IMPLEMENTASI BREAK EVENT POINT SEBAGAI ALAT BANTU PERENCANAAN LABA UMKM PENGGUNA BAWANG MERAH KABUPATEN KENDAL

Enny Susilowati Mardjono, Lilis Setyowati

Abstract


UMKM pengguna brambang goreng diKabupaten Kendal, selaku mitra dari kegiatan kedaireka pengabdian kepada masyarakat memiliki kendala dalam menentukan laba usaha. Kendala pertama yaitu pengetahuan yang terbatas karena dalam mengorganisir dan mencatat pendapatan dan identifikasi biaya-biaya proses produksi masih menggunakan cara – cara konvensional. Kendala selanjutnya adalah dalam penentuan harga jual produk masih belum memperhitungkan fixed cost dan variable cost dan masih tercampur dengan biaya dan kebutuhan pribadi owner. Keterbatasan informasi dan pengetahuan dari mitra serta belum optimalnya binaan UMKM dengan lembaga resmi pemerintah. Untuk mengatasi kendala-kendala tersebut, dibuatlah pelatihan pengidentifikasian komponen biaya-biaya fixed cost dan variable cost serta depresiasi yang diperlukan dan pengakuan pendapatan pada waktu yang tepat untuk menentukan BEP guna  merencanakan laba yang tepat. Pengakuan Pendapatan dan Biaya dengan memperhitungkan kebijakan akuntansi dirancang berdasarkan kondisi proses usaha masing-masing bidang usaha UMKM. Sosialisasi mengenai identifikasi biaya dan pendapatan serta pembukuan UMKM yang benar sesuai standar akuntansi dan pendampingan pembukuan akuntansi serta penentuan Break Event Point (BEP) dilakukan agar mitra bisa mendapatakan laba riil untuk meningkatkan laba usahanya. Kerjasama dengan pemerintah dan perguruan tingi lewat kedaireka bertujuan membantu peningkatan pengembangan UMKM. Dari hasil evaluasi yang dilakukan dengan pengimplementasian Break Event Point (BEP) pada UMKM pengguna bawang merah dapat menentukan BEP yang tepat untuk meningkatkan laba bulanan tepat untuk peningkatan produksi UMKM dari tahun ke tahun

Keywords


Break Even Point; Perencanaan Laba; Bawang Produksi

Full Text:

PDF

References


Afif, M., & Rismawati. (2019). Analisis Harga Pokok Produksi Untuk Menentukan Harga Jual Produk Garment. Jurnal Akunida, 5(1), 10–23.

Annanto, G. P., Darmanto, & Astuti, E. B. (2022). Implementasi Teknologi Mesin Pengupas Bawang Merah Serta Sosialisasi PIRT Di UMKM Brambang Goreng Ibu Suwarti Di Desa Bringin, Kec. Godong, Kab. Grobogan. Abdimas Unwahas, 7(1), 29–34.

Carter, W. K. (2009). Akuntansi Biaya : Cost Accounting.

Endriani, Achnopa, Y., Kurniawan, A., & Refliaty. (2018). Pemberdayaan Masyarakat yang Mengalami Musibah Kebakaran Lahan Dalam Meningkatkan Pendapatan Keluarga dan Menyelamatkan Lingkungan di Desa Catur Rahayu Kecamatan Dendang Kabupaten Jabung Timur. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 2(2), 82–93.

Hansen, D. R., & Mowen, M. M. (2009). Managerial Accounting : Akuntansi Manajemen.

Hervito, F. A., Kurniati, N., & Mutmainnah, E. (2021). Analisis Finansial Dengan Pendekatan Cost Volume Profit Pada Usaha Kopi Bubuk Bukit Barisan Di Kabupaten Bengkulu Tengah. Jurnal AGRISEP: Kajian Masalah Sosial Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 20(2), 355–366. https://doi.org/10.31186/jagrisep.20.2.355-366

Horngren, C. T., Datar, S. M., & Foster, G. (2008). Akuntansi Biaya : Penekanan Manajerial.

Limbong, J. (2012). Analisis Kelayakan Finansial Usahatani Pepaya (Carica papaya) di Muang Dalam Kelurahan Lempake Kecamatan Samarinda Utara. Jurnal EPP, 1–7.

Manginsihi, E. F., Saerang, D. P. E., & Pusung, R. J. (2015). Analisis Biaya Diferensial Untuk Mengambil Keputusan Menjual Langsung Atau Memproses Lebih Lanjut Produk Pada Industri Kacang Sangrai Tarsius. Artikel Ilmiah, 9–20.

Mantau, Z. (2015). Analisis Investasi Usaha Tani Kedelai Varietas Tanggamus Di Kabupaten Gorontalo (Suatu Pendekatan Analisis Manfaat-Biaya). Jurnal ASE, 11(1), 1–10.

Ratningsih, & Purnia, D. S. (2018). Break Even Point Sebagai Dasar Pengambilan Keputusan Manajemen Terhadap Perencanaan Volume Penjualan dan Laba. Jurnal Online Insan Akuntan, 3(Juni), 69–78.

Susilawati, E., & Puryandani, S. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Keputusan Struktur Modal UMKM Dengan Inklusi Keuangan Sebagai Pemoderasi (Studi Pada UMKM Klaster Mebel dan Furnitur Kota Semarang). Majalah Ilmiah Solusi, 18(2), 41–70. http://journals.usm.ac.id/index.php/solusi

Wahyu Busungbiu. (2019). Pentingnya Melakukan Persiapan Lahan untuk Budi Daya. Dinas Pertanian Kabupaten Buleleng. https://distan.bulelengkab.go.id/informasi/detail/artikel/pentingnya-melakukan-persiapan-lahan-untuk-budi-daya-86

Wijayanti, M. (2015). Penentuan Harga Pokok Produksi Es Cilinder dan Es Serut Pada Es Abadi Sorong. Artikel Ilmiah, 1–16.




DOI: https://doi.org/10.46576/rjpkm.v4i1.2546

Article Metrics

Abstract view : 262 times
PDF – 112 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Enny Susilowati Mardjono, Lilis Setyowati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat telah terindex pada

   JournalStories Main logo  

MEMBER OF

RJI Main logo 

  Crossref Sponsoring Member Badge 

JOURNAL CITATION

  


RESWARA : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT published by :

LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jpm_reswara@dharmawangsa.ac.id

 

Creative Commons License
Reswara : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/reswara/index.