DIGITAL BRANDING UNTUK PENGEMBANGAN DODOL NANGKA KHAS DESA BESAN, KECAMATAN DAWAN, KABUPATEN KLUNGKUNG, PROVINSI BALI
Abstract
Potensi Desa Besan dalam bidang ekonomi ditunjukan oleh hasil olahan makanan ringan yang diproduksi oleh masyarakat di Desa tersebut. Salah satu produk olahan khas yang dihasilkan adalah dodol nagka. Bahan baku utama dari produk tersebut adalah buah nangka yang mudah di dapat di Desa tersebut, karena buah nangka merupakan salah satu sumber daya hayati utama yang dihasilkan dari sektor pertaniannya. Terbatasnya pemasaran dan belum adanya logo sebagai identitas produk khas Desa Besan membuat dodol nangka kurang dikenal masyarakat luas. Tujuan kegiatan ini adalah membantu pengrajin UMKM menerapkan digital branding untuk pengembangan dodol nangka sebagai makanan ringan khas Desa Besan. Metode pelaksanaan yang digunakan, meliputi observasi, pendampingan pembuatan desain logo, pembuatan akun media sosial instagram dan cara penggunaannya serta evaluasi. Hasil kegiatan setelah program kerja dilaksanakan, yaitu produk dodol nangka Desa besan kini memiliki desain logo dan akun media sosial Instagram sebagai sarana digital branding produk yang dapat membuat usaha ini lebih dikenal oleh masyarakat luas
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aryasanti, A., Pradana, R., Irawati, R., Achadiani, D., & Irawan, H. (2021). Pelatihan Pembuatan Surat Lamaran Kerja Berbasis Digital Branding. JAM-TEKNO (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat TEKNO), 2(2), 1–6.
Darmoko, M., Yunita, A., & Ramadhanti, D. (2022). Pengembangan Kawasan Desa Wisata Selotapak melalui Digital Branding guna Meningkatkan Mutu Media Promosi. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 301–313.
Dewi, N. K. T., Mandira, I. M. C., Kusuma, P. S. A. J., & Wijaya, G. C. (2023). Pembuatan Design Logo dalam Penunjangan UMKM “ENTIL†Makanan Khas Desa Penatahan. Abdimas Galuh, 5(1), 617–624.
Fadilah, I., Rahayu, E. S., & Gamayanti, W. (2021). Pemberdayaan Karang Taruna Melalui Digital Branding “Sabun Sahati†Sebagai Alternatif Pendanaan. Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1(46), 132–145. https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/867
Jonamy, A. R., Hidayattuloh, M., & Albertina, E. (2020). Perancangan Strategi Branding Produk Kaneela Crust Pie di Bandung. E-Proceeding of Art & Design, 7(2), 2460–2466. https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/artdesign/article/view/12985
Khairdarmansyah, & H. (2022). Edukasi Penerapan Digital Branding untuk Peningkatan Ekonomi UMKM Makaroni di Tanjung Senang, Bandar Lampung. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(10), 2859–2866.
Kristiyono, J., Patriagama, M. R., Atma, A., Septyan, I., Hanafi, R., & Asrosi, H. S. (2021). Pengembangan Digital Branding Kampung Hidropononik Medokan Ayu Surabaya. Prapanca Jurnal Abdimas, 1(1), 46–59. https://doi.org/10.37826/prapanca.v1i1.129
Kusumawati, R., Akmalla, A., & Bukhori, I. (2022). Pemanfaatan Pemasaran Digital Bagi UMKM Klepu Lor. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 786–794. https://doi.org/10.46576/rjpkm.v3i2.2007
Prayustika, P. A. (2016). Kajian Literatur: Manakah Yang Lebih Efektif? Traditional Word of Mouth Atau Electronic Word of Mouth. Matrix : Jurnal Manajemen Teknologi Dan Informatika, 6(3), 168–173.
Sari, I. A. L. N., & Putri, D. A. P. A. G. (2021). Pegembangan UMKM Jajan Sengait Di Desa Sading melalui Inovasi Branding dan Packaging. INTEGRITAS : Jurnal Pengabdian, 5(2), 269–276.
Sukmasetya, P., Apriyani, H., Wahyuni, T., Wulan, B. S., Nugroho, W., & Ardiyansah, A. H. (2021). Pendampingan Pemanfaatan Digital Branding dan Digital Marketing Pada Kuliner Kampung Kali Paremono. Jurnal Abdimas PHB: Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming, 4(3), 322–328. https://doi.org/10.30591/japhb.v4i3.2331
Wahyuni, S. N., & Damayanti, D. (2019). Digital Branding menggunakan Instagram Follower. INFOS Journal - Information System Journal, 1(4), 31–35.
Wahyunti, S., Amelia, R., Sukrin, Salam, A., & Jayanti, M. I. (2022). Pendampingan UMKM Kelompok Nggali Nggawa Desa Bre melalui Digital Branding dalam Mengembangkan Arunggina sebagai Produk Olahan Khas Bima. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 101–112.
Wardaya, W., Sakdiyah, H., Marbun, K. N. S., Pratama, M. T. Y., & Ismail, T. (2022). Pemanfaatan Media Sosial Instagram Untuk Digital Branding Sebagai Strategi Pemasaran Produk Usaha Mikro. Literasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Inovasi, 2(2), 1461–1468.
Wulandari, A., Suryawardani, B., Wijaya, D. R., Sari, S. K., & S. (2021). Peningkatan Potensi Produk Unggulan Kabupaten Bandung melalui Manajemen Produk dan Branding Digital. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 43–52. https://doi.org/10.30651/aks.v5i1.4103
DOI: https://doi.org/10.46576/rjpkm.v4i2.2995
Article Metrics
Abstract view : 338 timesPDF – 150 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Ni Luh Putu Sariani, Ni Made Rika Dwi Cahyani, Anak Agung Gde Alit Wiradyatmika, Ni Nengah Rupadi Kertiriasih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat telah terindex pada
RESWARA : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT published by :
LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 MedanKontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jpm_reswara@dharmawangsa.ac.id
Reswara : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/reswara/index.