EKSPLORASI PEMANFAATAN SOCIAL ADVERTISING SEBAGAI MEDIA MARKETING DALAM PROMOSI PRODUK
Abstract
Pelaku Usaha Kecil, Mikro dan Menegah, khususnya kelompok usaha kecil selama pandemi covid-19 mengalami penurunan pendapatan seperti yang telah dinyatakan oleh Kementerian Koperasi di tahun 2020 saat covid-19 berubah menjadi pandemi. Hal ini juga dirasakan oleh kelompok usaha Raja Keripik (RK) selaku mitra kegiatan Program Kemandirian Masyarakat (PKM), dibuktikan dengan turunnya penjualan dikarenakan pemberlakuaan social distancing. Salah satu penyebabnya adalah karena selama ini mitra melakukan promosi hanya mengandalkan promosi mulut ke mulut, penitipan penjualan ke warung-warung terdekat, dan tetangga, hal ini bertolak belakang dengan dampak yang diakibatkan oleh pandemi yang seharusnya mitra telah melakukan pemasaran produk melalui online. Oleh karenanya tim PKM melaksanakan kegiatan workshop yang memanfaatkan social media dan social advertising untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mitra dalam memasarkan produk. Kegiatan workshop dilakukan 17 Desember 2022 dalam pelaksanaannya melibatkan mitra kegiatan PKM dan juga beberapa kelompok usaha yang berada disekitar mitra yang membutuhkan pengetahuan dan wawasan mengenai kegiatan PKM. Hasil evaluasi yang dilakukan sebelum dan setelah kegiatan workshop diperoleh secara statistik peningkatan respon peserta workshop akan terus menggunakan akun tersebut untuk mempromosikan produk. Selain itu kegiatan ini menghasilkan 10 akun social advertising dari kelompok usaha yang dilibatkan dan akan menggunakan akun tersebut untuk melakukan pemasaran produk usahanya. Berdasarkan hasil observasi setelah kegiatan PKM dilaksanakan, sebanyak 3 akun termasuk mitra keripik RK yang telah melaksanakan proses jual beli menggunakan akun tersebut, harapannya selanjutnya kegiatan ini mampu meningkatkan kemandirian usaha dalam memanfaatkan social media dan menggunakan social advertising sebagai media promosi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amelia, D., & Susanti, E. (2022). Sosialisasi Pemanfaatan Sosial Media Sebagai Strategi Pemasaran Digital Bagi Ukm Sari Bakery Di Era Pandemi Covid 19. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 238–241. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i1.3614
Andono, F. A., & Girindratama, M. W. (2023). Pelatihan Dan Pendampingan Digital Marketing Melalui Platform Sosial Media Dan Marketplace Bagi Umkm Kerajinan Aksesoris. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 178–186. https://doi.org/10.46576/rjpkm.v4i1.2359
Batubara, M. H., Nurmalina, N., Nasution, A. K. P., Agusmawati, A., & Maharani, A. (2021). Pelatihan Media Sosial Instagram Untuk Sarana Promosi Ekowisata. JPMA - Jurnal Pengabdian Masyarakat As-Salam, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.37249/jpma.v1i1.253
Desitama, L., Dewi, E., & Fadhiel, M. (2023). PLATFORM DIGITAL SEBAGAI MEDIA PEMASARAN PADA.
Dian Marlina Verawati. (2019). Riset Ekonomi Manajemen. Jurnal Untidar.Riset Ekonomi Manajemen, 2(2), 93–101. https://www.neliti.com/id/publications/288823/analisis-marketing-mix-dalam-mendorong-keputusan-pembelian-susu-bubuk-balita-di
Hanifawati, T., & Listyaningrum, R. S. (2021). Peningkatan Kinerja UMKM Selama Pandemi Covid-19 melalui Penerapan Inovasi Produk dan Pemasaran Online. Warta LPM, 24(3), 412–426. https://doi.org/10.23917/warta.v24i3.12615
Hardiansyah, O. B., & Armin, A. P. (2022). Pemanfaatan Sosial Media Instagram Sebagai Sarana Digital Marketing Di Era Pandemi Covid 19. JPM Jurnal Pengabdian Mandiri, 1(7), 1297–1302. http://bajangjournal.com/index.php/JPM
Insan, M. Y. (2019). Jurnal Bisnis dan Kajian Strategi Manajemen Jurnal Bisnis dan Kajian Strategi Manajemen. Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen, 3(2), 119–131.
Masruroh, R., & Maulana, Y. (2023). Reswara : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 1–5.
Munawar, Z., Herdiana, Y., Suharya, Y., & Putri, N. I. (2021). Tematik : Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi (e-Journal) Vol. 8 No. 2 Desember 2021. Tematik : Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi (e-Journal), 8(2), 160–175.
Nugroho, T. A., & Azzahra, F. C. (2022). Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Promosi Social Commerce Usaha Bro.Do. Jurnal Pustaka Komunikasi, 5(1), 136–149. https://doi.org/10.32509/pustakom.v5i1.1883
Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi. Jurnal Common, 3(1), 71–80. https://doi.org/10.34010/common.v3i1.1950
UKM, K. K. dan. (2020). Kemenkop UKM Siapkan 5 Langkah Kebijakan Atasi Masalah UMKM di Masa Pandemi.
Untari, D., & Fajariana, D. E. (2018). Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram (Studi Deskriptif Pada Akun @Subur_Batik). Widya Cipta, 2(2), 271–278. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/widyacipta
Utami, K. S., Prasetya, P., Widya, U., & Utami, K. S. (2023). PEMBERDAYAAN PELAKU UMKM MELALUI PELATIHAN PENGEMASAN PRODUK SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PENJUALAN.
Widyastuti, S., Astriratma, R., & Indarso, A. O. (2022). Optimalisasi Smartphone Dalam Pembuatan Media Promosi. Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi Dan Perubahan, 2(2).
Winarti, C. (2021). Pemanfaatan Sosial Media oleh UMKM Dalam Memasarkan Produk di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Bisnis Seri Ke-4, 1(1), 195–206.
DOI: https://doi.org/10.46576/rjpkm.v4i2.3131
Article Metrics
Abstract view : 174 timesPDF – 73 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Imelda Saluza, Dewi Sartika, Roswaty, Indah Permatasari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat telah terindex pada
RESWARA : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT published by :
LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 MedanKontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jpm_reswara@dharmawangsa.ac.id
Reswara : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/reswara/index.