PELATIHAN PENYUSUNAN MODUL KREATIF DAN INOVATIF BERBASIS STUDI KASUS MENGGUNAKAN CANVA BAGI GURU SMP

Masra Latjompoh, Nur Mustaqimah, Wilinda Datau

Abstract


Modul merupakan komponen krusial dari bahan ajar yang memerlukan inovasi. Pengembangan modul yang inovatif, baik dari segi konten maupun bentuk yang dapat disesuaikan dengan perkembangan teknologi, sangat penting agar peserta didik memiliki panduan yang jelas dalam proses pembelajaran. Namun, berdasarkan identifikasi masalah yang dilakukan di SMP Kecamatan Wonosari, ditemukan bahwa bahan ajar yang digunakan di sekolah sebagian besar hanya terdiri dari buku yang diterbitkan oleh beberapa penerbit dan guru-guru masih kurang mengembangkan modul ajarnya sendiri. Oleh karena itu, pelatihan penyusunan modul kreatif dan inovatif berbasis studi kasus dilakukan untuk menambah wawasan guru dalam membuat inovasi pada pengembangan bahan ajar dengan memanfaatkan teknologi berupa aplikasi Canva yang ada di SMP Kecamatan Wonosari, Kabupaten Boalemo, Provinsi Gorontalo. Kegiatan Pelatihan dilaksanakan di SMPN 1 Wonosari, dihadiri oleh 3 orang dosen dan 25 orang peserta yang merupakan guru SMP dari berbagai sekolah yang ada di Kecamatan Wonosari. Kegiatan dilaksanakan dengan melalui 3 tahapan mulai dari tanggal 26 Juni sampai 17 Juli 2023. Ketiga tahapan tersebut meliputi taha persiapan dengan mengidentifikasi masalah terkait keterampilan guru dalam mengembangkan modul ajar di SMP di Kecamatan Wonosari yang dilakukan dengan wawancara, kemudian tahap pelaksanaan dengan melaksanakan pelatihan penyusunan modul secara tatap muka dan tahap evaluasi dengan meminta peserta pelatihan agar mengisi kuisioner untuk mengetahui respon guru terhadap pelaksanaan pelatihan penyusunan modul. Pada tahap ini didapatkan hasil respon guru terhadap pelatihan penyusunan modul dengan rata-rata respon sangat baik. Respon ini diharapkan dapat menjadi gambaran bahwa pelatihan penyusunan modul kreatif dan inovatif berbasis studi kasus dengan canva dapat menambah wawasan guru dalam mengembangkan modul ajar yang inovatif

Keywords


Sumber Belajar; Modul; Kreatif; Inovatif; Studi Kasus

Full Text:

PDF

References


Admelia, M., Farhana, N., Agustiana, S. S., Fitri, A. I., & Nurmalia, L. (2022). Efektifitas penggunaan aplikasi Canva dalam pembuatan modul pembelajaran interaktif Hypercontent di Sekolah Dasar Al Ikhwan. KACANEGARA Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(2), 177. https://doi.org/10.28989/kacanegara.v5i2.1087

Ekawatiningsih, P. (2016). Pembelajaran Kontekstual pada Mata Kuliah Restoran untuk Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Teknik Boga. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 23(1), 67-78. https://doi.org/10.21831/jptk.v23i1.9356

Fauzan, M. (2021). Pengembangan Modul Inovatif Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab, 0(7), 643–654. http://prosiding.arab-um.com/index.php/konasbara/article/view/1052

Hapsari, T. P. R. N. (2022). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Webly kepada Guru SMP Bhakti Tunas Harapan Magelang. Jurnal Pengabdian Masyarakat (ABDIRA), 2(4), Article 4. https://doi.org/10.31004/abdira.v2i4.242.

Irkhamni, I., Izza, A. Z., Salsabila, W. T., & Hidayah, N. (2021). Pemanfaatan canva sebagai e-modul pembelajaran matematika terhadap minat belajar peserta didik. Prosiding Konferensi Ilmiah Pendidikan, 2, 127-134. https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/kip/article/view/714/546

Jusuf, H., & Sobari, A. (2021). Pelatihan Pembuatan Modul Pembelajaran Untuk Mendukung Pembelajaran Online. JAM-TEKNO: Jurnal Pengabdian Kepada …, 2(1), 33–37. https://www.jurnal.iaii.or.id/index.php/JAMTEKNO/article/view/3303

Kuswanto, J. (2019). Pengembangan Modul Interaktif Pada Mata Pelajaran IPA Terpadu Kelas VIII. Jurnal Media Infotama, 15(2), 51–56. https://doi.org/10.37676/jmi.v15i2.866

Laili, I., Ganefri, & Usmeldi. (2019). Efektivitas pengembangan e-modul project based learning pada mata pelajaran instalasi motor listrik. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 3(3), 306–315. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/article/download/21840/13513

Nadeak, E., Elfaladonna, F., & Malahayati, M. (2023). Pelatihan Pembuatan Modul Ajar Interaktif Bagi Guru dengan Menggunakan Canva (Studi Kasus: SDN 204 Palembang). Jurnal Masyarakat Madani Indonesia, 2(3), 201-206. https://doi.org/10.59025/js.v2i3.103

Nurfitriyanti, M., Nursa’adah, F. P., & Masruroh, A. (2022). Sosialisasi Penggunaan Canva dalam Pembuatan Modul Pembelajaran. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 1432-1437. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.7818

Nurhayati, N., Saputri, D. F., & Sari, I. N. (2016). Efektivitas Penggunaan Modul Fisika Berbasis Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Dan Kemandirian Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 4(2), 247–258. https://doi.org/10.31571/saintek.v4i2.74

Sewang, A., & Halik, A. (2019). Model Manajemen Pembelajaran Pendidikan Islam Berbasis Masalah: Studi Kasus pada Jurusan Tarbiyah dan Adab IAIN Parepare. JPPI (Jurnal Pendidikan Islam Pendekatan Interdisipliner), 3(1), 1-15.

Syahroni, M., & Fifit Firmadani. (2022). Pengembangan Modul Mata Kuliah Profesi Kependidikan berbasis Case Study. Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP, 3(3), 235–243. https://doi.org/10.30596/jppp.v3i3.13093

Tanjung, R. E., & Faiza, D. (2019). CANVA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN DASAR LISTRIK DAN ELEKTRONIKA. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika dan Informatika), 7(2). https://doi.org/10.24036/voteteknika.v7i2.104261

Tjiptiany, E. N., As’ari, A. R., & Muksar, M. (2016). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Inkuiri Untuk Membantu Siswa SMA Kelas X Dalam Memahami Materi Peluang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(2009), 1938–1942. http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i10.6973




DOI: https://doi.org/10.46576/rjpkm.v5i1.3856

Article Metrics

Abstract view : 53 times
PDF – 115 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Masra Latjompoh, Nur Mustaqimah, Wilinda Datau

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat telah terindex pada

   JournalStories Main logo  

MEMBER OF

RJI Main logo 

  Crossref Sponsoring Member Badge 

JOURNAL CITATION

  


RESWARA : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT published by :

LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jpm_reswara@dharmawangsa.ac.id

 

Creative Commons License
Reswara : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/reswara/index.