DIGITAL MARKETING PRODUK STICK JAGUNG MELALUI WEBSITE PADA DESA KAYANGAN

Fitria Ika Agustina, Juhartini Juhartini, Baiq Ishariaty Wika Utari

Abstract


Kata Kayangan diambil dari nama sebuah lokasi tanah adat yang berbentuk sebuah bukit kecil yang memiliki ketinggian sekitar 80 meter. Jagung merupakan salah satu komoditas yang tumbuh subur di dusun Empak Mayong Desa Kayangan. Pada pelatihan ini ada dua jenis kegiatan yang di lakukan, pertama pelatihan pengolahan jagung manis menjadi stick jagung dan yang kedua pelatihan digital marketing untuk pemasarannya. Pada pelatihan pemasaran selain mengajarkan tentang strategi pemasaran secara digital, tim PkM juga membuatkan sebuah webstie penjualan sederhana yang dapat dioperasikan oleh para anggota kelompok untuk memasarkan produk stick jagung yang di hasilkan dari pelatihan produksi. Dalam website tersebut terdapat menu untuk menambahkan data produk dan menu untuk mengolah data transaksi pemesanan. Dengan pemasaran digital/digital marketing diharapkan dapat memberikan pengaruh terhadap peningkatan volume penjualan produk stick jagung. Berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi diketahui sebanyak 93,66% anggota kelompok wanita tani telah mampu membuat camilan stick jagung. Pemahaman dan keterampilan yang dimiliki oleh masyarakat dalam pengolahan/pembuatan stick jagung sangat memuaskan sedangkan kwalitas produk yang dihasilkan berhasil dengan baik atau maksimal, pemahaman serta keterampilan dalam pengelolaan website penjualan juga cukup memuaskan


Keywords


Pemasaran Digital; Stick Jagung; Website; Desa Kayangan

Full Text:

PDF

References


Afriwan, O., & Agustina, F. I. (2020). Pemberdayaan Kelompok Usaha Ibu Rumah Tangga Sayo Baru Kelurahan Turida Kecamatan Sandubaya Kota Mataram. 2(3), 101–108.

Amin, M., & Subri, M. (2018). Pelatihan Pembuatan Makanan Ringan Ekstrudat Jagung Guna Meningkatkan Pendapatan Masyarakat. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 2(1), 43. https://doi.org/10.30595/jppm.v2i1.1639

Dewi, C. A., & Kurniasih, Y. (2017). Pemberdayaan petani jagung melalui pengembangan usaha diversifikasi produk olahan jagung di labuapi kabupaten lombok barat. 2.

Dwijayanti, A & Pramesti, P. (2021). Pemanfaatan Strategi Pemasaran Digital menggunakan E-Commerce dalam mempertahankan Bisnis UMKM Pempek4Beradek di masa Pandemi Covid-19. IKRAITH-ABDIMAS. 4(2): 68-73. https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/IKRAITH-ABDIMAS/article/view/982

Fradito, A., & Lindasari, L. M. (2021). TEKNIK PEMBUATAN CAMILAN JAGUNG MANIS UNTUK MENUMBUHKAN MINAT BERWIRAUSAHA WANITA TANI KABUPATEN LAMPUNG SELATAN. Jurnal Graha Pengabdian, 3(2), 136. https://doi.org/10.17977/um078v3i22021p136-146

Handayani, S. M., & Sundari, M. T. (2016). Pemberdayaan Wanita Tani Melalui Pembuatan Keripik Belut Daun Singkong di Kecamatan Jumantono Kabupaten Karanganyar. Jurnal DIANMAS, 5(1), 23–34.

Indah, I. N., & Yulianto, L. (2011). Pembuatan Website Sebagai Sarana Promosi Produk Kelompok Pidra Desa Gawang Kecamatan Kebonagung Kabupaten Pacitan. Journal Speed, 3(4), 30–33.

Jayaputra, J., Nurrachman, N., Santoso, B. B., & Damar Jaya, I. K. (2020). Optimalisasi Pemanfaatan Lahan Pekarangan Untuk Mendukung Ketahanan Pangan Rumahtangga Petani Lahan Kering Di Desa Kayangan Lombok Utara. Jurnal SIAR ILMUWAN TANI, 1(1), 13–21. https://doi.org/10.29303/jsit.v1i1.5

Karwati, L., & Tasikmalaya, U. S. (2017). PEMBERDAYAAN PEREMPUAN MELALUI PELATIHAN WOMAN EMPOWERMENT THROUGH ENTREPRENEURS TRAINING. 12(1), 45–52.

Kusumawardhani, R., Kurniawan, I. S., & Ningrum, N. K. (2020). Pelatihan Pemasaran Digital dan Manajemen Usaha Untuk Akselerasi Kinerja UKM Pengrajin Bambu di Desa Tirtoadi, Mlati, Sleman. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(1), 11–17.

Maria, E., Suharyadi, S., & Hudiono, R. K. (2021). Implementasi pemasaran digital berbasis website sebagai strategi kenormalan baru Dusun Srumbung Gunung pasca Covid-19. Riau Journal of Empowerment, 4(1), 1–10. https://doi.org/10.31258/raje.4.1.1-10

Nugrahaningsih, P., Hanggana, S., Murni, S., Hananto, S. T., Asrihapsari, A., Syafiqurrahman, M., Zoraifi, R., & Hantoro, S. (2021). PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN DAN PEMASARAN DIGITAL PADA BUMDes BLULUKAN GEMILANG. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 8. https://doi.org/10.24198/kumawula.v4i1.29574

Pradiani, T. (2018). Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 11(2), 46–53. https://doi.org/10.32812/jibeka.v11i2.45

Putri, E. M. (2015). PENGARUH FAKTOR-FAKTOR KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP KINERJA PEGAWAI DALAM IMPLEMENTASI SISTEM e-PROCUREMENT ( STUDI KASUS PADA KEMENTERIAN PEKERJAAN UMUM ) INFLUENCE FACTORS COMPETENCE OF HUMAN RESOURCES ON THE PERFORMANCE OF EMPLOYEES IN THE I. 1–140.

Setiawan, H., Jiwandono, I. S., Witono, A. H., Oktaviyanti, I., & Purnama, I. (2021). Pendampingan Trauma Pascagempa Berbasis Kearifan Lokal di Desa Kayangan Kabupaten Lombok Utara. Jurnal Abdimas PHB, 4(1), 115–122.

Sinay, H., & Harijati, N. (2021). Determination of Proximate Composition of Local Corn Cultivar from Kisar Island, Southwest Maluku Regency. Biosaintifika: Journal of Biology & Biology Education, 13(3), 258–266. https://doi.org/10.15294/biosaintifika.v13i3.30527

Susilawati, D., & Rachmawati, P. (2020). Jagung Di Dusun Karangnongko Desa Ngloro Kecamatan the Empowerment of Women Farmer Group : Corn Processing in. Jppm (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 4(1), 157–162.

Susita, D. (2017). PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN BAGI PELAKU USAHA KECIL DAN BINAAN KOPERASI DI RUMAH SUSUN SEDERHANA SEWA ( RUSUNAWA ) CIPINANG BESAR SELATAN. 1(1), 58–72.

Wahyuni, S. (2020). Sosialisasi Pemanfaatan Jambu Air Menjadi Nata De Syzigium. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 209–213. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v4i1.3285




DOI: https://doi.org/10.46576/rjpkm.v4i2.3054

Article Metrics

Abstract view : 242 times
PDF – 196 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Fitria Ika Agustina, Juhartini, Baiq Ishariaty Wika Utari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat telah terindex pada

  

JournalStories Main logo 

MEMBER OF

RJI Main logo 

  Crossref Sponsoring Member Badge 

JOURNAL CITATION

  


RESWARA : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT published by :

LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jpm_reswara@dharmawangsa.ac.id

 

Creative Commons License
Reswara : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/reswara/index.