PSIKOEDUKASI KETERAMPILAN REGULASI EMOSI PADA SISWA SMP

Friska Nur Anggraini, Effy Wardati Maryam, Widyastuti Widyastuti, Ghozali Rusyid Affandi

Abstract


Pada masa perkembangan remaja individu memasuki masa storm and stress. Kemampuan regulasi emosi yang berlangsung tidak tepat, akan membuat remaja cenderung mengikuti emosinya dalam berbagai tindakan yang menyebabkan hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, seperti terjadinya perkelahian yang merugikan lingkungan sekitar. Keterampilan psikologis akan membantu siswa untuk meningkatkan kesehatan mental mereka. Pengabdian kepada masyarakat yang berupa psikoedukasi dilakukan pada siswa Sekolah Menengah Pertama. Sebanyak 47 siswa mengikuti kegiatan ini. Hal ini ditunjang dari asesmen kebutuhan melalui wawancara dan menyebarkan kuesioner berupa google form dilakukan untuk mengidentifikasi masalah yang di alami siswa. Psikoedukasi memberikan pengetahuan dan keterampilan (role play) metode regulasi emosi dengan Expressive Writing dan Breathing Exercise. Berdasarkan analisis yang dilakukan dengan menggunakan uji paired sample t-test menunjukkan peningkatan dari nilai pre-test sebesar 33.000 menjadi 33.979 dalam perhitungan post-test pemahaman tentang psikoedukasi regulasi emosi. Sedangkan dalam pre-test Visual Scale Analoge (VAS) untuk mengukur emosi yang semulanya memiliki rata-rata 3.340 memiliki penurunan menjadi 3.149. Hasil ini menggambarkan bahwa psikoedukasi keterampilan regulasi emosi mampu menyelesaikan persoalan-persoalan yang dihadapkan siswa SMP terutama untuk meningkatkan keterampilan meregulasi emosi

Keywords


Breathing Exercise; Expressive Writing; Psikoedukasi; Regulasi Emosi; Siswa SMP

Full Text:

PDF

References


Agnesia, Anita Putri, dan Dewi Aryanti. 2022. “Teknik Relaksasi Nafas Dalam pada Ibu Post Sectio Caesarea RSUD Dr. Soekardjo Tasikmalaya: Studi Kasus.†Nursing Care and Health Technology Journal (NCHAT) 2(2):87–91. doi: 10.56742/nchat.v2i2.44.

Astuti, Dwi, Wasidi, dan Rita Sinthia. 2019. “Hubungan antara Regulasi Emosi dengan Perilaku Memaafkan pada Siswa Sekolah Menengah Pertama.†jurnal Consilia 2(1):66–74. doi: https://doi.org/10.33369/consilia.2.1.1-10.

Farichah, Ifta Nur, Bakhrudin All Habsy, dan Dimas Heri Suroso. 2019. “Konseling Kelompok Rasional Emotif Perilaku dalam Membantu Mengatasi Regulasi Emosi Siswa SMP, Efektivkah?†Jurnal Pendidikan (Teori dan Praktik) 4(1):25. doi: 10.26740/jp.v4n1.p25-32.

Halik, Al, Aulia Helwa, dan Annisa Ramadhani. 2022. “Penerapan Teknik Expressive Writing Langkah Membantu Siswa Mengelola Emosi.†SEMANGGI : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat 1(02):100–110. doi: 10.38156/sjpm.v1i02.135.

Ibrahim, Herdayanti. 2020. “Penerapan teknik expressive writing untuk meningkatkan pengelolaan emosi marah siswa di SMP Negeri 40 Makassar.†Universitas Negeri Makassar 21(1):1–30. http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25241

Maesaroh, A., dan E. Afiati. 2022. “Profil Regulasi Emosi dan Implikasinya bagi Bimbingan dan Konseling.†Journal of Education and Counseling 2(2):209–16. https://www.jurnal.masoemuniversity.ac.id/index.php/educationcounseling/article/view/54

Mawadah, Siti. 2020. “Implementasi Media Pembelajaran Audio Visual Terhadap Minat Belajar Peserta Didik SD Islam Assalam Bandar Lampung.†Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. https://doi.org/10.1016/j.jnc.2020.125798%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.smr.2020.02.002%0Ahttp://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/810049%0Ahttp://doi.wiley.com/10.1002/anie.197505391%0Ahttp://www.sciencedirect.com/science/article/pii/B9780857090409500205%0Ahttp:

Nuz’amidhan, Rizky Lazuardi, Ecep Supriatna, dan Reza Pahlevi. 2021a. “Pengunaan Teknik Diskusi Secara Daring untuk Mengembangkan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas Xi Ips 4 Sman 1 Batujajar.†FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan) 4(5):382. doi:10.22460/fokus.v4i5.7423.

Nuz’amidhan, Rizky Lazuardi, Ecep Supriatna, dan Reza Pahlevi. 2021b. “Studi deskriptif terhadap regulasi emosi pada siswa kelas IX di Smp Negeri 2 Pakisjaya.†FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan) 4(5):373. doi: 10.22460/fokus.v4i5.7823.

Pristianto, Arif, Rehning Puji Hastuti, Fitrotul Auliya, Tessya Hadika Novitasari, Bernadine Felicia Isdya Putri, dan Cikiesa Ilham Faiz. 2022. “Edukasi dan pemberian mindfull breathing exercise untuk mengatasi depresi pada siswa.†JAIM UNIK (Edukasi Pemberian) 6(1):111–16. doi: https://doi.org/10.30737/jaim.v6i1.3332.

Pristianto, Arif, Rifdah Hardaning Tyas, Imro’atul Muflikha, Alifia Fitria Ningsih, Ilma Liani Vanath, dan Faizah Nashrillah Reyhana. 2022. “Deep Breathing dan Butterfly Hug: Teknik Mengatasi Kecemasan pada Siswa MAN 2 Surakarta.†Kontribusi: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 3(1):36–46. doi: 10.53624/kontribusi.v3i1.127.

Rahmadhony, Samurya. 2020. “Efektivitas Pelatihan Regulasi Emosi untuk Menurunkan Perilaku Bullying pada Siswa SMP.†Analitika 12(2):169–78. doi: 10.31289/analitika.v12i2.3733.

Rubiani, Alhila, dan Shirley Melita Sembiring. 2018. “Perbedaan Regulasi Emosi pada Remaja Ditinjau dari Faktor Usia di Sekolah Yayasan Pendidikan Islam Swasta Amir Hamzah Medan.†Jurnal Diversita 4(2):99. doi: 10.31289/diversita.v4i2.1593.

Uci, Iin Runa, dan Siti Ina Savira. 2019. “Hubungan antara keberfungsian keluarga dengan regulasi emosi pada siswa di smp x di surabaya.†Character : Jurnal Penelitian Psikologi 06(02):1–7. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/28359

Wahyu Relisa Ningrum, Musa Masing. 2022. “Regulasi Emosi Mahasiswa Mantan Pecandu Narkoba.†JPDK : Jurnal Pendidikan dan Konseling 4(2):496–500. doi: https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i2.4205.

Wardah, Ani. 2020. “Keterbukaan Diri dan Regulasi Emosi Peserta didik SMP Korban Bullying.†Indonesian Journal of Learning Education and Counseling 2(2):183–92. doi: 10.31960/ijolec.v2i2.410.




DOI: https://doi.org/10.46576/rjpkm.v4i2.3156

Article Metrics

Abstract view : 445 times
PDF – 434 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Friska Nur Anggraini, Effy Wardati Maryam, Widyastuti Widyastuti, Ghozali Rusyid Affandi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat telah terindex pada

   JournalStories Main logo  

MEMBER OF

RJI Main logo 

  Crossref Sponsoring Member Badge 

JOURNAL CITATION

  


RESWARA : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT published by :

LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jpm_reswara@dharmawangsa.ac.id

 

Creative Commons License
Reswara : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/reswara/index.