PENDAMPINGAN ORANG TUA DALAM MEMBANGUN SEMANGAT BELAJAR ANAK SEBAGAI GENERASI PENERUS BANGSA DI YAYASAN

Iwan Ramadhan, Muhammad Fachrurrozi Bafadal, Yudhistira Oscar Olendo, Jagad Aditya Dewantara, Thomy Sastra Atmaja, Suriyanisa Suriyanisa, Daniel Daniel

Abstract


Tujuan pengabdian ini untuk membantu orang tua secara teori dan praktik dalam membangun semangat belajar anak melalui kegiatan pendampingan orang tua. Prosedur pelaksanaan pendampingan meliputi perancangan identifikasi masalah dan kegiatan di lapangan yang terdiri dari kegiatan penyampaian materi tentang praktik dan teoritik, melakukan tanya jawab dan diskusi. Masalah dihadapi orang tua dalam pendampingan yaitu anak malas belajar karena lebih sering menggunakan gawai, strategi membangun semangat belajar yang belum tepat, kurangnya motivasi orang orang tua dan kesibukan orang tua. Pemecahan masalah dalam bentuk upaya preventif dan represif didiskusikan pada kegiatan pendampingan ini. Subyek kegiatan pendampingan yaitu orang tua yang memiliki anak berpendidikan mulai dari jenjang pra-sekolah hingga menengah atas. Hasil penelitian ini yaitu adanya kepuasaan orang tua mitra. Kepuasan mitra terwujud dalam apresiasi dan partisipasi aktif orang tua bertanya dan berdiskusi, sehingga dapat disepakati kesimpulan umum dalam kegiatan pendampingan membangun semangat belajar anak oleh orang tua yaitu hal yang harus diperhataikan orang tua menambah pengetahuan, pemahaman dan mengidentifikasikan model belajar anak terlebih dahulu. Sehingga jika orang tua sudah dapat menetapkan model belajar anak, upaya membangun semangat belajar yang tepat dapat dilakukan sesuai dengan karakteristik setiap anak


Keywords


Pendampingan Orang Tua; Semangat Belajar; Generasi Penerus Bangsa

Full Text:

PDF

References


Akmaliyah, Hudzaifah, Y., Ulfah, N., & Pamungkas, M. I. (2021). Child-friendly teaching approach for arabic language in nn indonesian islamic boarding school. International Journal of Language Education, 5(1). https://doi.org/10.26858/IJOLE.V5I1.15297

Aslan, A. (2019). Peran Pola Asuh Orangtua di Era Digital. Jurnal Studia Insania, 7(1). https://doi.org/10.18592/jsi.v7i1.2269

Boiliu, F. M. (2020). Peran Pendidikan Agama Kristen Di Era Digital Sebagai Upaya Mengatasi Penggunaan Gadget Yang Berlebihan Pada Anak Dalam Keluarga Di Era Disrupsi 4.0. REAL DIDACHE: . Journal of Christian Education, 1(1), 25–38.

Devi, F., Imran, I., & Ramadhan, I. (2021). Analisis Faktor Penyebab Pernikahan Dini Pada Remaja Di Desa Mentajoi Kecamatan Serawai Kabupaten Sintang. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 5(3). https://doi.org/10.36312/jisip.v5i3.2058

Dunst, C. J., Annas, K., Wilkie, H., & Hamby, D. W. (2019). Review of the effects of technical assistance on program, organization and system change. In International Journal of Evaluation and Research in Education (Vol. 8, Issue 2). https://doi.org/10.11591/ijere.v8i2.17978

Efendi Pohan, A. (2020). Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah - Albert Efendi Pohan, S. In CV. Sarnu Untung.

Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838

Fitri, A. N., Riana, A. W., & Fedryansyah, M. (2015). Perlindungan Hak-Hak Anak Dalam Upaya Peningkatan Kesejahteraan Anak. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1). https://doi.org/10.24198/jppm.v2i1.13235

Gunawan, H., Suryadi, K., & Malihah, E. (2015). Analisis Perubahan Sosial Budaya Masyarakat Desa Cihideung Sebagai Desa Wisata. Sosietas, 5(2). https://doi.org/10.17509/sosietas.v5i2.1524

Herawati, T., Krisnatuti, D., Pujihasvuty, R., & Latifah, E. W. (2020). Faktor-faktor yang memengaruhi pelaksanaan fungsi keluarga di Indonesia. Jurnal Ilmu Keluarga & Konsumen, 13(3), 213-227.

Hijriyani, Y. S., & Astuti, R. (2020). Penggunaan Gadget pada Anak Usia Dini dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(1), 015. https://doi.org/10.21043/thufula.v8i1.6636

Kristiani, E., & Pahlevi, T. (2021). PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN KEDISIPLINAN SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(2). https://doi.org/10.37478/jpm.v2i2.1027

Lestari, N. G. A. M. Y. (2019). PROGRAM PARENTING UNTUK MENUMBUHKAN KESADARAN PENTINGNYA KETERLIBATAN ORANG TUA DI PAUD. PRATAMA WIDYA : JURNAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI, 4(1), 8. https://doi.org/10.25078/pw.v4i1.1064

Magfiroh, L., Desyanty, E. S., & Rahma, R. A. (2019). Pembentukan Karakter Disiplin Anak Usia Dini Melalui Metode Pembiasaan Di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal 33 Kota Malang. Jurnal Pendidikan Nonformal, 14(1). https://doi.org/10.17977/um041v14i1p54-67

Mustofa, A. (2019). Metode Keteladanan Perspektif Pendidikan Islam. Cendekia : Jurnal Studi Keislaman, 5(1). https://doi.org/10.37348/cendekia.v5i1.71

Pangastuti, R., Pratiwi, F., Fahyuni, A., & Kammariyati, K. (2020). Pengaruh Pendampingan Orangtua Terhadap Kemandirian dan Tanggung Jawab Anak Selama Belajar dari Rumah. JECED : Journal of Early Childhood Education and Development, 2(2). https://doi.org/10.15642/jeced.v2i2.727

R, N. (2021). Optimalisasi Pendampingan Belajar Home Learning Di Era Pandemi Covid-19 Di Binalatung Pantai Amal Kota Tarakan. Rengganis Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2). https://doi.org/10.29303/rengganis.v1i2.74

Rahayu, G. D. S., & Firmansyah, D. (2019). Pengembangan Pembelajaran Inovatif Berbasis Pendampingan Bagi Guru Sekolah Dasar. Abdimas Siliwangi, 1(1). https://doi.org/10.22460/as.v1i1p17-25.36

Rahmawati, D., Hastuti, D., & Simanjuntak, M. (2022). The effect of mother’s burden on learning from home, maternal-efficacy, and maternal care practices on emotion and negative behavior of children aged 5-6 years. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 41 (3).

Ramadhan, Iwan., I. (2022). Kontruksi Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program “Aku Belajar†Dalam Meningkatkan Literasi Anak Pemulung. Jurnal PIPSI, 7(1), 45–56. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26737/jpipsi.v7i1.2389

Ruli, E. (2020). Tugas dan peran orang tua dalam mendidk anak. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1), 143–146.

Rumhadi, T. (2017). Urgensi Motivasi dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Diklat Keagamaan, 11(1), 33–41.

Rusdiana, Sulistyarini, I. R. (2021). Analisis Proses Belajar Mengajar Bebasis Literasi Pada Mata Pelajaran Sosiologi di Madrasah Aliyah Islamiyah Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 10(1), 1–9.

Sari, D. (2017). Peran Orangtuan dalam Memotivasi Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional 20 Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang 25 November 2017, November, 1–43.

Setiardi, D. (2017). Keluarga Sebagai Sumber Pendidikan Karakter Bagi Anak. Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam, 14(2). https://doi.org/10.34001/tarbawi.v14i2.619

Suparti, A. D., Imran, I., & Ramadhan, I. (2021). ANALISIS PELAKSANAAN PENERIMA PROGRAM KELUARGA HARAPAN MELALUI KARTU INDONESIA PINTAR PADA SISWA KELUARGA KURANG MAMPU DI DESA NANGA KALIS. JPPK: Journal of Equatorial Education and Learning, 10(12), 1–9. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v10i12.51278.

Syifa, L., Setianingsih, E. S., & Sulianto, J. (2019). Dampak Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Psikologi pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 527–533.

Talu, A. T. I., & Gomes, F. De. (2019). Identifikasi Sekolah Ramah Anak pada Satuan PAUD di Kecamatan Langke Rembong Berdasarkan Kebijakan Pengembangan Sekolah Ramah Anak. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 11(1).

Wahidin. (2019a). Peran Orang Tua Dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Anak Sekolah Dasar. Pancar, 3(1), 232–245.

Wahidin. (2019b). Peran Orang TuaDalamMenumbuhkan Motivasi Belajar Pada AnakSekolah Dasar. Jurnal PANCAR, 3.

Yulianingsih, W., Suhanadji, S., Nugroho, R., & Mustakim, M. (2020). Keterlibatan Orangtua dalam Pendampingan Belajar Anak selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.740

Yumnah, S. (2016). Kecerdasan Anak Dalam Pengenalan Potensi Diri. Jurnal Studi Islam, 11(2)




DOI: https://doi.org/10.46576/rjpkm.v4i2.2871

Article Metrics

Abstract view : 196 times
PDF – 63 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Iwan Ramadhan, Muhammad Fachrurrozi Bafadal, Yudhistira Oscar Olendo, Jagad Aditya Dewantara, Thomy Sastra Atmaja, Suriyanisa Suriyanisa, Daniel Daniel

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat telah terindex pada

   JournalStories Main logo  

MEMBER OF

RJI Main logo 

  Crossref Sponsoring Member Badge 

JOURNAL CITATION

  


RESWARA : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT published by :

LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jpm_reswara@dharmawangsa.ac.id

 

Creative Commons License
Reswara : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/reswara/index.