PENGEMBANGAN PERAHU UNTUK WISATA PEMANCINGAN GUNA PENINGKATAN EKONOMI KELUARGA NELAYAN DI KURI PATENNE KABUPATEN MAROS

Hamzah Tahang, Benny Audy Jaya Gosari, Arie Syahruni Cangara

Abstract


Perkembangan wisata mancing sangat berkembang pesat seiring dengan meningkatnya permintaan terhadap kuantitas dan kualitas terhadap pelayanan jasa perahu wisata mancing. Kelompok nelayan Rinta sebagai kelompok menyambut baik peluang yang ada namun dalam perjalanannya masih memiliki beberapa permasalahan yang dihadapi kelompok nelayan ini. Seperti belum adanya fasilitas keselamatan, peralatan yang digunakan dalam wisata mancing sangat minim, desain perahu wisata tidak memperhatikan aspek kenyamanan, manajemen kelompok yang masih lemah, dan pemasaran jasa yang diterapkan masih bersifat konvensional. Tujuan dari pengabdian ini adalah menjadikan wisata pemancingan sebagai sumber pendapatan tambahan masyarakat Kuri Caddi dan strategi pengelolaan wisata agar wisatawan tertarik untuk berkunjung dan melakukan wisata pemancingan di Kuri Caddi. Hasil dari pengabdian kepada masyarakat di Kuri Caddi yaitu potensi wisata pemancingan di desa tersebut sangat besar yang sangat baik sebagai pendapatan tambahan nelayan di desa tersebut. Namun pengelolaan wisata pemancingan yang sudah ada selama ini masih sangat minim dan kurang menarik bagi wisatawan sehingga pengabdi menawarkan Solusi dengan melakukan sosialisasi terhadap standar keselamatan, kelengkapan peralatan utama dan pendukung dalam wisata mancing yang bisa dijadikan sebagai rujukan kepada kelompok nelayan penyedia jasa wisata; mendesain perahu wisata yang layak untuk perahu wisata mancing; melakukan workshop/pelatihan untuk penguatan kelembagaan berupa manajemen kelompok pada nelayan Rinta; pelatihan digital marketing dalam rangka penerapan iptek untuk meningkatkan daya tarik dan jumlah kelompok pemancing untuk menggunakan jasa perahu wisata nelayan


Keywords


Wisata; Mancing; Perahu; Nelayan

Full Text:

PDF

References


Choiriyah, I. U. (2018). Impact of Socio-Economics Tourism to Local Communities (Study on Fishing Tour of Delta Fishing Sidoarjo). Prosiding Semnasfi, 1(1), 294. https://doi.org/10.21070/semnasfi.v1i1.1164

Estri, M. (2018). Potensi dan Upaya Pengembangan Wisata Pemancingan di Desa Janti Kecamatan Polanharjo Kabupaten Klaten Tahun 2018 (Doctoral dissertation, Universitas Widya Dharma).

Ilham, R. (2015). Wisata Kolam Pancing Laguna Desa Kalanganyar (Studi Deskriptif Hubungan Antar Pengelola Kolam Pancing, Usaha Pendukung Kolam Pancing, dan Pengunjung Kolam Pancing) (Doctoral dissertation, Universitas Airlangga).

Lasindrang, L. S. N. K. M. (2015). KAJIAN SEBARAN POTENSI EKONOMI SUMBER DAYA. Jurnal Teknosains, 4(2). https://doi.org/10.22146/teknosains.7953

Mar'atussoliha, A. (2020). Potensi Wisata Pemancingan Dalam Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Pesisir Kecamatan Sedati Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(7), 1379-1386.

Ponulele, D. A. (2015). STUDI PENGEMBANGAN WISATA PEMANCINGAN DI KECAMATAN DOLO KABUPATEN SIGI. Katalogis, 3(12), 22–33. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/Katalogis/article/view/6478

Setyawan, T. B., Fahrudin, A., & Susanto, H. A. (2020). Valuasi Ekonomi Wisata Memancing di Perairan Laut Sekitar Tanjung Kait, Tangerang, Banten: Pendekatan Contingent Valuation Method dan Travel Cost Method. Journal of Regional and Rural Development Planning (Jurnal Perencanaan Pembangunan Wilayah Dan Perdesaan), 4(3), 172-185.

Setyowati, E., Susilowati, I., Sugianto, D. N., & Putri, A. R. (2022). MODEL KULINER WISATA BAHARI UNTUK PENINGKATAN PEMBERDAYAAN EKONOMI DESA TAMBAKBULUSAN KABUPATEN DEMAK. Jurnal Arsitektur ARCADE, 6(2), 146. https://doi.org/10.31848/arcade.v6i2.977

Sunarta, N., & Arida, N. S. (2017). Pariwisata Berkelanjutan (Cet. 1). Cakra Press.

Syafri, S., Bahri, S., Ridwan, R., & Sudarman, S. (2020). Pengembangan Wisata Pemancingan Yang Berkelanjutan di Desa Bubun Lamba Kabupaten Enrekang Provinsi Sulawesi Selatan. Plano Madani: Jurnal Perencanaan Wilayah dan Kota, 9(2), 18-26.

Yulianda, F. (2020). Ekowisata perairan suatu konsep kesesuaian dan daya dukung wisata bahari dan wisata air tawar. PT Penerbit IPB Press.

Yusrizal, F., Achmnes, S., & Dwitasari, Y. (2015). Pelaksanaan Promosi pada Objek Wisata Taman Pancing Alam Mayang Pekanbaru (Doctoral dissertation, Riau University)




DOI: https://doi.org/10.46576/rjpkm.v4i2.2576

Article Metrics

Abstract view : 87 times
PDF – 97 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Hamzah Tahang, Benny Audy Jaya Gosari, Arie Syahruni Cangara

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat telah terindex pada

   JournalStories Main logo  

MEMBER OF

RJI Main logo 

  Crossref Sponsoring Member Badge 

JOURNAL CITATION

  


RESWARA : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT published by :

LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jpm_reswara@dharmawangsa.ac.id

 

Creative Commons License
Reswara : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/reswara/index.