PELATIHAN PEMBUATAN STEAK IKAN NILA DI DESA CINTAKARYA, KABUPATEN PANGANDARAN

Widya Pangestika, Nusaibah Nusaibah, Kusuma Arumsari, Deden Yusman Maulid, Arpan Nasri Siregar, Tri Rahayu Andayani

Abstract


Desa Cintakarya yang terletak pada Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran, merupakan desa yang dikenal dengan desa budidaya ikan nila. Banyaknya bahan baku ikan nila hasil budidaya di desa ini menumbuhkan semangat masyarakat sekitar untuk terus berinovasi dalam melakukan pengolahan pasca panen untuk memperpanjang masa simpan produk perikanan ini. Selama ini, masyarakat di Desa Cintakarya hanya mengolah ikan nila dengan cara dibakar saja. Padahal, masih banyak jenis olahan diversifikasi produk perikanan lainnya yang dapat dihasilkan untuk membuka peluang usaha baru dan meningkatkan ekonomi masyarakat pada desa tersebut. Salah satu jenis produk olahan perikanan yang inovatif dan mampu mendorong penjualan produk hasil pengolahan pasca panen adalah steak ikan nila. Steak ikan nila merupakan hasil pengembangan produk berbahan baku ikan nila dengan rasio penggunaan ikan nila terhadap tepung tapioka adalah 6,67:1. Pelatihan yang dilaksanakan pada hari Rabu, tanggal 21 Juni 2023 di Blok Nyalindung, Desa Cintakarya ini dihadiri oleh 10 orang ibu PKK. Metode yang digunakan pada pelatihan ini adalah praktik langsung. Steak ikan nila diolah dengan cara mencetak adonan bakso ke dalam bentuk steak, kemudian dipanggang di atas pemanggang hingga berwarna kecoklatan. Selain pengolahan, masyarakat juga diberikan pendampingan dalam mengemas produk. Produk dapat dikemas menggunakan kemasan thinwall agar lebih menarik perhatian dan meningkatkan daya jual. Tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan informasi kepada Masyarakat Desa Cintakarya terkait salah satu jenis produk diversifikasi olahan hasil perikanan agar pengetahuan dan ketrampilan masyarakat dalam mengolah ikan nila ke dalam bentuk steak ikan dan cara pengemasannya dapat meningkat.


Keywords


Desa Cintakarya; Ikan Nila; Pengemasan; Steak Ikan

Full Text:

PDF

References


Adawyah, R. 2006. Pengolahan dan Pengawetan Ikan. Bumi Aksara. Jakarta

Anggara, G., Nopianti, R., dan Herpandi. 2016. Pengaruh Suhu dan Lama Perendaman dalam Air Dingin pada Praperebusan terhadap Kualitas Bakso Ikan Patin (Pangasius pangasius). Fishtech, Vol. 5 (2), hal. 134-145.

Anggraini, I. K., Mutamimah, D., dan Sulthoniyah, S. T. M. 2021. Penanganan Pasca Panen di Unit Pelayanan Teknis Pelabuhan Perikanan Pantai Muncar. Jurnal Lemuru : Jurnal Ilmu Perikanan dan Kelautan Indonesia, Vol. 3 (1), hal. 8-14.

Anzani, C., Boukid, F., Drummond, L., Mullen., dan Alvarez, M. 2020. Optimising the use of proteins from rich meat co-products and non-meat alternatives: Nutritional, technological and allergenicity challenges. Food Research International. Elsevier, 137(5), 109575.

Astawan, M. 2004. Tetap Sehat Dengan Produk Makanan Olahan. Tiga Serangkai, Solo

Bahrudin. 2008. Penggunaan Na-Sitrat pada jenis tepung yang berbeda dalam pembuatan bakso kering ikan mata goyang (Priacanthus tayenus). [Skripsi]. Bogor: Fakultas Perikanan Dan Ilmu Kelautan, Institut Pertanian Bogor.

Estiani, W. 2020. Proses Pembekuan Fillet Ikan Anggoli (Pristipomoides multidens) di CV. Inti Makmur Makassar. Tugas Akhir. Jurusan Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan, Politeknik Pertanian Negeri Pangkep, Kepulauan.

Farida, Y. K. N., Hamida, S., dan Nugraheni, M. 2023. Spring Roll Tom Yum Tofu sebagai Inovasi One Dish Meal Sehat. Home Economics Journal, Vol. 7 (1), hal. 1-7

Fatmawati., Aqmal, A., dan Rampeng. 2018. Pengaruh Konsentrasi Rumput Laut (Kappaphycus alvarezii) Terhadap Tekstur Bakso Ikan Alu-Alu (Sphyraenagenie). Jurnal Ecosystem, 18 (1), 1039-1047.

Handayani S. 1995. Studi tentang pemanfaatan daging ikan cucut (Carcharias sp.) sebagai substitusi dalam pembuatan sosis ikan tenggiri (Scomberomorus commersoni). [Skripsi]. Malang: Fakultas Perikanan. Universitas Brawijaya.

Lekahena, V. N. J. 2015. Pengaruh Subtitusi Daging Ikan Madidihang Dengan Rumput Laut Kappaphycus alvarezii Terhadap Komposisi Gizi Bakso Ikan Madidihang. Jurnal Ilmiah Agribisnis dan Perikanan, 8 (2), hal. 92-98.

Mad-Ali, S., Masniyom, P., dan Benjakul, S. 2018. Characteristics and properties of goat meat gels as affected by setting temperatures. Food Chemistry. Elsevier, Vol. 268 (2), hal. 257–263.

Maulana, R. F., Sipahutar, Y. 2022. Pengolahan Tahu Bakso Ikan Cakalang (Katsuwonus pelamis) di UMKM Ariandi, Desa Waipo, Kelurahan Letuaru, Kota Masohi, Maluku Tengah. Jurnal Bluefin Fisheries, Vol. 4 (1), hal. 27-42.

Novianti, T. 2022. Pengaruh Konsentrasi Rumput Laut (Eucheuma cottonii) terhadap tekstur Bakso Ikan Nila (Oreochromis niloticus). Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains. Vol. 5 (1), hal. 30-35.

Nurtama, B., dan Sulistyani, Y. 1997. Suplementasi Ikan pada Makanan Ringan Produk Ekstrusi dengan Bahan Dasar Beras. IPB: Jurusan Teknologi Pangan dan Gizi

Paliling, I. P. H., Metusalach, dan Amir, N. 2018. Kualitas dan Kesukaan Bakso Ikan Nila (Oreochromis niloticus) dengan Penambahan Ekstrak Karotenoid dari Cangkang Udang Putih (Litopenaeus vannamei). Jurnal Ipteks Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan, Vol. 5 (10), hal. 132-148. DOI : https://doi.org/10.20956/jipsp.v5i10.6205

Soeparno. 1994. Ilmu Dan Teknologi Daging. Yogyakarta: UGM Press.

Witoko, P., Hartono, D. P., dan Barades E. 2018. Pendederan Ikan Nila dengan Sistem Mina Padi di Desa Tribudi Sukur Kecamatan Kebun Tebu Kabupaten Lampung Barat. Prosiding Seminar Nasional Penerapan Ipteks, Politeknik Negeri Lampung 08 Oktober 2018, hal. 57-61.




DOI: https://doi.org/10.46576/rjpkm.v5i1.3756

Article Metrics

Abstract view : 68 times
PDF – 45 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Widya Pangestika, Nusaibah, Kusuma Arumsari, Deden Yusman Maulid, Arpan Nasri Siregar, Tri Rahayu Andayani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat telah terindex pada

   JournalStories Main logo  

MEMBER OF

RJI Main logo 

  Crossref Sponsoring Member Badge 

JOURNAL CITATION

  


RESWARA : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT published by :

LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jpm_reswara@dharmawangsa.ac.id

 

Creative Commons License
Reswara : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/reswara/index.