemi Covid- 19 Pada Jenjang Sekolah Dasar Di Kabupaten Subang. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 6(1), 1–9. https://doi.org/10.36989/didaktik.v6i1.120
Saluza, I., Permatasari, I., & Yulius, Y. (2022). Workshop Editing Video Pembelajaran Pada SMP Negeri 30 Palembang. Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(3), 297–303.
Wahyujati, B. B. (2021). Peningkatan Kemampuan Guru Sekolah Dasar Melalui Pelatihan Pembuatan Media Video Pembelajaran Interaktif Menggunakan Ms Power Point. ABDIMAS ALTRUIS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 94–99. https://doi.org/10.24071/aa.v4i2.3641
Widiyono, A. (2020). Efektifitas Perkuliahan Daring (Online) pada Mahasiswa PGSD di Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan, 8(2), 169–177.
DOI: https://doi.org/10.46576/rjpkm.v5i2.4347
Article Metrics
Abstract view : 109 timesPDF – 63 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Indah Permatasari, Dewi Sartika, Rudi Heriansyah, Imelda Saluza
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat telah terindex pada
RESWARA : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT published by :
LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 MedanKontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jpm_reswara@dharmawangsa.ac.id
Reswara : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/reswara/index.