PEMBERDAYAAN KELOMPOK TANI BAWANG MERAH DI DESA TANAH BARA, KECAMATAN GUNUNG MERIAH-ACEH SINGKIL

Sri Handayani, Ariana Ariana, Aswin Nasution, Bagio Bagio, Teuku Muhammad Syauqi

Abstract


Pengembangan bawang merah dalam sektor pertanian masih menjadi salah satu faktor yang berperan penting dalam meningkatkan ekonomi penduduk Desa Tanah Bara, Kecamatan Gunung Meriah, Aceh Singkil. Tujuan utama dari upaya pemberdayaan ini adalah memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada warga mengenai praktik pertanian yang efektif dan benar. Dalam proses pemberdayaan, metode yang diterapkan adalah PRA (Partisipatory Rural Appraisal) untuk melibatkan kelompok sasaran secara aktif. Penyuluhan disampaikan di dalam ruangan dan di lapangan untuk meningkatkan pengetahuan petani dalam kegiatan budidaya bawang merah, serta tindakan kolektif pemberdayaan secara langsung yaitu tindakan percontohan atau praktek lapangan yang melibatkan semua kelompok tani untuk terlibat secara bersama-sama agar dapat memahami langsung prosesnya, yang dilanjutkan dengan menganalisis iklim dalam menetapkan waktu tanam. Selain itu, kelompok tani juga diajarkan pembukuan sederhana, Sehingga petani dapat mengetahui secara pasti usaha tani yang dikerjakan memperoleh keuntungan atau sebaliknya mengalami kerugian. Dengan pemberdayaan ini kelompok tani lebih terarah dan mampu meningkatkan kemampuan anggota kemampuan kelompok tani dalam mengelola usaha tani sehingga meminimlakan gagal panen dan meningkatkan meningkatkan ekonomi kelompok tani bawang merah


Keywords


Bawang Merah; Kelompok Tani; Pemberdayaan

Full Text:

PDF

References


Abubakar, Y., dkk. (2021). PENINGKATAN PRODUKSI BAHAN PANGAN SINGKONG DENGAN MEMANFAATKAN LAHAN GAMBUT DI GAMPONG KUALA BARO, KECAMATAN KUALA PESISIR KABUPATEN NAGAN RAYA. Communnity Development Journal, 2(3), 829–834.

Agromedia, R. (2011). Petunjuk Praktis Bertanam Bawang. PT AgroMedia Pustaka.

Arfan, & Asrawaty. (2018). PKM PEMBERDAYAAN PETANI BAWANG MERAH LOKAL PALU MELALUI PENERAPAN MODEL SLPHT DI DESA WOMBO KECAMATAN TANANTOVEA KAB. DONGGALA PROVINSI SULAWESI TENGAH. Abditani : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1, 14–19.

Athaillah, dkk (2020). Pembuatan POC Limbah Sayur untuk Produksi Padi di Desa Lapang Kecamatan Johan Pahlawan Kabupaten Aceh Barat. JPKMI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia), 1(4), 214–219. https://doi.org/10.36596/jpkmi.v1i4.103

Bagio, & Athaillah, T. (2020). PEMBUKUAN USAHA TANI PADI DI DESA LEUHAN KECAMATAN JOHAN PAHLAWAN KABUPATEN ACEH BARAT. Jurnal Abdimas Bina Bangsa, 01(01), 80–86.

Faradilla, C., dkk (2023). PEMBERDAYAAN KELOMPOK WANITA TANI KEMBANG TANI MELALUI PENERAPAN GOOD HANDLING PRACTICE DALAM UPAYA MENINGKATKAN NILAI TAMBAH PADA TANAMAN SELEDRI DI DESA CUCUM KECAMATAN KUTA BARO KABUPATEN ACEH BESAR. Communnity Development Journal, 4(1), 442–445.

Handayani, S. (2016). Peran Kelembagaan Kelompok Wanita Tani Dalam Mendukung Pengembangan Ekonomi Lokal. Prosiding : Lokakarya Dan Seminar Nasional FKPTPI 2016, 1–23.

Indra, Suraiya, dkk (2022). INTRODUKSI INOVASI BUDIDAYA NILAM DAN PRODUK TURUNANNYA DI KECAMATAN INGIN JAYA KABUPATEN ACEH BESAR. Amaliah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 380–386.

Kementan Dirjen Hortikultura. (2010). SOP Budidaya Bawang Merah (Alium ascalonicum L) Kabupaten Nganjuk Provinsi Jawa Timur. Kementan Republik Indonesia.

Lestari, M. A., Santoso, M. B., & Mulyana, N. (2021). Penerapan Teknik Participatory Rural Appraisal (Pra) Dalam Menangani Permasalahan Sampah. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(3), 513. https://doi.org/10.24198/jppm.v7i3.29752

Rahayu, E., & Berlian, N. V. (2004). Bawang Merah. Penebar Swadaya.

Ratnawati, Mappamiring, & Mone, A. (2017). PEMBERDAYAAN KELOMPOK TANI DI DESA PACCING KECAMATAN PATIMPENG KABUPATEN BONE. Kolaborasi : Jurnal Administrasi Publik, 3(3), 1–23.

Silalahi, R. (2007). Pengaruh Lama Perendaman dan Konsentrasi Kolkhisin Terhadap Jamilah Kromosom, Pertumbuhan, dan Produksi Bawang Merah (Allium Cepa) Varietas Samosir. Fakulatas MIPA Universitas Medan.

Waluyo, N., & Sinaga, R. (2015). Bawang Merah yang dirilis oleh Balai Penelitian Tanaman Sayuran. Iptek Tanaman Sayuran. No. 004 Jan 2015.

Wibowo, S. (2005). Budidaya Bawang Putih, Merah dan Bombay. Penebar Swadaya.




DOI: https://doi.org/10.46576/rjpkm.v5i1.3761

Article Metrics

Abstract view : 72 times
PDF – 29 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Sri Handayani, Ariana, Aswin Nasution, Bagio, Teuku M Syauqi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat telah terindex pada

   JournalStories Main logo  

MEMBER OF

RJI Main logo 

  Crossref Sponsoring Member Badge 

JOURNAL CITATION

  


RESWARA : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT published by :

LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jpm_reswara@dharmawangsa.ac.id

 

Creative Commons License
Reswara : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/reswara/index.