PENINGKATAN KECERDASAN KINESTETIK BAYI BALITA MELALUI PELATIHAN KADER POSYANDU TENTANG STIMULASI BRAIN GYM

Ester Ratnaningsih, Listia Dwi Febriati

Abstract


Kegiatan pemantauan tumbuh kembang bayi dan balita di Posyandu Dusun Duku, Desa Jampidan, Banguntapan, Kabupaten Bantul sudah berjalan rutin setiap bulan. Hasil pemantauan menunjukkan perkembangan motorik balita 64% sesuai usianya, namun 36% mengalami keterlambatan perkembangan motorik meliputi merangkak, berjalan dengan dibantu dan berjalan sendiri. Keterlambatan perkembangan motorik balita di Dusun Duku disebabkan anggota tubuh yang belum terstimulus dengan baik, kurangnya pengetahuan orang tua dalam mengembangkan kinestetik balita dan penggunaan gadget pada balita. Salah satu aspek perkembangan yang perlu di stimulasi adalah kecerdasan kinestetik yaitu gerakan seluruh anggota tubuh. Upaya meningkatkan kecerdasan kinesteik balita melalui stimulasi brain gym. Pengabdian Masyarakat ini bertujuan mengoptimalkan perkembangan balita khususnya kecerdasan kinestetik dengan stimulasi brain gym di wilayah Dusun Duku, Desa Jambidan, Banguntapan, Kabupaten Bantul. Metode: Pelaksanaan kegiatan berupa pelatihan kader Posyandu tentang stimulasi kecerdasan kinestetik brain gym dengan metode ceramah, diskusi dan praktik. Hasil kegiatan ini tercetaknya Buku Saku Brain Gym pada Bayi dan Balita yang telah memperoleh sertifikat Hak Cipta, Hasil pelatihan kader menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan dari 6,3% pengetahuan baik menjadi 56,3%. Kader telah mampu melakukan stimulasi brain gym pada bayi dan balita


Keywords


Kecerdasan; Kinestetik; Brain Gym

Full Text:

PDF

References


Anggraini, D. D. (2015). PENINGKATAN KECERDASAN KINESTETIK MELALUI KEGIATAN BERMAIN SIRKUIT DENGAN BOLA. Volume 2, Nomer 1, 11.

Khaironi, M. (2018). Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 2(01), 01. https://doi.org/10.29408/goldenage.v2i01.739

Kusuma, I. R. (2019, Tahun). “SENAM OTAK UNTUK OPTIMALISASI STIMULASI TUMBUH KEMBANG BALITA.†Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat IV Tahun 2019, Purwokerto. https://semnaslppm.ump.ac.id/index.php/semnaslppm/article/view/15

Muzakkir, H. (2013). Faktor-faktor Yang Berhubungan Dengan Kinerja Kader Posyandu di Wilayah Kerja UPTD Puskesmas Kaledupa Kecamatan Kaledupa Kabupaten Wakatobi Propinsi Sulawesi Tenggara. STIKES Nani Hasanuddin Makassar, Volume 2, Nomor. 2 Tahun 2013, 1–7.

Ngewa, H. M. (2020). PENINGKATAN KECERDASAN KINESTETIK MELALUI KEGIATAN GERAK DAN LAGU (Penelitian Tindakan di Kelompok B TK Pertiwi No.1 Uloe, Kecamatan Dua. 2(1), 24.

Nonce N, L., Rumangit Fred, Montol Ana B, & Lule Riaty. (2015). FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEAKTIFAN KADER POSYANDUDI WILAYAH KERJA PUSKESMAS RANOTANA WERU. Jurnal GIZIDO Vol. 7 No. 2., 429–439.

Pramita, I. (2020). STIMULASI BRAIN GYM KEPADA SISWA PAUD DI SANG TUNAS SCHOOL DENPASAR. Jurnal Widya Laksana, 9(1), 6.

Rahmita, N. (2017). KARAKTERISTIK DAN KINERJA KADER KESEHATAN BERDASARKAN TINGKAT PERKEMBANGAN POSYANDU. JURNAL ILMIAH MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN, Volume 2 Nomor 3, 9.

Sari, T. P., & Mitsalia, A. A. (2016). PENGARUH PENGGUNAAN GADGET TERHADAP PERSONAL SOSIAL ANAK USIA PRA SEKOLAH DI TKIT AL MUKMIN. 13, 7.

Widya, R. (2020). Dampak Negatif Kecanduan Gadget Terhadap Perilaku Anak Usia Dini Dan Penanganannya Di PAUD Ummul Habibah. 13(1), 6.




DOI: https://doi.org/10.46576/rjpkm.v4i1.2590

Article Metrics

Abstract view : 101 times
PDF – 76 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Ester Ratnaningsih & Listia Dwi Febriati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat telah terindex pada

   JournalStories Main logo  

MEMBER OF

RJI Main logo 

  Crossref Sponsoring Member Badge 

JOURNAL CITATION

  


RESWARA : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT published by :

LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jpm_reswara@dharmawangsa.ac.id

 

Creative Commons License
Reswara : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/reswara/index.