PELATIHAN DIGITAL MARKETING SEBAGAI STRATEGI PENINGKATAN OMSET PENJUALAN KAIN TENUN SONGKET DESA BURAI

Terttiaavini Terttiaavini, Tedy Setiawan Saputra, Agustina Heryati, Endang Sri Lestari, Evi Purnamasari

Abstract


Digital marketing merupakan sistem penjualan yang memanfaatkan media online untuk mengembangkan bisnis. Digital marketing menjadi media promosi dan transaksi yang banyak digunakan saat ini, karena dapat memberi keuntungan bagi pembeli dan penjual. Digital marketing dapat berupa aplikasi bisnis dengan platform seperti Facebook, Instagram, Youtube, Whatsapp, Instagram dan LINE. Peluang ini dapat digunakan untuk pengembangan bisnis penjualan kain tenun songket di desa Burai. Penjualan berbasis online dapat memutuskan mata rantai penjualan, sehingga harga suatu barang dapat dibeli dengan lebih murah. Selain itu biaya membangun digital marketing yang murah, jangkauan promosi yang lebih luas menjadi kelebihan. Pelaksanaan PKM ini bertujuan memberikan pelatihan tentang digital marketing bagi pengerajin kain tenun songket di desa Burai. Hasil dari penilaian pretest dan posttest menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan tentang digital marketing bagi peserta pelatihan. Tim PKM juga membimbing pengerajin kain tenun songket untuk membuat aplikasi Facebook ads dan Intagram. Pelatihan membangun digital marketing ini dapat membantu menyelesaikan permasalahan masyarakat di desa Burai yang berupya melestarikan budaya dengan mempertahankan usaha kain tenun songket kain kebanggaan Uong Kito

Keywords


Digital Marketing; Kain Tenun Songket; Desa Burai

Full Text:

PDF

References


Etty. (2020). Desa Burai Raih Penghargaan API Award, Panca Mengaku Bangga. SUMEKS.CO, Ogan Ilir.

Hertati, L., Iriadi, Safkaur, O., Fery, I., Nazarudin, & Antasari, R. (2020). View of Peran Akuntansi Aktiva Tetap, Standar Akuntansi Keuangan Terhadap Laporan Keuangan Akibat Covid-19.pdf. Jurnal Revenue, 01(02), 183–200. https://revenue.lppmbinabangsa.id/index.php/home/article/view/23/26

Kartika, I., Lisnini, & Alhadi, E. (2020). Studi Kelayakan Desa Burai Sebagai Desa Wisata di Kabupaten Ogan Ilir. Jurnal Terapan Ilmu Ekonomi, Manajemen dan Bisnis, 1(1), 20–29.

Kemp, S. (2022, Februari 15). Digital 2022: Indonesia. Datareportal.com. https://datareportal.com/reports/digital-2022-indonesia

Lestari, R., & Hertati, L. (2020). Bagaimana Pengaruh Strategi Bisnis, Kekuatan Produk Terhadap Kualitas Sistem Informasi Akuntansi Manajemen: Studi Kasus Pada Usaha Kecil Dan Menengah Di Indonesia. Kajian Akuntansi, 21(1), 01–16. https://doi.org/10.29313/ka.v21i1.5675

Martini, R., & Mariskha Z. (2019). Model Kalkulasi Biaya Produksi Dalam Penetapan Harga Pasar Kain Songket. Snaptekmas, 1(1), 1–8.

Pratiwi, A. N., Lestari, D. A., Rahmayang, T., Hertati, L., Hendarmin, R., Syafitri, L., & Munandar, A. (2022). Sosialisasi KKN tematik MBKM pendampingan pembuatan struktur perhitungan harga pokok produksi guna penentuan harga jual keripik singkong rasa jagung di desa Petanang. Prima, 1(4), 109–120.

Safkaur, O., Hertati, L., Puspitawati, L., & ... (2020). Peran Desa Wisata Noken Kerajinan Masyarakat Adat Raja Empat Papua Era Covid-19. Jurnal Abdimas Sosek, 1(1). http://journal.pdmi-pusat.org/index.php/jas/article/view/22

Terttiaavini, Marnisah, L., Yulius, Y., & Saputra, T. S. (2020). Evaluating the Kemplang Tunu Production Training for Low Income and Education Communities Using the Kirkpatrick Model. Atlantis Press, 151(Icmae 2020), 238–242. https://doi.org/10.2991/aebmr.k.200915.055

Terttiaavini, Marnisah, L., Yulius, Y., Setiawan Saputra, T., & Saputra, T. S. (2019). Pengembangan Kewirausahaan “Kemplang Tunu†Sebagai Produk Cemilan Khas Kota Palembang. Jurnal Abdimas Mandiri, 3(1), 63–71.

Terttiaavini, & Saputra, T. S. (2020). Menggunakan Digital Marketing Bagi Masyarakat Terdampak Covid-19 Di Kampung Keluarga Berhasil ( Kb ). Seminar Nasional AVoER XII 2020, 18–19. http://ejournal.ft.unsri.ac.id/index.php/avoer/article/view/251

Utami, S., Gustanela, O., Paradillah, I., Ginting, J., & Pratomo, H. (2021). Pemberdayaan Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) Desa Burai Melalui Edukasi Protokol Kesehatan COVID-19 Menggunakan Whatsapp. JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat), 8(1), 70–77. https://journal.uny.ac.id/index.php/jppm/article/view/37730




DOI: https://doi.org/10.46576/rjpkm.v4i1.2515

Article Metrics

Abstract view : 280 times
PDF – 190 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Terttiaavini, Tedy Setiawan Saputra, Agustian Heryati, Endang Sri Lestari, Evi Purnamasari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat telah terindex pada

   JournalStories Main logo  

MEMBER OF

RJI Main logo 

  Crossref Sponsoring Member Badge 

JOURNAL CITATION

  


RESWARA : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT published by :

LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jpm_reswara@dharmawangsa.ac.id

 

Creative Commons License
Reswara : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/reswara/index.