Evaluasi Kegiatan Sosialisasi Mitigasi Bencana Gempa Bumi di Sekolah Dasar Kabupaten Cianjur
Abstract
Gempa bumi merupakan bencana alam yang menjadi ancaman serius di Indonesia, terutama wilayah yang terletak di zona aktif Cincin Api Pasifik. Pemerintah Indonesia secara aktif telah berusaha meningkatkan kesiapsiagaan dan mitigasi terhadap bencana gempa bumi dengan berbagai upaya di tingkat lokal dan nasional. Untuk mencapai hal tersebut perlu adanya sosialisasi kepada berbagai lapisan masyarakat, khususnya pada anak-anak usia sekolah. Kegiatan ini dilakukan di salah satu sekolah dasar di Kabupaten Cianjur, yang pada tahun 2022 telah dilanda bencana gempa bumi. Tujuan kegiatan ini adalah untuk mengevaluasi efektivitas program sosialisasi mitigasi dalam meningkatkan kesadaran dan kesiapsiagaan peserta didik terhadap risiko bencana gempa bumi. Sosialisasi dilakukan dengan pendekatan yang bersifat edukatif dan menghibur menggunakan permainan dan media interaktif berupa komik bergambar bertema “mitigasi bencana gempa bumi”. Komik ini didesain khusus untuk anak sekolah dasar. Dengan melibatkan kolaborasi antara peneliti, guru, dan peserta didik diharapkan dapat terbentuk suatu pemahaman dan budaya baru dalam menghadapi bencana gempa bumi. Metodologi pengumpulan data pada kegiatan ini adalah observasi, tes, dan wawancara guna memperoleh gambaran komprehensif mengenai pelaksanaan kegiatan sosialisasi mitigasi. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa kegiatan sosialiasi mitigasi ini mencapai tingkat keberhasilan yang cukup signifikan. Dimana nilai rata-rata pada ketiga indikator (materi, penyelenggaraan, dan pemahaman) mencapai lebih dari 85, serta nilai efektivitas N-gain menunjukkan bahwa pemahaman peserta didik terhadap mitigasi bencana gempa bumi mengalami peningkatan sebesar 48% dibandingkan sebelum mengikuti sosialisasi
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahyar, M. (2019). Game Simulasi Desain Model Dan Modifikasi Mobil Dua Dimensi Berbasis Android. Ubiquitous: Computers and Its Applications Journal, 2, 39–44. https://doi.org/10.51804/ucaiaj.v2i1.39-44
Anjani, S., Anggraini, F. D. P., Setyawati, V. A. V., Aprianti, A., & Indriati, A. N. (2022). Efektivitas Metode Edukasi Berbasis Mobile Edu App Sebagai Upaya Intervensi Penurunan Stunting Dengan Pendekatan Asuh, Asih, Asah. Jurnal Eduscience, 9(1), 143–151. https://doi.org/10.36987/jes.v9i1.2559
Asela, S., Salsabila, U. H., Lestari, N. H. P., Sihati, A., &, & Pertiwi, A. R. (2020). Peran Media Interaktif Dalam Pembelajaran PAI Bagi Gaya Belajar Peserta didik Visual. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(7), 1297–1304.
Genika, P. R., Luthfia, R. A., & Wahyuningsih, Y. (2023). Urgensi Pembelajaran Mitigasi Bencana terhadap Kesiapsiagaan Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(1), 3239–3246.
Hayudityas, B. (2020). Pentingnya penerapan pendidikan mitigasi bencana di Sekolah untuk mengetahui kesiapsiagaan peserta didik. Jurnal Edukasi NonFormal, 1(2), 94–102.
Hidayati, M. P., Purnama, A. Y., & Setyawan, D. N. (2022). E-Modul Fisika Berbasis Mitigasi Bencana Gempa Bumi. Deepublish. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=49yYEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=Konsep-konsep+fisika+material+geologis+pada+gempa+bumi+&ots=-aaYWWf0mB&sig=LCr8kAa--DxKkg4ZYU5b5sXb_EY&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false
Imansyah, F., Arsyad, I., & Gani, U. A. (2023). Sosialisasi Permasalahan Dampak Radiasi Gelombang Elektromagnetik Menara Telekomunikasi Di Permukiman Masyarakat. Jurnal Abdi Insani, 10(3), 1436–1452. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v10i3.1026
Johan, H., Mayub, A., & Wardana, R. W. (2021). Integrasi Pendidikan Mitigasi Dalam Konten Pembelajaran Sains Sebagai Upaya Membangun Kesadaran Mitigasi Dari Jenjang Sekolah. Dharma Raflesia : Jurnal Ilmiah Pengembangan Dan Penerapan IPTEKS, 19(1), 186–196. https://doi.org/10.33369/dr.v19i1.13790
Juwati, J., Abid, S., Rohman, A., & & Indani, T. R. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Teori Sastra Mengunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker Di STKIP-PGRI Lubuklinggau. Online) DIKLASTRI, 1(2), 85–91.
Kusmajaya, S., & Wulandari, R. (2019). Kajian Risiko Bencana Gempa Bumi di Kabupaten Cianjur. Jurnal Geografi, Edukasi Dan Lingkungan (JGEL), 10(1), 39–51.
Lahama, P. H., Sugiarso, B., & Rindengan, Y. (2022). Earthquake Disaster Mitigation Interactive Learning Application for Children. Jurnal Teknik Informatika, 17(2), 151–160.
Marfuah, M., Cempaka, S., Risdan Ardiansyah, A., Rahmawati, L., Yunia Rediana, M., & Koswara, R. (2021). Kebijakan Pemerintah dalam Penanggulangan Bencana di Indonesia. Jurnal Studi Ilmu Sosial Dan Politik, 1(1), 35–45. https://doi.org/10.35912/jasispol.v1i1.184
Nugroho, C., Umar, R., Mithen, M., Pertiwi, N., & Mandra, M. A. S. (2023). Perilaku Spasial Anak Usia Sekolah dalam Mitigasi Bencana Banjir. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(9), 7262–7267. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i9.2903
Nurillah, S., Maulana, D., & Hasanah, B. (2022). Manajemen Mitigasi Penanggulangan Bencana Banjir Oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Cilegon di Kecamatan Ciwandan. JDKP Jurnal Desentralisasi Dan Kebijakan Publik, 3(1), 334–350. https://doi.org/10.30656/jdkp.v3i1.4613
Nursyabani, N., Putera, R. E., & Kusdarini, K. (2020). Mitigasi Bencana Dalam Peningkatan Kewaspadaan Terhadap Ancaman Gempa Bumi Di Universitas Andalas. Jurnal Ilmu Administrasi Negara ASIAN (Asosiasi Ilmuwan Administrasi Negara), 8(2), 81–90. https://doi.org/10.47828/jianaasian.v8i2.12
Pahleviannur, M. R. (2019). Edukasi Sadar Bencana Melalui Sosialisasi Kebencanaan Sebagai Upaya Peningkatan Pengetahuan Peserta didik Terhadap Mitigasi Bencana. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 29(1), 49–55. https://doi.org/10.23917/jpis.v29i1.8203
Pambudi, N. A. (2018). Geothermal power generation in Indonesia, a country within the ring of fire: Current status, future development and policy. Renewable and Sustainable Energy Reviews, 81(April 2016), 2893–2901. https://doi.org/10.1016/j.rser.2017.06.096
Pratiwi, I. A., Ardianti, S. D., & Kanzunnudin, M. (2018). Peningkatan kemampuan kerjasama melalui model project-based learning (PjBL) berbantuan metode edutainment pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2). https://doi.org/10.24176/re.v8i2.2357
Puspita, Y. P. (2023). Implementasi Ice Breaking untuk Menciptakan Kesiapan Belajar dan Pembelajaran yang Menyenangkan pada Anak Usia Dini. Journal on Education, 5(4), 11846–11854. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.1257
Rahim, R., Siregar, R. F., Ramadhani, R., & Anisa, Y. (2022). Implementasi Penggunaan Bahan Ajar Berbasis Komik untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Peserta didik di SD Amalyatul Huda. Jurnal Abdidas, 3(3), 519–524.
Rahma, A. (2018). Implementasi Program Pengurangan Risiko Bencana(PRB) Melalui Pendidikan Formal. Jurnal VARIDIKA, 30(1), 1–11. https://doi.org/10.23917/varidika.v30i1.6537
Rosyidah, F. U. N., Parno, P., & Zulaikah, S. (2020). Senter Faraday sebagai Proyek Inovasi dalam Pembelajaran Elektromagnetik Project Based Learning berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematic. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(4), 565. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i4.13428
Sagay, S. D. C., & Pangemanan, F. (2023). Efektivitas Sistem Peringatan Dini Untuk Mitigasi Bencana Banjir Di Kota Manado. Jurnal Governance, 3(1), 1–14.
Saputri, M. A. P., & Sunarya, D. (2023). Analisis Perbandingan Energi Gempabumi Utama Dengan Gempabumi Susulan ( Studi Kasus Rangkaian Gempabumi Cianjur 21 November 2022 ) Energy Comparison Analysis of the Main Earthquake and Aftershocks ( Case Study of the Cianjur Earthquake Series on November. Buletin Meteorologi, Klimatologi Dan Geofisika, 4(3), 1–7.
Setiawan, I. N., Krismawati, D., Pramana, S., & Tanur, E. (2022). Klasterisasi Wilayah Rentan Bencana Alam Berupa Gerakan Tanah Dan Gempa Bumi Di Indonesia. Seminar Nasional Official Statistics, 2022(1), 669–676.
Sinaga, R., & Lesmana, C. (2019). Kajian Evaluasi Kinerja Bangunan terhadap Siaga Bencana Gempa. Jurnal Teknik Sipil, 14(1), 77–103. https://doi.org/10.28932/jts.v14i1.1450
Suarmika, P. E., & Utama, E. G. (2017). Pendidikan Mitigasi Bencana Di Sekolah Dasar (Sebuah Kajian Analisis Etnopedagogi). JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 2(2), 18. https://doi.org/10.26737/jpdi.v2i2.327
Tamitiadini, D., Adila, I., & Dewi, W. W. A. (2019). Komunikasi Bencana: Teori dan Pendekatan Praktis Studi Kebencanaan di Indonesia. Universitas Brawijaya Press.
Tejakusuma, I. G., Prawiradisastra, F., Sugianti, K., Tohari, A., Zakaria, Z., Trisnafiah, S., Fitriani, R., Biwas Putra, D., Pri Martireni, A., & Budiman, B. (2023). Characteristics of landslides induced by an earthquake from a hidden strike-slip active fault in the Cianjur Area of West Java. E3S Web of Conferences, 447, 4–9. https://doi.org/10.1051/e3sconf/202344701009
Yanti, E. D., Wigati, I., & Habisukan, U. H. (2019). Perbedaan Kemampuan Berpikir Kritis Laki-Laki Dan Perempuan Pada Materi Sistem Peredaran Darah Mata Pelajaran Biologi Kelas Xi Mipa Man I Banyuasin Iii. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, 5(1), 66–71. https://doi.org/10.19109/bioilmi.v5i1.3541
Yuniarto, T. (2021). Lembaga Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika. Kompas Pedia. https://kompaspedia.kompas.id/baca/profil/lembaga/badan-meteorologi-klimatologi-dan-geofisika
DOI: https://doi.org/10.46576/rjpkm.v5i2.4230
Article Metrics
Abstract view : 349 timesPDF – 153 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Khoirotun Nadiyyah, Rika Aprianti, Zakirman, Widiasih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat telah terindex pada
RESWARA : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT published by :
LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 MedanKontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jpm_reswara@dharmawangsa.ac.id
Reswara : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/reswara/index.