SOSIALISASI PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DALAM UPAYA MENCEGAH SOCIAL MEDIA ADDICTION PADA SISWA SDN 3 PARAS BOYOLALI
Abstract
Akselerasi digitalisasi berdampak pada meningkatnya pengguna internet yang sejalan dengan meningkatnya pengguna media sosial, termasuk anak-anak. Siswa SDN 3 Paras 85% telah memiliki dan menggunakan media sosial. Namun, siswa-siswi ini belum memahami dampak dari penggunaan media sosial. Salah satu cara untuk mencegah kecanduan adalah dengan memberikan edukasi tentang pengaruh negatif penggunaan gadget pada anak SD. Kegiatan ini dilakukan melalui Sosialisasi Penggunaan Media Sosial dalam Upaya Mencegah Social Media Addiction Pada Siswa SDN 3 Paras. Dalam kegiatan ini, Tim KKN Kelompok 1 UBY membagi dalam (4) sesi. Pertama, pemateri memaparkan materi tentang media sosial dan dampaknya mulai dari pengertian media sosial, apa saja media sosial itu, pengaruh penggunaan media sosial, serta upaya pencegahan kecanduan dari penggunaan media sosial. Kedua, pengadaan sesi tanya jawab untuk mengetahui pemahaman siswa terkait media sosial untuk menguji tingkat pemahaman siswa. Ketiga, pengadaan games untuk menghibur siswa. Keempat, evaluasi kegiatan dilakukan untuk mengetahui sejauh mana siswa-siswi SDN 3 Paras memahami dampak negatif dari penggunaan media sosial. Kegiatan ini memperoleh tanggapan yang baik dari siswa-siswa serta guru di SDN 3 Paras. Hasil dari kegiatan ini adalah siswa-siswa dapat menyebutkan jenis-jenis media sosial, dampak yang dialami jika terlalu sering menggunakan gadget dan bermain media sosial sehingga dari kegiatan ini diharapkan siswa-siswi lebih bijak dan lebih selektif dalam mengakses media sosial
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Annur, C. (2023, September 20). Pengguna Internet di Indonesia Tembus 213 Juta Orang hingga Awal 2023. Retrivered from https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/09/20/pengguna-internet-di-indonesia-tembus-213-juta-orang-hingga-awal-2023
Bayu, D. (2020, November 13). Alasan Utama Orang Indonesia Gunakan Internet untuk Bermedia Sosial. Retrivered from https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/11/13/alasan-utama-orang-indonesia-gunakan-internet-untuk-bermedia-sosial
Bohang, K. (2012, Februari 1). Ini Alasan Orang Akses Internet, Bukan untuk WhatsApp-Tiktok. Retrivered from https://www.cnbcindonesia.com/tech/20230201142154-37-410084/ini-alasan-orang-akses-internet-bukan-untuk-whatsapp-tiktok#:~:text=Alasan%20tertinggi%20penduduk%20dunia%20mengakses,online%20adalah%20untuk%20mencari%20informasi
Firdausya, I. (2021, April 16). Survei: 87% Anak Indonesia Main Medsos Sebelum 13 Tahun. Retrivered from https://mediaindonesia.com/humaniora/398511/survei-87-anak-indonesia-main-medsos-sebelum-13-tahun
Fitri, S. (2017). Dampak positif dan negatif sosial media terhadap perubahan sosial anak: dampak positif dan negatif sosial media terhadap perubahan sosial anak. Naturalistic: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2), 118-123.
Fajar, M. M. (2020). Penggunaan Media Sosial di Kalangan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 46-52. http://dx.doi.org/10.31332/dy.v1i1.1822. 46-52.
Gunawan, R. A. (2020). Adiksi Media Sosial dan Gadget Bagi Pengguna Internet di Indonesia. Jurnal Techno Socio Ekonomika, 14(1), 1-14. https://doi.org/10.32897/techno.2021.14.1.544. 1-14
IDEA: Jurnal Psikologi, 6(2), 87-93. https://doi.org/10.32492/idea.v6i2.6204.87-93.
Juherna, E. P. (2017). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Psikologi Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Pelita PAUD,1(2),1-11. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v1i2.207. 1-11
Maola, P., & Lestari, T. (2021). Pengaruh Gadget terhadap Perkembangan Sosial Anak Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 3(1), 219-225. https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/1403. 219-225.
Musa, M., Pratiwi, A., & safril, S. (2022). Literasi Digital Di Sekolah. KOMUNIKASIA: Journal of Islamic Communication and Broadcasting, 2(1), 70-90. https://doi.org/10.32923/kpi.v2i1.2452. 70-90.
Maysarah, A., Rahim, R., & Wahyuni, D. (2020). Sosialisasi Akibat Penyalahgunaan Media Sosial dan Memanfaatkan Media Sosial dalam Pembelajaran Bagi Siswa/Siswi SMK Negeri 5 Medan. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1-11. https://doi.org/10.46576/rjpkm.v1i1.534. 1-11.
Rahmawati, M. (2022). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perkembangan Psikologi Pada Anak Sekolah Dasar.
Swatika, P. (2018). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Psikologi Anak. Jurnal Ilmiah PGSD, 2(1), 49-54. https://doi.org/10.24853/holistika.2.1.%25p. 49-54.
Triastuti, E. P. (2017). kajian Dampak Penggunaan Media Sosial Bagi Anak dan Remaja. Jakarta: Pusat Kajian Komunikasi, Departemen Ilmu Komunikasi, FISIP Universitas Indonesia.
Yulieta, F. S. (2021). Pengaruh Cyberbullying di Media Sosial Terhadap Kesehatan Mental. Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 1(8), 257-263. https://doi.org/10.56393/decive.v1i8.298. 257-263
DOI: https://doi.org/10.46576/rjpkm.v5i1.4006
Article Metrics
Abstract view : 527 timesPDF – 508 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Silvina Nur Anisa, Nuril Eka Wahyudha, Septi Wulandari, Akbar Fadhillah Alifianto, Supriyadi Santosa, Sri Hartini, Dwi Imroatus Sholikah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat telah terindex pada
RESWARA : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT published by :
LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 MedanKontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jpm_reswara@dharmawangsa.ac.id
Reswara : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/reswara/index.