PENDAMPINGAN MUSLIMAH CHARACTER BUILDING DI PANTI ASUHAN PUTRI AISYIYAH DINOYO
Abstract
Pembangunan bangsa ditentukan oleh terbentuknya generasi yang memiliki kekuatan jasmani dan Rohani. Pembentukan generasi yang kuat dapat diawali dengan pembangunan karakter pada anak. Anak yang memiliki karakter yang baik mudah mengambil keputusan dengan tepat. Pengabdian ditujukan untuk membentuk generasi mandiri, tangguh, religious dan humanis. Kegiatan pengabdian dilakukan di Panti Asuhan Aisyiyah Putri Dinoyo di kota Malang, Jawa Timur. Metode pengabdian yang dilakukan pada pengabdian meliputi story telling, diskusi dan Paricipatory active research. Kegiatan yang dilakukan antara lain kegiatan penyampaian materi agama untuk mendukung program character building, diskusi dan kegiatan tanya jawab antara pemberi materi dan peserta pengabdian. Kegiatan selanjutnya yang dilakukan yakni kegiatan outbound serta kegiatan lomba kegiatan Islami. Hasil kegiatan pengabdian bagi peserta pengabdian yakni peserta lebih memahami tentang akhlakul karimah, contoh implementasi, makna penting akhlakul karimah serta termotivasi untuk menerapkan akhlakul karimah dalam kehidupan sehari–hari. Kegiatan pengabdian selanjutnya yakni outbound memberikan kemampuan untuk melakukan komunikasi dan kerjasama dengan peserta yang lain, meningkatkan keberanian serta konsentasi untuk melakukan kegiatan. Lomba kegiatan Islami bermanfaat meningkatkan pengetahuan kognitif di bidang agama dan empati terhadap sesama. Kegiatan pengabdian turut mendukung penguatan karakter untuk membentuk bangsa yang kuat
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ardiansyah, Z., Gunawan, R., & Aeni, A. N. (2021). Penyuluhan Pentingnya Akhlakul Karimah Bagi Mahasiswa Dalam Menjalani Kehidupan Perkuliahan. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 5(2), 151–156. https://doi.org/10.37859/jpumri.v5i2.3094
Bakar, R. M., Poerwanto, B., & Madjid, F. A. (2022). Peningkatan Komunikasi Efektif dan Kerja Tim Melalui Outbound Training. Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat, 2(1), 21–26. https://resekianimasbakar.com/wp-content/uploads/2023/01/Outbound-Training.pdf
Cahyaningrum, E. S., S., & Purwanto, N. A. (2017). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan Dan Keteladanan. Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 203–213. https://doi.org/10.21831/jpa.v6i2.17707
Ellong, T. D. E. A., Potiua, S., Ramli, A., & Bempah, A. (2020). Upaya Pembinaan Akhlakul Karimah Pada Remaja Di Masjid Nurul Ikhlas Kawangkoan Baru Kabupaten Minahasa Utara. 2, 13–19.
Evi. (2022). Peningkatan Pemahaman Pembentukan Karakter Diri Untuk Pribadi Yang Lebih Baik Di Sd Negeri Kadilangu 1. Jurnal Tematik, Semarang, Universitas, 4(1), 88–91. https://journals.usm.ac.id/index.php/tematik%0APENINGKATAN
Firdaus, I. (2017). Urgensi Soft Skills Dan Character Building Bagi Mahasiswa. Jurnal TAPIs, 13(1), 60–73.
Herdian, & Septiningsih, D. S. (2020). Aksiologiya : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Character Building Training Sinergi Guru dan Orangtua Character Building Training Synergy between Teachers and Parents Pendidikan Anak Usia Dini ( PAUD ) ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usi. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 167–173.
Hidayat, A., Utami, I. S., Marasabessy, A. C., & Prastini, E. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Potensi Peserta Didik Di Sd Swasta Terpadu Bina Ilmu Parung. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 195–203.
Karliani, E., Triyani, T., Hapipah, N., Mustika, M., & Suryadi, S. (2023). Implementasi Pendidikan Karakter Cinta Damai Berbasis Nilai Sosial Spiritual Dalam Mencegah Bullying Relasional. 5, 116–122.
Nugraheni, B. M., Agustina, M., & Mar, N. (2022). Pengaruh Permainan Outbound Terhadap Kemampuan Sosialisasi Siswa Selama Pembelajaran Luring Di Tk Al-Azhar Syifa Budi Solo. 3.
Nugroho, D. S., Iman, N., & Saputro, A. D. (2017). Implementasi Character Building Di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo.
Pahlawan, R. (2020). Membangun Remaja yang Berkarakter (Character Building) untuk Masa Depan pada Panti Sosial Asuhan Anak Al Hasanah dan Panti Asuhan Putra Harapan.
Sad, F., Wisnu, W., Wicaksono, S. R., Agustina, M., Puncak, V., Karangwidoro, T., Malang, D., & Timur, J. (2021). Pendampingan Penyampaian Character Building Untuk Siswa SMP di Masa Pandemi. 7(1), 1–4.
Sugiyanto, S., Suhendar, B., Sulistiawati, S., Firdaus, A. N., & Budiarto, R. (2021). Pemberdayaan Anak-Anak Melalui Pelatihan Karakter Building Dengan Pemanfaatan Tabungan Sejak Usia Dini Di Asrama Yatim Putra Mizan Amanah Bintaro Tangerang. Jurnal PADMA: Pengabdian Dharma Masyarakat. https://doi.org/10.32493/jpdm.v1i3.11420
Yuliansyah, H., & Triyadi, A. (2018). Pengabdian Masyarakat dalam Peningkatan Mutu Story Telling dan Visual di Rumah Pintar Bandung. Jurnal Abdimas BSI, 1(1), 21–24. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/abdimas
DOI: https://doi.org/10.46576/rjpkm.v5i1.3840
Article Metrics
Abstract view : 128 timesPDF – 76 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Baroya Mila Shanty & Yulist Rima Fiandari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat telah terindex pada
RESWARA : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT published by :
LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 MedanKontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jpm_reswara@dharmawangsa.ac.id
Reswara : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/reswara/index.